Sabtu, 04 Februari 2017

Inilah 15 Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Pisang adalah buah yang paling mudah ditemukan dan dikenal oleh mayoritas penduduk Indonesia. Harganya yang merakyat, mengenyangkan, mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi berbagai macam panganan menjadi alasan kuat mengapa buah pisang sangat disukai. Di indonesia ada berbagai macam jenis pisang yang dapat ditemukan seperti pisang tanduk, pisang kepok, pisang siam, pisang emas dan banyak lagi jenisnya. Semua jenis pisang ini tentunya memiliki ciri yang khas dari jenisnya masing-masing.

Kali ini kita akan membahas salah satu jenis pisang yang pasti sudah tidak asing lagi, yaitu pisang kepok. Pisang kepok selain bisa dimakan langsung, banyak juga yang mengolahnya menjadi kolak, kue bolu, setup pisang, pisang goreng dan masih banyak lagi yang tentunya dapat memanjakan lidah. Lalu, bagaimana dengan manfaat yang kita dapatkan dari mengonsumsi pisang kepok ini? Berikut ulasannya.


Kandungan Nutrisi Pisang Kepok


Buah pisang kepok memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan kulit pisang ambon. Selain itu, walaupun telah matang, tekstur daging pisang kepok masih terasa keras. Bau pisang kepok juga tidak seharum pisang ambon. Walaupun begitu, ada banyak manfaat pisang kepok untuk kesehatan bagi orang yang memakannya. Dari Jurnal Nutrisi Universitas Diponegoro, dalam pisang kepok kuning terdapat:

  • Air 65.94%
  • Karbohidrat 31.4%
  • Protein 1.75%
  • Lemak 0.19%
  • Abu 0.72%
  • Antioksidan 12.34%
  • Inulin 0.1265%
  • Serat kasar 1.14%


Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan


Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan

Pisang kepok terdiri dari 2 macam, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Karena kandungan inulin, proksimat dan antioksidan yang tinggi dari pisang kepok, orang yang mengonsumsi pisang kepok kuning maupun pisang kepok putih bisa mendapatkan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan diantaranya, yaitu:

1.  Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang pertama adalah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian oleh mahasiswa fakultas kedokteran yang menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi pisang kepok kuning secara berkala mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang terdapat dalam pisang kepok itulah yang bekerja mengikat cairan empedu untuk menyerap kolesterol dari darah dan mengeluarkannya dalam bentuk feses.

2.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Pisang kepok juga dapat dikonsumsi sehari-hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memakan pisang kepok matang secara langsung ataupun mengolahnya terlebih dahulu. Hanya, saja, hasil pengolahan dengan cara digoreng kurang direkomendasikan oleh mereka yang memiliki diabetes atau jantung koroner.

3.  Memperkuat Sistem Imun

Buah pisang kepok mengandung potasium yang bermanfaat dalam setiap proses metabolisme di dalam tubuh. Salah satu proses kimia dalam tubuh yang membutuhkan potasium adalah produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Seperti yang kita tahu, sel darah putih merupakan komponen penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
4.  Merilekskan Saraf Tegang Akibat Stress

Potasium yang ada dalam pisang kepok tidak hanya berkhasiat untuk memperkuat sistem imun. Jaringan syaraf di seluruh bagian tubuh membutuhkan asupan potasium agar tidak mudah tegang akibat tekanan / stress. Apabila Anda sedang stress atau depresi, karena masalah pekerjaan dan lainnya, Anda bisa rutin mengonsumsi pisang kepok di waktu-waktu tertentu seperti sebelum makan, saat santai di sore hari dan sebagainya.

5.  Melancarkan Sistem Ekskresi Pada Ginjal

Manfaat pisang kepok terhadap proses ekskresi pada ginjal juga penting untuk Anda ketahui. Organ ginjal merupakan tempat penyaringan zat-zat beracun dari darah agar dikeluarkan bersama urin. Agar proses ekskresi di dalam ginjal optimal, potasium dibutuhkan untuk mengatur penyerapan zat penting yang masih dibutuhkan tubuh seperti kalsium agar tidak terbawa bersama urin. Kalsium yang menumpuk di organ ginjal bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, disinilah peran potasium dibutuhkan.

6.  Mencegah Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah kesehatan yang membuat seseorang tidak nyaman setiap saat. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan, karena kurang asupan serat dari sayuran dan buah-buahan sehingga feses keras dan sulit dikeluarkan. Untuk mengatasi sembelit, Anda tidak hanya harus memperbanyak minum air putih dan makan sayuran. Anda juga perlu memakan buah seperti pisang kepok yang mudah diserap oleh organ pencernaan.

7.  Membantu Penyerapan Kalsium Pada Tulang

Selain mengatur penyerapan kalsium pada ginjal, potasium yang terkandung dalam buah pisang kepok juga penting untuk memaksimalkan penyerapan kalsium untuk tulang. Selain itu, prebiotik dalam pisang kepok juga membantu penyerapan nutrisi lainnya untuk tulang agar lebih kuat dan terhindar dari gangguan kesehatan yang menyerang tulang seperti osteoporosis.

8.  Sebagai Sumber Asupan Energi

Karbohidrat dalam buah pisang merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan seseorang agar tetap berenergi dan tidak lemas saat beraktivitas. Karbohidrat dan kalori yang terdapat dalam buah pisang kepok yang dimakan juga merupakan unsur penting dalam proses pembakaran atau metabolisme tubuh.

9.  Membantu Mengatasi Sakit Maag

Orang yang memiliki sakit maag biasanya tidak diperkenankan mengemil atau memakan makanan tertentu. Mereka yang memiliki maag dan sering kambuh bahkan harus lebih sering memakan makanan yang “ramah” untuk organ lambung, usus dan seterusnya. Salah satu makanan yang baik untuk orang yang memiliki maag adalah pisang kepok. Nutrisi dalam buah pisang kepok memiliki sifat antacid yang mampu mengontrol produksi asam lambung berlebih.

10.  Mengontrol Tekanan Darah

Satu dari sekian banyak manfaat pisang kepok untuk kesehatan adalah sebagai salah satu sumber makanan yang dapat mengontrol tekanan darah. Pisang kepok mengandung mineral kompleks seperti kalium yang dapat menyeimbangkan zat pemicu naiknya tekanan darah. Mereka yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa melakukan diet makan khusus serta mengonsumsi pisang kepok agar tekanan darahnya kembali normal.

11.  Mengatasi Diare Pada Bayi

Pisang kepok ternyata tidak hanya membawa banyak manfaat untuk orang dewasa. Pisang kepok yang dimakan oleh ibu menyusui bisa membuat bayinya tidak mudah terkena diare. Ibu yang sedang menyusui bisa memakan beberapa buah pisang kepok mentah yang digoreng tanpa menggunakan minyak. Sebelum digoreng tanpa minyak, pisang dipotong tipis-tipis terlebih dahulu.

12.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi pria atau wanita yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas, mereka bisa mengonsumsi buah pisang kepok. Kalori dan karbohidrat dari pisang kepok yang dikonsumsi secara rutin sebelum makan akan membuat orang yang mengalami obesitas merasa agak kenyang. Karena telah lumayan kenyang, porsi makan pun bisa dikurangi. Selain dapat mengurangi porsi makan, buah yang dalam bahasa Tagalog dikenal dengan nama saba ini juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama.
13.  Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang memiliki bentuk bersegi-segi ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid yang memberi warna kuning pada pisang kepok kuning merupakan prekusor vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, karotenoid dari pisang kepok yang dikonsumsi bisa mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal pemicu kanker.

14.  Menyehatkan Usus Besar

Inulin dari buah pisang kepok memang lebih sedikit dibandingkan yang terdapat dalam umbi-umbian. Namun, jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, inulin dalam pisang adalah yang terbanyak. Inulin yang masih tergolong ke dalam polisakarida membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan magnesium di dalam usus besar. Sambil melakukan tugas tersebut, inulin juga membantu mengoptimalkan produksi bifidobacteria dan lactobacilli yang berefek positif untuk usus.

15.  Sebagai Makanan yang Baik Untuk Orang yang Memiliki Diabetes

Bagi Anda atau yang anggota keluarganya yang memiliki masalah diabetes, Anda perlu mengetahui manfaat pisang kepok khususnya untuk kesehatan orang yang memiliki diabetes. Menurut pakar nutrisi, inulin yang memiliki 10% rasa manis gula tidak memberikan efek pada kadar gula darah. Oleh karena itu, orang dengan penyakit diabetes tetap aman memakan buah ini. Inulin yang terdapat dalam pisang kepok juga dapat menggantikan fungsi lemak dan tepung bagi orang yang menjalani diet diabetes.

Meskipun daging buahnya yang matang dapat dimakan langsung, namun buah pisang kepok sebenarnya tidak tergolong sebagai “pisang meja” seperti pisang ambon dan pisang raja. Pisang kepok tergolong sebagai kelompok buah yang lebih enak dinikmati setelah diolah terlebih dahulu. Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu bisa memakan buah ini dengan cara direbus, dikukus atau mencampur pisang kepok dengan oatmeal atau yogurt menjadi minuman atau makanan sehat.

Pisang yang berbentuk pipih atau gepeng ini digolongkan sebagai sumber pati resistan dan memberi efek flatuensi atau gas dalam perut. Demikian beberapa informasi seputar kandungan nutrisi dan manfaat pisang kepok yang bisa dibagikan untuk Anda pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon