Sabtu, 04 Maret 2017

10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

Masyarakat umum berpendapat bahwa buah pepaya harus dihindari oleh wanita hamil, karena dapat menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Namun, sebenarnya, buah pepaya yang matang tetap dapat dikonsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan. Berikut ini informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil serta hal-hal lain seputar pepaya bagi ibu hamil yang penting untuk diketahui.


Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil yang Penting Untuk Diketahui


Manfaat Buah Pepaya Untuk Ibu Hamil

Hanya orang yang alergi dengan pepayalah yang sebenarnya tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah pepaya. Hal ini, karena buah tersebut mungkin dapat menyebabkan alergi seperti gatal-gatal dan sebagainya. Selain itu, sebenarnya buah pepaya yang mentahlah yang tidak aman dikonsumsi, karena kandungan latex di dalamnya. Latex ini menyebabkan kontraksi uterin.

Sementara itu, beberapa manfaat pepaya matang yang bisa didapatkan oleh ibu hamil adalah sebagai berikut:

1.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Ketika masa kehamilan, ada beberapa wanita hamil yang mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, karena harus beradaptasi dengan perubahan tubuhnya. Karena itu, agar sistem pencernaan tetap lancar, nutrisi seperti serat perlu diserap oleh tubuh. berkaitan dengan hal tersebut, buah pepaya baik untuk mencukupi kebutuhan serat yang dibutuhkan organ pencernaan.

2.  Menyehatkan Organ Kardiovaskuler

Buah pepaya yang dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat membantu menyehatkan organ kardio. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam buah pepaya tersebut yang akan turut membantu melancarkan kinerja organ kardiovaskuler seperti jantung. Untuk konsumsi sehari-hari, Anda dapat memakan 1 atau 2 potong pepaya matang bersama makanan sehat sehari-hari.

3.  Memperkuat Sistem Imun

Ketika memasuki masa kehamilan, wanita hamil cenderung rentan terhadap penyakit dan infeksi mikroba seperti bakteri dan virus. Padahal, infeksi virus seperti salmonella yang masuk ke tubuh ibu hamil dapat membahayakan janin di kandungan. Oleh sebab itu, agar terhindar dari berbagai faktor eksternal yang berbahaya, konsumsi sumber vitamin C seperti buah pepaya matang bisa dilakukan.

4.  Sebagai Sumber Tenaga

Selain sebagai makanan atau camilan sehat, buah pepaya yang matang juga dapat menjadi salah satu sumber energi yang menyehatkan bagi ibu yang sedang mengandung. Hal ini karena kandungan kalori di dalam buah ini. Kalori tersebut akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam proses pembakaran energi sehingga ibu yang sedang hamil tidak lemas dan lelah.

5.  Membantu Perkembangan Janin

Salah satu manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang juga penting untuk diketahui adalah membantu perkembangan janin dalam kandungan. Janin membutuhkan beragam nutrisi agar dapat berkembang sempurna. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah folat. Folat yang merupakan salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya juga akan membantu perkembangan jaringan saraf pada janin.
6.  Membantu Produksi Sel Darah Merah

Buah pepaya mengandung beragam mineral yang penting bagi wanita hamil maupun janinnya. Salah satu jenis mineral tersebut adalah zat besi. Zat besi ini tidak hanya membantu pembentukan sel darah pada janin, namun juga membantu kesehatan ibu hamil agar tidak mengalami anemia atau kurang darah selama masa kehamilan.

7.  Mencukupi Kebutuhan Elektrolit

Cairan atau elektrolit tubuh yang dibutuhkan oleh wanita hamil akan meningkat lebih dari biasanya. Karena itu, selain mendapatkan elektrolit dari sumber lain seperti air kelapa hijau, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi elektrolit dari beragam buah-buahan yang salah satunya adalah pepaya. Namun, perlu diingat bahwa pepaya yang dikonsumsi adalah pepaya yang benar-benar matang.

8.  Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh Wanita Hamil

Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin lainnya seperti A, C, E dan K dalam buah pepaya yang matang merupakan salah satu agen antioksidan penting bagi tubuh wanita yang sedang hamil. Antioksidan ini akan membantu melindungi ibu dan janinnya dari berbagai gangguan ketika berhadapan dengan cuaca tidak menentu yang menyebabkan penyakit seperti pilek, batuk dan sebagainya.

9.  Mengontrol Tekanan Darah Agar Tetap Normal Selama Hamil

Selama masa kehamilan, tekanan darah merupakan salah satu hal penting yang harus selalu diperiksa secara berkala oleh dokter. Hal ini, karena tekanan darah yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke, jantung dan sebagainya. Agar tekanan darah tetap dalam level normal, Anda bisa mengonsumsi pepaya dalam takaran yang cukup.

10.  Menyempurnakan Pembentukan Organ Penglihatan Pada Janin

Walaupun buah pepaya yang dikonsumsi dalam kadar tertentu dapat memberikan efek yang kurang baik bagi ibu hamil, namun kandungan nutrisi dalam buah ini juga nyatanya memiliki peran penting bagi sang ibu dan janinnya. Salah satunya adalah vitamin A dalam buah ini. Vitamin A tersebut dibutuhkan salah satunya sebagai nutrisi untuk menyempurnakan pembentukan organ penglihatan pada janin.
Demikian beberapa informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa Anda ketahui pada kesempatan ini. Apabila Anda masih ragu untuk mengonsumsi buah ini selama masa kehamilan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon