Sabtu, 18 Maret 2017

Resep Membuat Selai Buah Durian yang Enak

Durian adalah buah yang unik. Selain karena disebut sebagai raja buah, buah ini memiliki banyak penggemar dan pembenci. Bagi Anda yang menyukai buah ini, terbayangkah jika buah ini dibuat menjadi selai?

Mungkin memang terdengar aneh, namun memang ada saja ide kreatif bagi para pecinta kuliner. Buah durian sendiri dinamakan sesuai dengan penampilannya yang berduri. Dengan penampilan kulitnya saja, orang sudah bingung untuk mencari cara membuka dan memakan isinya. Nah, kali ini akan dibahas mengenai versi si raja buah yang lebih mudah dimakan, yaitu dengan cara mengolahnya menjadi selai buah.


Resep Membuat Selai Buah Durian


Resep dan Cara Membuat Selai Buah Durian

Meski mendapat pro dan kontra, banyak ahli yang mengatakan bahwa buah ini memiliki banyak manfaat. Namun, ada juga kerugian yang didapat jika terlalu banyak memakannya. Maka dari itu, akan lebih baik jika memakannya sedikit-sedikit namun teratur. Tentunya akan lebih sehat, bukan?

Kira-kira bagaimanakah cara agar bisa mengonsumsinya sedikit demi sedikit namun teratur? Ya, dengan membuatnya menjadi selai buah durian. Selai ini bisa dimakan dengan berbagai penganan manis, seperti kue serabi, pukis, atau malah menjadi olesan roti tawar. Bagi yang penasaran, simak saja bahan-bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan:

  • Buah durian yang sudah dipisahkan dari biji dan kulitnya, sebanyak 500 gram. Durian yang digunakan bisa yang masih mengkal ataupun yang sudah matang
  • Pasta durian, atau essence durian sebanyak satu sendok teh
  • Air sebanyak 200 ml, ukurlah memakai gelas pengukur
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Tepung maizena sebagai pengental, sebanyak 10 gram

Cara membuat:

  1. Haluskan buah durian dengan blender.
  2. Selama memblender, rebuslah air dalam panci, masukkan gula. Masak hingga mendidih.
  3. Setelah buah durian menjadi halus, masukkan ke dalam panci berisi rebusan air dan gula.
  4. Aduk hingga rata, tunggu hingga mendidih dan meletup-letup.
  5. Tambahkan pasta atau essence durian dan tepung maizena. Tepung maizena akan menggumpal jika dimasukkan begitu saja, jadi sebelum dimasukkan larutkan dengan sedikit air, baru masukkan larutan tersebut ke dalam rebusan.
  6. Aduk hingga semuanya merata, tunggu hingga kandungan airnya berkurang dan selai menjadi agak kering.
  7. Selanjutnya angkat selai dan tunggu hingga dingin.
  8. Masukkan ke dalam toples, selai durian pun siap disajikan setiap saat.

Itulah cara membuat selai buah durian yang enak. Bagi pecinta buah durian, maka resep ini sangat cocok untuk Anda coba di rumah.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon