Jumat, 03 Maret 2017

10 Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

Buah kiwi merupakan salah satu buah terbaik yang ada di dunia. Selain bermanfaat bagi kecantikan, buah ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Berikut ini beberapa informasi penting dan menarik mengenai manfaat buah kiwi untuk ibu hamil.


Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil yang Penting Untuk Diketahui


Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

1.  Meminimalisir Stretch Mark Pada Ibu Hamil

Manfaat yang pertama adalah untuk meminimalisir stretch mark yang sering timbul di area perut dan tungkak kaki. Hal ini, karena kandungan vitamin C dalam buah berwarna dasar hijau ini. Vitamin C ini merupakan nutrisi yang baik untuk pembentukan kolagen yang penting bagi jaringan kulit sehingga buah kaya vitamin C seperti kiwi akan baik dikonsumsi selama kehamilan.

Disamping bermanfaat untuk mengatasi stretch mark, buah ini juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fungsi kognitif pada janin. Untuk menikmati manfaat tersebut, Anda hanya perlu mengolahnya menjadi pasta dengan tambahan 1/2 buah aplukat dan 1 sdt madu atau minyak zaitun untuk dioleskan pada area stretch mark.

2.  Menjaga Keseimbangan Hormon Selama Kehamilan

Selama kehamilan, tidak jarang wanita hamil sering mengalami ketidakseimbangan hormonal. Akibatnya, ia akan merasa lelah, cemas, stress, hingga depresi. Masalah psikologi ini akan berakibat salah satunya pada gangguan tidur. Karena itu, untuk mengatasinya, nutrisi yang baik untuk merilekskan jaringan saraf seperti yang terdapat dalam buah kiwi akan sangat dibutuhkan.

3.  Mencegah Anemia

Masalah kesehatan seperti anemia terkadang dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Karena itu, makanan yang mengandung cukup zat besi seperti buah kiwi akan sangat baik dikonsumsi selama kehamilan. Zat besi yang terserap ke dalam tubuh akan membantu regulasi oksigen dan pembentukan sel darah merah sehingga penyakit seperti anemia yang bisa menyebabkan pingsan bisa teratasi.
4.  Menjaga Berat Badan Tetap Normal Selama Kehamilan

Selama kehamilan, berat badan wanita yang sedang hamil harus dalam angka normal yang ditetapkan oleh dokter. Jika tidak, komplikasi kesehatan yang dapat berakibat buruk ketika persalinan akan membahayakan ibu maupun janin. Buah yang mengandung kalori 61 kcal per butir buahnya ini akan baik dikonsumsi bersama sereal, oatmeal, nasi merah dan sebagainya.

5.  Sebagai Salah Satu Sumber Asupan Folat yang Penting Bagi Janin

Salah satu manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang juga penting adalah sebagai salah satu sumber asupan folat yang penting bagi ibu hamil dan janinnya. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam pembentukan sel baru pada janin. Tidak tercukupinya asupan folat dapat berakibat buruk pada janin seperti kelainan jaringan saraf dan spina bifida.

6.  Memperkuat Sistem Imun

Dengan beragam vitamin yang bisa berfungsi sebagai antioksidan, buah kiwi yang dikonsumsi secara rutin akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada sang ibu hamil. Dengan sistem imun yang kuat, ibu maupun janin akan terlindung dari infeksi bakteri dan virus sekaligus terhindar dari masalah seperti kelainan DNA akibat stress oksidatif yang bisa menyerang janin.

7.  Mencukupi Nutrisi Untuk Perkembangan Organ Janin

Kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin E, folat, kalsium, zat besi dan sebagainya ini akan membantu perkembangan organ pada janin hingga terbentuk sempurna. Buah ini bisa dikonsumsi menjadi smoothie atau jus yang lezat bersama 1/2 cangkir potongan stoberi dan 1 cangkir yogurt. Anda juga bisa menggantikan stroberi dengan buah lain seperti pisang atau lainnya.

8.  Mencegah Gestational Diabetes

Gestational diabetes merupakan jenis diabetes khusus yang sering dialami oleh ibu hamil. Untuk mencegah penyakit ini, Anda dapat mengonsumsi buah kiwi yang memiliki indeks glikemik rendah namun kaya serat ini sebagai camilan sehat di sore hari. Buah yang mencukupi kebutuhan gula alami ini juga akan membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh sehingga diabetes bisa diminimalisir.
9.  Membantu Melancarkan Proses Pencernaan

Selama trimester awal kehamilan, gejala morning sickness dan masalah pada pencernaan seperti konstipasi atau sembelit sering dialami oleh wanita yang sedang hamil. Karena itu, untuk mengatasi mual dan sembelit Anda bisa mengonsumsi buah kiwi yang kaya akan serat. Prebiotik alami pada buah ini juga akan membantu melancarkan produksi enzim pencernaan, serta penyerapan mikroba baik.

10.  Mencegah Pendarahan Berlebihan Saat Persalinan

Manfaat yang terakhir dari buah kiwi pada bahasan ini adalah untuk mencegah pendarahan berlebihan yang akan berbahaya bagi ibu ketika proses persalinan. Kekurangan asupan vitamin K akan menyebabkan masalah kesehatan tersebut.

Demikian beberapa manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang penting untuk Anda ketahui. Agar lebih aman jika konsumsi kiwi ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon