Minggu, 05 Maret 2017

15 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, bengkoang yang oleh masyarakat Indonesia dikenal sebagai buah ini sebenarnya merupakan umbi tanaman yang berasal dari dataran Meksiko. Dalam bahasa Inggris, umbi buah ini dikenal dengan nama jicama atau yam bean. Bagaimana dengan manfaat bengkoang untuk ibu hamil? Berikut beberapa informasinya.


Berbagai Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil


Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil

Dalam bidang kecantikan, Anda pasti telah menjumpai banyak produk perawatan dan kecantikan seperti scrub, lotion dan sebagainya yang menggunakan bahan utama bengkoang. Hal ini, karena buah ini mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kulit. Namun, faktanya ada banyak pula manfaat dari bengkoang yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang mengonsumsinya, diantaranya:

1.  Mengatasi Lemas dan Lemah Selama Masa Kehamilan

Manfaat yang pertama adalah mengatasi lemas dan lemah selama masa kehamilan. Pada awal masa kehamilan, wanita umumnya akan mengalami lemas dan mudah lelah sehingga tidak heran jika terkadang ada kasus kehamilan yang baru diketahui, karena wanita tersebut pingsan. Agar selanjutnya masalah yang sama tidak terjadi kembali, bengkoang ini perlu dikonsumsi.

2.  Membantu Pembentukan Jaringan Saraf Pada Janin

Selain berguna bagi calon ibu itu sendiri, bengkoang yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga berguna untuk membantu proses pembentukan jaringan saraf pada janin yang berada dalam kandungan. Hal ini, karena salah satu nutrisi dari bengkoang, yaitu folat. Dengan asupan folat alami yang cukup untuk janin, masalah yang berkaitan dengan kelainan saraf pun bisa diminimalisir.

3.  Mencegah Anemia Terutama Di Awal Kehamilan

Pada awal kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang terlihat pucat. Hal ini bisa dikarenakan ia memiliki anemia atau kekurangan sel darah merah. Agar anemia tidak berakibat hingga menyebabkan pingsan, ibu yang sedang hamil harus mengonsumsi makanan yang baik untuk produksi sel darah merah seperti bengkoang ini. Kandungan zat besi di dalamnya akan mengatasi masalah anemia yang dialami ibu hamil.

4.  Mengatasi Masalah Kulit Pada Wanita Hamil

Satu dari sekian banyak khasiat bengkoang untuk wanita hamil adalah mengatasi masalah kulit yang biasa terjadi pada ibu hamil. Ketika hamil, kulit bagian perut biasanya akan menunjukkan stretch mark sedangkan bagian tungkak kaki akan terlihat pecah-pecah, karena beban tubuh yang semakin berat. Untuk mengatasinya, bengkoang dengan minyak zaitun dan lainnya perlu diaplikasikan ke bagian tersebut.

5.  Membantu Menetralkan Asam Lambung

Apabila wanita hamil memiliki masalah pencernaan seperti mual dan asam lambung, bengkoang yang segar bisa digunakan sebagai makanan alami untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam buah ini, rasa sakit akibat masalah pencernaan tersebut bisa lebih dikurangi. Hal ini juga dianggap lebih baik dibandingkan menggunakan obat kimia yang membahayakan janin.

6.  Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain produksi darah yang terjaga selama masa kehamilan, kadar kolesterol dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Apabila kadar kolesterol jahat meningkat padahal ia sedang hamil, masalah kesehatan yang lebih kompleks mungkin bisa terjadi. Oleh sebab itu, asupan makanan yang dapat mengikat kolesterol jahat sangat diperlukan.
7.  Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil maupun janinnya adalah untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Tulang dan gigi membutuhkan asupan kalsium agar terbentuk sempurna dan kuat. Agar penyerapan kalsium dapat optimal, mineral lain juga dibutuhkan dalam hal ini. Kalsium dan jenis mineral penting tersebut salah satunya bisa didapatkan melalui bengkoang ini.

8.  Sebagai Antioksidan

Mineral maupun vitamin yang terdapat dalam bengkoang juga dapat berfungsi sebagai antioksidan penting bagi ibu maupun janin yang dikandungnya. Antioksidan tersebut akan sangat membantu memerangi bakteri, virus, maupun mikroba lainnya yang masuk ke tubuh dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

9.  Melindungi Tubuh Dari Infeksi yang Berbahaya Bagi Janin

Radikal bebas yang masuk bersama udara atau media lainnya ke dalam tubuh juga perlu diatasi agar tidak menyebabkan masalah kesehatan pada wanita yang hamil serta janin yang sedang dikandungnya. Nutrisi dalam bengkoang ini juga akan membantu meminimalisir timbulnya infeksi jika pada suatu kali wanita hamil tersebut terluka dan sebagainya.

10.  Mengatasi Mual dan Gejala Morning Sickness Lainnya

Walaupun tidak memiliki peran aktif, manfaat bengkoang bagi ibu hamil dalam membantu mengatasi gejala morning sickness seperti mual juga penting untuk diketahui. Masalah yang biasa terjadi pada awal kehamilan tersebut akan bisa diminimalisir dengan konsumsi bengkoang yang kaya vitamin dan mineral. Buah ini juga bisa menggantikan kebutuhan energi ketika ibu hamil sedang tidak nafsu makan.

11.  Mengatasi Sembelit

Pada masa-masa tertentu, wanita yang sedang hamil mungkin akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Oleh sebab itu, konsumsi buah dan sayur yang kaya serat perlu lebih diperhatikan. Dalam menu camilannya, Anda bisa menambahkan bengkoang yang juga mengandung serat untuk dikonsumsi. Dengan begitu, masalah sembelit akan bisa diatasi.

12.  Mengoptimalkan Asupan Kalsium yang Dibutuhkan Janin

Ada kalanya asupan kalsium yang masuk ke tubuh tidak akan bisa terserap secara optimal hingga ke janin. Oleh sebab itu, wanita yang sedang hamil juga membutuhkan asupan mineral lain seperti magnesium dan fosfor untuk membantu penyerapan kalsium. Saat kalsium terserap optimal, pertumbuhan dan perkembangan janin juga akan lebih optimal.

13.  Sebagai Makanan Sehat Selama Hamil

Manfaat selanjutnya adalah sebagai pendamping makanan sehat selama kehamilan. Wanita yang sedang hamil membutuhkan energi besar agar Ia dan bayinya bisa sehat dari hari ke hari. Oleh sebab itu, konsumsi makanan sehat yang diseimbangkan dengan buah seperti bengkoang hingga susu juga penting untuk diperhatikan.
14.  Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Selain dengan berolahraga ringan, nutrisi dari makanan seperti bengkoang juga diperlukan agar sistem peredaran darah tetap lancar. Dengan sistem peredaran darah yang lancar, metabolisme dan aktivitas dalam tubuh bisa normal. Dengan begitu, masalah atau gangguan kesehatan bisa kecil resikonya untuk terjadi.

15.  Membantu Produksi Sel Darah Merah

Manfaat yang terakhir adalah membantu produksi sel darah merah. Karena kandungan zat besi dan mineral lainnya dari buah berwarna putih susu ini sangat dibutuhkan untuk membantu produksi sel darah merah, Anda bisa menjadikan bengkoang ini sebagai camilan buah yang sehat bersama buah-buahan lainnya.

Pada umumnya, bengkoang harus dikupas terlebih dahulu agar dapat dinikmati. Karena terkadang buahnya berukuran besar, akan lebih baik jika setelah dikupas, Anda mencuci dan memotongnya menjadi potongan dadu. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa mengolah buah ini menjadi makanan atau minuman yang lezat dan menyegarkan.

Demikianlah informasi seputar manfaat bengkoang untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon