Minggu, 27 Mei 2018

20 Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

Buah ciplukan selama ini masih dianggap remeh oleh sebagian orang. Umumnya buah ini memang akan ditemukan di semak-semak. Selain itu, rasanya juga terbilang kurang familiar bagi orang Indonesia. Namun, siapa sangka ada banyak manfaat buah ciplukan yang masih belum banyak diketahui orang-orang.

Buah ini sendiri saat sudah matang akan memiliki warna kulit kuning kemerahan serta tekstur lembut. Rasanya manis dan agak masam serta memiliki sensasi kenyal. Tanaman ciplukan umum tumbuh sendiri di atas sebidang tanah. Pohonnya sendiri bisa tumbuh hingga setinggi satu meter dengan usia maksimal satu tahun. Daunnya hijau tipis dan terdapat gerigi di ujung-ujungnya.

Saat berbuah, buahnya akan dibungkus kantong tipis berwarna hijau yang menggembung. Lambat laun kantongnya akan berubah sesuai kulit buah ciplukan. Untuk menentukan apakah buah ciplukan sudah matang atau belum, tidak perlu membuka kantong pembungkus ini. Cukup lihat apakah warna kantong sudah berubah atau belum.

Ada banyak sekali khasiat dari buah ciplukan serta daunya khususnya bagi kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya. Berikut uraian lengkapnya.

Berbagai Manfaat Buah Ciplukan dan Daunnya Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Ciplukan


1.  Mengobati Epilepsi

Epilepsi atau penyakit ayan ditandai lewat hilangnya kesadaran seseorang lalu diikuti kejang-kejang dan mulut mengeluarkan buih. Istilah lain epilepsi ialah sawan babi. Buah ciplukan bisa jadi salah satu obat epilepsi namun harus tetap digunakan di bawah resep dokter. Biasanya, epilepsi bisa disembuhkan dengan konsumsi 10 buah ciplukan per hari secara rutin.

2.  Mengobati Sariawan

Manfaat lainnya adalah mengatasi sariawan, penyakit yang umum ditemukan pada mulut bagian dalam, lidah maupun gusi. Penderita sariawan umumnya akan mengeluhkan rasa perih hingga bau tak sedap. Tak perlu khawatir lagi akan sariawan karena buah ciplukan akan membantu mengatasinya berkat tingginya kandungan vitamin C.

3.  Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ialah keadaan di mana tekanan darah telah melebihi batas wajar. Akibatnya bisa fatal apabila dibiarkan terus menerus. Ramuan penurun tekanan darah bisa dibuat dari buah ciplukan. Rebus lima butir buah pada 100 ml air. Saring air rebusan lalu minum saat sudah menghangat. Konsumsi rutin agar tekanan darah bisa menurun.

4.  Menyembuhkan Vertigo

Manfaat selanjutnya adalah mengobati vertigo. Gunakan seluruh bagian tanaman ciplukan mulai dari buah, daun hingga batang serta akarnya untuk mendapat manfaat satu ini. Rebus semua bagian tanaman ciplukan hingga mendidih. Saring ramuan dan konsumsi teratur untuk mendapat manfaatnya secara maksimal.

5.  Mengobati Bisul

Munculnya bisul di kulit memang bisa mengganggu penampilan serta mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, kita bisa memanfaatkan buah ciplukan. Cukup blender beberapa butir buah hingga halus lalu oleskan di bagian kulit yang timbul bisul sebagai salep. Biarkan hingga mengering lalu bilas menggunakan air. Ulangi tiga kali sehari hingga bisul kempes.

6.  Membantu Luruhkan Air Seni

Air kencing yang tertahan bisa membentuk batu ginjal. Jika kesulitan buang air kecil ini dikarenakan sebab tertentu, buatlah ramuan dari buah ciplukan. Rebus 10 butir dalam satu gelas air. Didihkan sampai air tersisa separonya. Konsumsi selangi hangat dan lakukan rutin tiga kali dalam sehari.

7.  Membantu Penetralan Racun

Ketidakhati-hatian kadang membuat ada banyak racun yang masuk dalam tubuh. Keracunan yang terjadi tentu bisa membahayakan kesehatan. Manfaat dari buah yang memiliki warna kuning ini salah satunya adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi buah ciplukan secara langsung akan bisa membantu proses penetralan racun dalam tubuh.

8.  Sumber Cadangan Energi

Buah ciplukan yang terasa manis mengindikasikan kandungan gula. Hal ini akan bagus dalam menopang aktivitas harian. Apalagi jika kita termasuk tipe orang yang gemar bekerja keras, pastinya kandungan gula dalam buah ciplukan akan bisa memberi tambahan energi pada tubuh. Rutin konsumsi buah ciplukan akan memberi cadangan energi yang diperlukan.
9.  Mengobati Batuk

Manfaat berikutnya adalah membantu meredakan batuk. Caranya juga cukup mudah. Rebus lima butir buah dengan satu gelas air hingga mendidih. Tambahkan perasan jeruk nipis lalu aduk dan minum selagi masih hangat. Selain bisa meredakan batuk, ramuan ini juga bisa dikonsumsi apabila kita memiliki masalah tenggorokan.

10.  Mengobati Flu dan Pilek

Kandungan vitamin C dalam buah ciplukan membuatnya bisa membantu menyembuhkan penyakit flu atau pilek yang diderita. Caranya adalah dengan merebus 5 buah ciplukan dengan takaran 1 gelas air. Lalu, konsumsi air rebusannya hingga flu yang diderita semakin membaik.

11.  Mengobati Radang Tenggorokan

Mengonsumsi air rebusan daun ciplukan juga bisa membantu mengobati radang tenggorokan. Oleh karena itu, rutinlah mengonsumsi ramuan ini agar kondisi tenggorokan yang meradang bisa segera pulih.

Manfaat Daun Ciplukan

12.  Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Klorofil dalam daun ciplukan akan bisa mempercepat proses pengeringan luka baru. Tumbuk beberapa lembar daun ciplukan lalu oleskan di luka. Dalam kurun waktu beberapa hari, luka akan bisa segera kering dan lebih cepat sembuh.

13.  Mempercepat Penyembuhan Penyakit Kelenjar Getah Bening

Penderita penyakit kelenjar getah bening bisa memanfaatkan daun ciplukan. Salah satu manfaat daun ciplukan ialah mempercepat penyembuhan pembengkakan kelenjar getah bening. Konsumsi air rebusan daun ciplukan agar bisa membantu proses penyembuhan dari penyakit ini.

14.  Mengobati Asma

Asma atau penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa diobati dengan menggunakan rebusan daun serta batang tanaman ciplukan. Siapkan beberapa lembar daun ciplukan bersama batangnya, lalu rebus hingga mendidih. Konsumsi air rebusannya secara rutin agar didapat hasil maksimal.

15.  Mengobati Sakit Jantung

Khasiat berikutnya yang cukup fenomenal ialah mengobati penyakit jantung. Tumbuk kira-kira 40 helai daun ciplukan sampai halus atau menjadi jus, kemudian konsumsi langsung tanpa dicampur air. Cara ini akan bisa membantu pengobatan sakit jantung yang diderita.

16.  Menurunkan Panas

Konsumsi buah ciplukan juga akan membantu menurunkan panas demam pada anak. Cukup konsumsi beberapa buah ciplukan agar bisa membantu menurunkan panas demam yang diderita anak. Namun mengobati panas demam dengan konsumsi buah ciplukan ini harus tetap atas anjuran dokter.

17.  Menyembuhkan Kanker Payudara

Ciplukan termasuk dalam obat tradisional yang bisa mengatasi aneka kanker, termasuk di antaranya adalah kanker payudara. Siapkan empat helai pucuk daun ciplukan, tunas kunyit serta empat biji beras. Tumbuk halus lalu lumuri payudara untuk membantu mencegah terjadinya kanker.

18.  Mengobati Stroke

Stroke terbilang penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang karena menyerang sel syaraf. Untuk mengobatinya, cukup konsumsi beberapa butir buah ciplukan tiap hari. Rutin konsumsi buah ciplukan akan bisa membantu mengobati stroke yang diderita oleh pasien.

19.  Mengobati Diabetes

Diabetes atau kencing manis akan bisa diatasi pula dengan menggunakan tanaman ciplukan. Dalam mengatasi diabetes bisa didapat dengan cara merebus batang dan akarnya dalam segelas air. Konsumsi air rebusannya tiga kali sehari secara berkala. Diabetes yang diderita akan sembuh secara bertahap.

Simak juga: Manfaat Buah Mengkudu

20.  Mengobati Nyeri Sendi

Rematik atau nyeri sendi akan bisa diatasi pula dengan tanaman ciplukan. Tumbuk daun ciplukan dan kapur sirih. Tempelkan pada area sendi yang terasa nyeri. Cara tradisional ini akan bisa membantu mengurangi nyeri sendi sehingga tak lagi menghalangi aktivitas kita sehari-hari.

Itulah aneka manfaat dari tanaman ciplukan. Uraian di atas bukan hanya tentang manfaat buah ciplukan namun juga manfaat dari daun, batang hingga akar ciplukan. Bisa dibilang bahwa ciplukan adalah tanaman yang mendatangkan manfaat dari tiap bagian tumbuhannya terutama bagi kesehatan.

Selain kaya akan manfaat, tahapan pengolahan buah serta daun ciplukan sebagai obat herbal juga terbilang sederhana. Rata-rata yang perlu kita lakukan hanyalah merebus atau menumbuk bagian-bagian yang diperlukan. Konsumsi rutin akan membuat aneka masalah kesehatan yang diderita bisa disembuhkan secara perlahan.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon