Sabtu, 04 Februari 2017

20 Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak jenis. Salah satu jenis buah pisang yang menjadi favorit masyarakat adalah pisang ambon. Buah pisang tidak hanya dijadikan sebagai konsumsi buah sehari-hari. Beberapa orang dengan kondisi tertentu mengonsumsi buah ini untuk mengambil manfaatnya.


Kandungan Nutrisi Dalam Pisang Ambon


Pisang ambon mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak heran jika ada banyak manfaatnya untuk kesehatan. Nutrisi yang mendominasi 100 gram pisang ambon meliputi:

  • Kalori
  • Serat
  • Gula
  • Protein
  • Vitamin B6
  • Potasium

Pisang ambon sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu pisang ambon putih, pisang ambon lumut dan pisang ambon kuning. Ketiga macam pisang ambon tersebut memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama.


Berbagai Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan


Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan

Buah pisang bisa dimakan langsung atau diolah menjadi makanan atau minuman sehat seperti smoothie dan salad buah. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui.

1.  Menyehatkan Sistem dan Organ Pencernaan

Proses penyerapan nutrisi yang mudah adalah salah satu faktor selalu terjaganya kesehatan organ pencernaan. Buah pisang ambon telah terkenal sebagai buah yang mengandung serat dan kalori yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan serta menyehatkan organ pencernaan. Tekstur buah yang lembut dan nutrisi yang beragam juga memudahkan organ-organ pencernaan seperti usus dalam menyerap nutrisi.

2.  Sebagai Makanan Diet Rendah Kalori

Sebuah penelitian menemukan bahwa memakan pisang ambon 2-3 jam sebelum sarapan, makan siang atau makan malam bisa membuat orang memakan makanan dalam porsi lebih sedikit. Kandungan kalori dan gula dalam pisang juga bisa menjadi sumber alternatif untuk diet rendah kalori. Dengan konsumsi secara teratur, mereka yang menjalani diet rendah kalori bisa tetap sehat meski berat badan turun.

3.  Menyehatkan Ginjal

Kalsium yang tidak terserap secara maksimal di dalam darah bisa terkumpul di organ ginjal dan menjadi batu ginjal. Terkait hal ini, buah pisang ambon mengandung potasium yang bermanfaat dalam menekan pengeluaran kalsium pada urin. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir resiko batu ginjal sekaligus menyehatkan organ dan proses ekskresi ginjal.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa

4.  Membantu Kerja Insulin

Manfaat pisang ambon yang juga dianggap penting adalah membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium. Zat Fruktooligosakarida (FOS) dalam pisang ambon yang bergabung bersama insulinlah yang berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. FOS jugalah yang membantu produksi bakteri baik pada usus untuk menghasilkan enzim pencernaan. Enzim yang dihasilkan berperan penting dalam penyerapan nutrisi secara efektif.

5.  Menambah Massa Otot

Mineral yang terdapat dalam pisang ambon seperti zat besi, magnesium, seng dan sebagainya berperan penting dalam membangun massa otot. Mineral-mineral tersebut berkombinasi dengan vitamin seperti B6 dan C tidak hanya dapat membentuk otot namun juga dapat mengoptimalkan kekuatan otot. Jadi, tidak heran jika banyak olahragawan atau atlet yang rajin mengonsumsi pisang ambon.

6.  Sebagai Suplay Energi yang Mudah Diserap Tubuh Ibu yang Baru Melahirkan

Wanita yang baru melahirkan umumnya merasa lemah dan bahkan pucat. Hal ini dikarenakan terkurasnya tenaga yang dimiliki untuk melahirkan. Beberapa diantaranya bahkan dinyatakan kekurangan zat besi. Terkait masalah ini, mereka yang baru melahirkan dapat mengonsumsi 1-2 sisir pisang ambon. Pisang ambon adalah salah satu buah bertekstur halus yang mudah diserap tubuh sekaligus membantu pemulihan kesehatan ibu yang baru melahirkan.

7.  Sebagai Agen Anti Inflamasi

Tubuh memerlukan asupan makanan yang bekerja sebagai agen anti inflamasi agar terhindar dari penyakit berbahaya seperti penyakit kardiovaskular. Salah satu buah yang bisa menyediakan zat agen anti inflamasi adalah pisang ambon. Vitamin B6 yang terdapat dalam buah inilah yang melakukan perannya sebagai agen anti inflamasi.

8.  Sebagai Makanan Diet Orang Dengan Diabetes

Manfaat pisang ambon yang tidak boleh dilupakan adalah sebagai makanan sehat untuk orang yang memiliki diabetes. Seperti yang kita tahu, orang dengan diabetes perlu menjalani diet makan yang super ketat. Mereka tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Agar tetap mendapatkan asupan gula, orang dengan diabetes disarankan mengonsumsi buah yang mengandung gula alami. Buah pisang ambon lah salah satu buah dengan kriteria ini.

9.  Membantu Menurunkan Resiko Obesitas

Buah pisang ambon mengandung kalori dan serat yang dapat menurunkan berat badan. Orang yang memiliki obesitas tidak hanya perlu berolahraga dan mengubah pola makan mereka. Mereka juga perlu mengganti camilan yang tidak sehat dengan buah-buahan seperti pisang ambon yang lebih sehat untuk tubuh. Sementara itu, buah ini juga bisa menambah massa tubuh dengan cara dikonsumsi bersama susu atau yogurt.

10.  Meningkatkan Efektivitas Produksi Sel Darah Putih

Selain bermanfaat untuk organ pencernaan, buah pisang ambon juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas produksi sel darah putih. Hal ini, karena adanya kandungan vitamin B6 dalam pisang yang menjaga proses kimia dalam kalenjar getah bening dalam membantu produksi sel darah putih. Sel darah putih dalam tubuh dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari infeksi.

11.  Merilekskan Saraf dan Menurunkan Resiko Kram Otot Saat Berolahraga

Potasium yang terkandung dalam buah pisang ambon bermanfaat untuk merilekskan sistem saraf sekaligus merilekskan otot agar tidak kram saat melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Anda bisa memakan buah pisang langsung atau membuatnya menjadi smoothie bersama yogurt dan buah-buahan lainnya.

12.  Melindungi Tubuh Dari Infeksi

Satu dari sekian banyak manfaat pisang ambon untuk kesehatan adalah melindungi tubuh dari infeksi akibat bakteri, virus, dan faktor lainnya. Potasium dan vitamin B6 berperan penting dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena dampak radikal bebas seperti infeksi bakteri, virus dan sebagainya.

13.  Membantu Efektivitas Sistem Saraf

Apabila Anda alergi terhadap ikan atau produk olahan susu, Anda bisa tetap mendapatkan asupan protein, vitamin dan mineral dari buah pisang ambon. Pisang ambon telah sejak dahulu dikenal sebagai makanan alami untuk membantu kesehatan jaringan dan sistem saraf. Dengan rajin mengonsumsi buah pisang ambon, Anda bisa terhindar dari masalah saraf tegang yang sering menyebabkan sakit kepala.

14.  Meminimalisir Resiko Terjadinya Cedera Otot

Orang yang jarang berolahraga atau berolahraga dalam intensitas tinggi memiliki resiko yang sama untuk mengalami muscle soreness atau cedera otot. Agar tidak mudah terkena cedera otot, Anda bisa rajin mengonsumsi pisang ambon sebelum makan. Kandungan potasium yang tinggi dalam pisang berkhasiat untuk meminimalisir terjadinya cedera otot akibat olahraga berintensitas tinggi.

15.  Memaksimalkan Proses Pembakaran Energi Dalam Tubuh

Manfaat pisang ambon bagi tubuh adalah sebagai sumber asupan energi untuk proses metabolisme tubuh. Kandungan protein dalam pisang ambon yang diserap tubuh akan membantu proses pemecahan glukosa pada otot saat seseorang beraktivitas fisik. Dengan begitu, nutrisi pada otot tidak akan mengendap dan membuat tubuh menjadi gemuk.

16.  Membantu Mengatasi Hipertensi

Sebanyak 13% potasium dalam buah pisang ambon dapat menurunkan tekanan darah bagi mereka yang memiliki  penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apabila tekanan darah tinggi bisa diobati, resiko untuk terkena komplikasi seperti jantung koroner, serangan jantung dan sebagainya bisa dikurangi. Dengan mengonsumsi pisang ambon selama beberapa waktu, tekanan darah tinggi bisa kembali normal.
17.  Menyehatkan Tulang

Mineral seperti potasium dan kalsium dalam pisang ambon tidak hanya menyehatkan otot. Mineral-mineral dari pisang ambon dapat menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Potasium yang terserap ke dalam tubuh akan memaksimalkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk menutrisi tulang. Selain itu, kedua mineral tersebut bersama nutrisi lainnya juga berkhasiat mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang di masa mendatang.

18.  Membantu Proses Pembentukan Sel

Setiap jangka waktu tertentu, sel-sel dalam tubuh selalu mengalami regenerasi. Regenerasi sel baru pada tubuh akan lebih optimal apabila Anda mengonsumsi buah pisang ambon. Kombinasi vitamin A, C dan B6 berperan penting dalam regenerasi sel sekaligus melindunginya dari radikal bebas pemicu aktifnya sel abnormal penyebab munculnya penyakit berbahaya seperti kanker.

19.  Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Sebuah jurnal mengenai kanker menyebutkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur bisa mengurangi resiko terkena kanker yang berbahaya seperti kanker otak, kanker perut, kanker prostat dan kanker lainnya. Resiko terkena kanker yang sering menyerang wanita bahkan bisa dikurangi hingga 50% apabila buah pisang ini dikonsumsi sehari sekali selama seminggu. Selain dengan buah pisang ambon, resiko kanker juga bisa dikurangi dengan memakan sayuran secara rutin.

20.  Mengatasi Sembelit

Manfaat pisang ambon yang terakhir pada bahasan kali ini adalah mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Nutrisi yang terkandung dalam pisang ambon dapat mengembalikan sistem dan kinerja organ pencernaan seperti semula. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa makan 1-2 sisir pisang ambon dalam sehari. Sementara itu, untuk mengatasi diare, Anda bisa memakan pisang ambon lebih dari 2 sisir pisang. Setelah beberapa kali makan, masalah pencernaan seperti diare dan sembelit bisa diatasi.

Saat ini, pisang ambon telah banyak digunakan sebagai bahan baku beberapa makanan seperti bolu, kue, selai, serta berbagai makanan lainnya. Karena itu, apabila Anda bosan mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menciptakan inovasi makanan atau minuman menyenangkan namun tetap menyehatkan. Sebagai contoh, untuk membuat smoothie dari pisang ambon, Anda bisa mencampur buah dengan yogurt rendah lemak, oats, alpukat, stroberi atau bahan menyehatkan lainnya.

Demikianlah info seputar kandungan nutrisi dan manfaat pisang ambon untuk kesehatan. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon