Jumat, 03 Maret 2017

9 Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Buah pir atau yang dalam bahasa bahasa Inggris disebut dengan pear merupakan buah yang memiliki kemiripan dengan buah apel, hanya saja buah ini memiliki bentuk mirip jambu dengan kulit hijau hingga putih kekuningan serta daging buah yang berwarna putih dan terasa renyah saat dimakan. Karena itu, tidak heran jika banyak anak-anak yang memfavoritkan buah ini. Bagaimana dengan manfaat buah pir untuk ibu hamil? Berikut uraiannya.


Berbagai Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil


Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Ada beragam vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah pir. Diantaranya adalah vitamin A, C, B9, pectin, sulfur, fosfor, zat besi, kalsium dan sebagainya. Buah ini juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bagi ibu hamil yang mengonsumsinya dengan takaran 1-2 butir sehari, buah pir memiliki manfaat sebagai berikut:

1.  Memperkuat Pembuluh Darah

Buah pir yang kaya akan nutrisi penting didalamnya memiliki manfaat penting dalam memperkuat pembuluh darah. Pembuluh darah dalam tubuh wanita yang sedang hamil harus kuat agar tetap dapat terjaga kesehatan tubuhnya selama hamil hingga memasuki proses persalinan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi buah pir yang telah dicuci bersih sebelumnya.

2.  Meminimalisir Resiko Kelainan Jaringan Saraf

Jaringan saraf merupakan aspek penting dalam tubuh manusia. Karena itu, janin dalam kandungan harus mendapatkan banyak nutrisi seperti protein dan folat yang penting dalam pembentukan jaringan saraf. Kandungan nutrisi dalam buah pir yang terserap hingga ke janin dapat membantu meminimalisir kelainan pada jaringan saraf di otak maupun sumsum tulang belakang.

3.  Mencegah Anemia

Wanita yang memasuki trimester pertama kehamilan tidak hanya sering mengalami morning sickness namun juga kekurangan sel darah merah atau yang disebut dengan anemia. Jika tidak diatasi, masalah kesehatan ini akan menyebabkan pingsan. Untuk mencegahnya, wanita yang sedang hamil dapat mengonsumsi buah pir. Kandungan zat besi dalam buah ini akan membantu masalah kesehatan ini.
4.  Mencukupi Kebutuhan Gula Alami Pada Ibu Hamil

Buah pir memang mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Namun, kalori dan gula alami dalam buah pir juga bisa menjadi sumber gula alami alternatif selama kehamilan. Bahkan, meskipun buah pir lebih manis dibandingkan buah apel, kandungan gula dalam buah ini justru lebih sedikit dibandingkan buah apel.

Selain itu, buah pir juga memiliki keunggulan lain dibandingkan buah apel, yaitu dalam hal selera makan. Buah apel sering membuat orang yang memakannya memiliki nafsu makan lebih sedangkan buah pir tidak akan menyebabkan selera makan bertambah sehingga berat badan bisa tetap terkontrol.

5.  Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Pada Janin

Salah satu manfaat buah pir untuk ibu hamil yang juga penting untuk Anda ketahui adalah sebagai penunjang untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dalam kandungan. Selain itu, buah ini juga dapat memperkuat tulang penopang tubuh pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam buah pir yang berperan dalam fungsi tersebut.

6.  Mengatasi Konstipasi Selama Hamil

Konstipasi atau yang lebih dikenal sebagai sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya, wanita yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pir secukupnya dalam sehari. Kandungan serat dan pectin dalam buah ini akan mengatasi masalah tersebut dan juga masalah kesehatan lainnya selama kehamilan.

7.  Mendukung Proses Regenerasi Sel

Regenerasi sel yang lancar akan membuat proses metabolisme tubuh ibu yang sedang hamil menjadi lancar pula. Agar regenerasi sel berlangsung dengan baik, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung proses tersebut seperti potasium akan sangat diperlukan bagi tubuh. Terkait hal ini, Anda dapat mengambil nutrisi potasium dari buah pir yang juga baik untuk perkembangan organ jantung janin.

8.  Membantu Mengeluarkan Toksin yang Berbahaya Bagi Tubuh

Buah pir juga mengandung nutrisi penting lainnya, yaitu tannin. Zat ini memiliki peran penting dalam mengeluarkan toksin dan zat logam berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.
9.  Mendukung Perkembangan Mental Pada Janin

Selain mendukung perkembangan fisik pada janin, ibu hamil juga perlu mengonsumsi buah pir yang kaya nutrisi dengan jumlah cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan bagi perkembangan mental janin.

Itulah beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil yang bisa menambah referensi info sehat bagi Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang buah ini?

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon