Kamis, 02 Maret 2017

Inilah 17 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini tentu saja karena nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga sangat populer dan banyak dipercayai orang.

Khasiat air kelapa sudah terbukti sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan klorida, elektrolit, protein, magnesium dan natrium yang tinggi. Selain itu, terkandung pula serat, vitamin C, kalsium, mangan dan riboflavin yang tidak kalah tingginya. Melihat nutrisinya tersebut, tak mengherankan jika air kelapa memiliki banyak sekali khasiat. Berikut ulasan lengkapnya.


Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui


Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1.  Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

Wanita hamil seringkali mengalami masalah dalam sistem metabolisme tubuh. Jika dibiarkan, hal ini berisiko terhadap kesehatan dan metabolisme janin. Salah satu efeknya adalah bayi akan terlahir dengan bobot yang rendah. Air kelapa bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menjaga metabolisme tubuh wanita hamil, karena mengandung serat, protein, vitamin C dan mangan yang tinggi.

2.  Melawan Morning Sickness

Morning sickness adalah gejala awal wanita hamil. Morning sickness ini biasanya akan dirasakan pada bulan-bulan awal masa kehamilan dan akan hilang saat usia kandungan mencapai 3 bulan. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa hijau sangat baik untuk menukar elektrolit yang dikeluarkan, karena wanita hamil yang muntah.

3.  Menghindari Dehidrasi

Sekedar informasi, wanita hamil sangat rentan terkena dehidrasi. Pasalnya mereka seringkali muntah, terutama pada awal kehamilan. Karena muntah tersebut, banyak cairan yang dikeluarkan sehingga membuat ibu hamil dehidrasi. Air kelapa bisa membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang semasa kehamilan.

Tak hanya menambah cairan, air kelapa juga bisa menjaga cairan amnion dan penambahan volume darah untuk perkembangan janin. Maka dari itu, tak heran jika air kelapa sangat baik untuk mengatasi dehidrasi wanita hamil.

4.  Menjernihkan Air Ketuban

Air kelapa mengandung elektrolit dan juga anti oksidan yang sangat baik untuk menjernihkan dan membersihkan air ketuban. Dengan begitu, bayi akan lebih sehat.

5.  Menghindari Infeksi Saluran Kemih

Wanita hamil rentan dengan penyakit Infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan adanya pergantian mekanis dan juga hormonal selama kehamilan. Selain itu, meningkatnya hormon progesteron selama hamil dan berat rahim yang bertambah juga menyebabkan kekenduran pada otot-otot saluran kencing. Kondisi inilah yang memicu penyakit Infeksi saluran kemih yang bisa menyebabkan bayi meninggal.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air kelapa hijau yang masih muda. Pasalnya, air kelapa bisa dijadikan sebagai diuretik alami. Artinya adalah bahwa air kelapa tersebut dapat mengeluarkan zat toksin dalam tubuh melalui urin, melancarkan sistem pembuangan urin, membersihkan saluran kemih dan mencegah risiko infeksi pada saluran kemih.

6.  Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah pada wanita hamil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan magnesium, riboflavin dan juga klorida yang ada di dalam air kelapa. Di mana kandungan tersebut dapat menjaga agar tekanan darah ibu hamil tetap normal.
7.  Menangani Fluktuasi BP

Manfaat lainnya adalah menangani luktuasi BP. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, air kelapa mengandung serat mineral mikro yang mampu mengatasi fluktuasi BP terutama pada trimester terakhir.

8.  Menangani Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bukan lagi hal yang aneh untuk para wanita hamil. Pasalnya pergantian hormonal selama kehamilan berlangsung dapat menghimpit perut si ibu. Maka wajar saja jika akan ada masalah pencernaan yang muncul.

Masalah pencernaan ibu hamil ini dikenal dengan sebutan dispepsia. Tanda-tandanya adalah nyeri perut pada bagian atas, perut kembung, mual, perasaan kenyang dan juga muntah. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Pasalnya, air kelapa mengandung klorida, potasium, elektrolit dan magnesium yang mampu menyehatkan usus dan mengurangi masalah pencernaan seperti konstipasi.

9.  Menghindari Kram

Usia kehamilan yang semakin tua seringkali menyebabkan kram pada kaki wanita hamil. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengantisipasinya dengan mengonsumsi air kelapa dengan rutin. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang ada di dalam air kelapa hijau. Di mana kandungan tersebut dapat meredakan pembengkakan dan kram pada kaki.

10.  Mencegah Diabetes Gestasional

Sekedar informasi, wanita hamil biasanya akan mengalami diabetes gestasional. Diabetes militus ini hanya berlangsung selama kehamilan dan akan sembuh setelah melahirkan. Hanya saja, diabetes ini cukup mengganggu janin, karena akan membuat janin memiliki bobot yang berlebih. Oleh karena itu, mengonsumsi air kelapa bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik untuk mencegah diabetes gestasional.

11.  Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, salah satu manfaat dari air kelapa adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh wanita hamil. Pasalnya, air kelapa tidak mengandung lemak dan juga kolesterol jahat sehingga para wanita hamil aman untuk mengonsumsinya.

12.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebisa mungkin wanita hamil harus terhindar dari bakteri, virus maupun jamur penyebab berbagai macam penyakit. Pasalnya wanita hamil tidak boleh mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, karena sangat berbahaya untuk keselamatan janin. Lantas, bagaimana solusinya?

Cara terbaik adalah dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Hal ini, karena air kelapa mengandung asam laurat yang sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Asam laurat ini bersifat anti virus dan anti bakteri. Dengan begitu, bayi akan terlindungi dari penyakit beresiko seperti herpes, HIV dan lain sebagainya.
13.  Mengganti Jaringan Dalam Tubuh yang Rusak

Manfaat dari air kelapa selanjutnya adalah mengganti jaringan dalam tubuh ibu hamil yang mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B yang sangat baik untuk memperbaiki dan mengganti jaringan sel dalam tubuh.

14.  Anti Aging

Perlu diketahui bahwa air kelapa mengandung senyawa anti aging yang artinya sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan air kelapa mampu memperbaharui atau meregenerasi beberapa sel dalam tubuh. Kemampuan ini sangat baik untuk wanita semasa hamil atau sesudah kehamilan, karena bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah stretch mark pada perut.

15.  Mencegah Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyumbatan pembuluh darah sangatlah berbahaya, terutama untuk wanita hamil dan anak dikandungnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk para ibu mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur. Pasalnya air kelapa mengandung kolesterol baik (HDL) yang cukup tinggi.

16.  Melindungi Kesehatan Jantung

Air kelapa mengandung magnesium dan kalium yang tinggi. Sehingga dapat membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindari dari detak jantung yang tidak stabil dan juga serangan jantung yang tentunya sangat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan.

17.  Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi sakit kepala. Mengingat ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat-obat kimia tanpa resep dari dokter, mengonsumsi air kelapa untuk mengatasi sakit kepala bisa dijadikan sebagai solusi terbaik.

Air kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil. Hanya saja, minumlah dengan kadar yang normal dan tidak berlebihan. Selain itu, pilihlah air kelapa yang diambil dari kelapa muda atau kelapa hijau. Karena air kelapa yang masih muda memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan dengan kelapa yang sudah tua dan berdaging tebal.

Demikianlah ulasan terkait dengan manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon