Rabu, 01 Maret 2017

25 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa-masa yang tidak terlupakan bagi seorang wanita. Di momen tersebut biasanya seorang calon ibu akan merasakan yang namanya ngidam. Terkadang banyak juga yang susah makan dan hal tersebut akan dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, sangat penting bagi bumil untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, tak hanya baik untuk ibu sendiri tetapi juga bermanfaat untuk bayi. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan dan sebaiknya pilih buah alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu hamil itu sangat banyak. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.


Berbagai Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil


Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

1.  Mencegah Bayi Lahir Cacat

Manfaat yang pertama adalah mencegah bayi lahir cacat. Sangat penting bagi seorang ibu untuk selalu memperhatikan tumbuh kembang janin dengan rajin mengonsumsi sejumlah makanan bergizi tinggi seperti alpukat. Kandungan omega 3 serta asam folat di dalam buah tersebut sangat baik untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

2.  Asupan Kalsium

Bagi ibu yang sedang hamil, mengonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi itu sangat diperlukan. Hal ini akan membantu pembentukan tulang pada bayi dan bisa memperkuat tulang-tulangnya sejak dari dalam kandungan. Manfaat tersebut akan lebih sempurna jika diimbangi dengan rajin minum susu setiap hari utamanya susu khusus ibu hamil.

3.  Mencegah Deformitas Pada Bayi

Manfaat berikutnya adalah mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir. Hal ini, karena asam folat yang terkandung di dalam buah alpukat membantu pembentukan organ tubuh selain itu juga mencegah keterlambatan gigi susu untuk tanggal.

4.  Cocok Dijadikan Snack Bumil

Wanita yang sedang mengandung itu selalu merasa lapar dan ingin makan setiap jam. Hal tersebut sangat wajar, karena asupan makanan yang dimakan harus dibagi 2, satu untuk sang ibu dan satu lagi untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Tak heran jika bumil selalu mudah lapar dan ingin makan maupun ngemil. Penting bagi bumil untuk memilih snack yang gizinya tinggi dan salah satunya dengan ngemil buah alpukat.

5.  Membantu Pertumbuhan Otak Bayi

Bayi yang ada di dalam kandungan hanya makan makanan yang dikonsumsi oleh ibunya setiap hari. Jika yang dimakan sang ibu banyak gizinya, maka sang buah hati pun pertumbuhannya akan bagus. Buah Alpukat memiliki sejumlah vitamin dan mineral seperti asam folat yang bisa membantu pertumbuhan otak bayi. Organ tubuh vital, yaitu otak adalah pusat saraf-saraf jadi sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam folat.

6.  Sebagai Penambah Darah

Ibu hamil itu membutuhkan zat besi yang lebih dari biasanya orang normal. Hal ini akan menghindarkannya dari lemas, pusing dan cepat lelah. Jadi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi obat penambah darah yang aman. Biasanya para dokter dan bidan selalu menyelipkan suplemen tambah darah tersebut tapi jika ingin yang alami, Anda bisa memilih alpukat karena buah ini banyak mengandung zat besi.

7.  Mencegah Komplikasi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang lainnya adalah mencegah komplikasi. Asam folat yang ada di dalamnya bisa mencegah komplikasi saat sedang mengandung, karena masa kehamilan sangat rentan sekali terkena anemia, insomnia dan penyakit lainnya.

8.  Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Salah satu manfaat alpukat adalah meningkatkan penyerapan nutrisi. Hal ini bisa membantu para ibu hamil menyerap nutrisi makanan dan minuman yang dikonsumsinya tiap hari. Dengan demikian, nutrisi tersebut akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

9.  Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah masalah pencernaan. Janin yang semakin membesar akan menekan tulang panggul sang ibu dan hal itu bisa menyebabkan konstipasi, karena ada tekanan di dalam perut. Oleh karena itu, memakan alpukat yang kaya akan serat akan melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil dan mencegah konstipasi.

10.  Obat Kram Alami Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat sering mengalami kram, karena memang otot-otot tubuh mengalami perubahan yang drastis. Potasium yang terkandung pada alpukat tersebut bermanfaat sebagai obat kram alami pada bumil.

11.  Mengurangi Peradangan Lambung Pada Ibu Hamil

Orang ngidam biasanya lebih menyukai makanan yang asam dan segar, namun hal itu akan tidak baik bagi lambung apalagi ibu yang memiliki riwayat maag. Dengan mengonsumsi alpukat maka akan mengurangi peradangan pada lambung, karena buah ini mengandung nutrisi seperti vitamin A.

12.  Makanan Otak Untuk Ibu Hamil

Alpukat kaya akan asam folat dan buah tersebut dipercaya sebagai makanan otak yang pas untuk ibu hamil. Buah tersebut mengandung omega 3, asam lemak baik serta vitamin E yang ampuh mencegah timbulnya alzheimer.

13.  Menjaga Kadar Gula Darah Bumil

Manfaat berikutnya adalah menjaga kadar gula darah pada ibu hamil agar tetap stabil. Ibu hamil terkadang suka ngemil yang manis-manis dan hal itu bisa meningkatkan kadar gula darah yang bisa mengakibatkan diabetes dan kegemukan. Oleh karena itu, alpukat sangat disarankan untuk selalu dikonsumsi oleh ibu hamil, karena rendah gula tetapi kaya nutrisi.
14.  Melindungi Bayi Sebelum Lahir

Selain mengonsumsi suplemen khusus ibu hamil kemudian susu serta vitamin lainnya, buah ini pun sangat wajib untuk dikonsumsi. Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang lainnya adalah melindungi bayi sebelum lahir supaya tidak cacat fisik maupun mental karena nutrisinya tercukupi.

15.  Membuat Cepat Kenyang

Manfaat selanjutnya adalah membuat cepat kenyang. Biasanya bumil selalu merasa lapar, apabila mengonsumsi alpukat maka akan cepat kenyang dan kenyangnya pun lebih lama. Hal ini bisa membantu menekan laju berat badan pada ibu hamil.

16.  Mencegah Cacat Syaraf

Buah yang berdaging empuk ini memiliki kandungan asam folat tinggi dan beberapa vitamin lainnya jadi selain mencegah cacat otak, manfaat lainnya juga bisa mencegah cacat syaraf.

17.  Menurunkan Kolesterol Pada Bumil

Bumil biasanya banyak makan entah itu makanan ringan atau pun makan berat. Oleh karena itu, kadar kolesterol pun terkadang tidak bisa terkontrol dengan baik. Solusi terbaiknya adalah mengonsumsi alpukat, karena bisa membantu menurunkan kolesterol pada bumil

18.  Melindungi Mata Bumil

Kandungan vitamin A yang sangat banyak membuat alpukat memiliki fungsi sebagai pelindung mata bumil dari katarak dan penyakit mata lainnya. Bagi ibu hamil yang bermata minus, sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi buah atau makanan yang banyak mengandung vitamin A. Hal ini, dikarenakan bisa mengurangi resiko mata minus bertambah parah apabila dipakai untuk mengejan saat kontraksi.

19.  Mencegah Stroke Pada Bumil

Kalium di dalam buah alpukat terbukti bisa mencegah stroke pada bumil. Kalium sendiri memiliki fungsi sebagai pengontrol tekanan darah dan juga menyetabilkan jantung. Cocok dikonsumsi oleh bumil yang memiliki tekanan darah tinggi.

20.  Makanan Higienis Untuk Bumil

Alpukat termasuk buah yang jarang diberi pestisida dan sebab itu lah buah tersebut sangat cocok untuk bumil, karena menjadi makanan higienis untuk bumil. Buah yang mengandung pestisida dan bakteri tentunya sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Nantinya akan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

21.  Menjaga Elastisitas Kulit Pada Bumil

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya yakni menjaga elastisitas kulit. Ibu hamil pastinya sangat akrab dengan stretch mark, oleh karena itu untuk tetap menjaga elastisitas kulit bumil perlu mengonsumsi alpukat, karena banyak mengandung vitamin E.

22.  Mencegah Spina Bifida Pada Janin

Selain mencegah cacat otak dan syaraf, alpukat juga bisa mencegah spina bifida pada janin, yaitu keluarnya jaringan tulang syaraf.

23.  Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin

Vitamin E di dalam alpukat sangat banyak dan bisa membantu meningkatkan produksi hormon prolaktin yang bisa menyetabilkan emosi pada bumil. Dengan begitu emosi ibu hamil akan tetap tenang, tidak stress supaya perkembangan janinnya juga nantinya akan baik.

24.  Memberikan Lingkungan yang Nyaman Pada Janin

Vitamin E pada alpukat ternyata bisa memberikan efek nyaman pada lingkungan janin. Hal ini disebabkan karena vitamin E tersebut bisa membantu meningkatkan hormon prolaktin dan emosi sang ibu bisa menjadi stabil. Apabila ibu hamil merasa tenang maka bayi di dalam kandungannya pun juga akan merasa tenang, aman dan pertumbuhannya akan baik.

25.  Menjaga Stamina Pada Bumil

Manfaat yang terakhir yakni menjaga stamina. Kandungan vitamin dan mineral pada alpukat sangat lengkap sehingga bisa menjaga stamina pada bumil. Ibu hamil sangat rentan terkena penyakit karena mudah lelah, oleh karena itu lebih baik mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin serta mineral tinggi seperti buah yang satu ini.

Demikianlah informasi terkait manfaat alpukat untuk ibu hamil. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon