Rabu, 01 Februari 2017

15 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mangga merupakan buah yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi pecinta buah. Buah yang satu ini memang banyak dijual di pasar tradisional, swalayan, bahkan di toko buah pinggir jalan. Bahkan, pohon mangga juga tidak susah dicari. karena cukup banyak orang yang membudidayakan pohon buah manga ini di halaman rumah atau kebun. Memang buah tropis ini dapat tumbuh subur baik di dataran tinggi maupun rendah.

Banyak varietas mangga yang bisa kita temukan di Indonesia, seperti mangga harum manis, mangga indramayu, mangga gedong, mangga manalagi, mangga golek dan masih banyak lagi. Namun, walaupun banyak jenisnya, manfaatnya tetaplah sama. Manfaat mangga diperoleh dari nutrisi yang dikandung didalamnya. Berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Mangga


1.  Vitamin

Vitamin yang ada pada mangga adalah Vitamin A, B1, B2, B3 dan C.

2.  Serat

Serat atau lebih dikenal sebagai fiber merupakan bagian dari selulosa. Biasanya serat banyak ditemukan pada daun, tetapi buah juga mengandung cukup serat.

3.  Gula

Gula buah atau fruktosa umum ditemukan pada buah dengan rasa manis.

4.  Air

Lebih dari 70% kandungan mangga adalah air.

5.  Mineral

Mangga mengandung beberapa mineral esential, yaitu kalsium, fosfor dan besi.


Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki buah mangga, tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat yang menarik untuk diketahui. Berikut ulasan lengakapnya.

1.  Antioksidan dan Pencegah Kanker

Vitamin dan mineral yang ada pada mangga merupakan kandungan yang penting sebagai antioksidan. Perlu Anda ketahui, antioksidan menangkap patogen atau bakteri yang masuk ke tubuh melalui kulit dan pencernaan. Fungsinya mirip seperti sistem kekebalan, hanya saja lebih aktif dan membentuk semacam tameng.

Ketika berbicara mengenai radikal bebas, Anda akan diarahkan pada pencegah kanker. Penyakit ini berada dalam daftar atas penyakit yang membunuh banyak manusia. Kanker memiliki banyak macam dan semua terjadi, karena kontaminasi sel-sel oleh radikal bebas sehingga berkembang menjadi sel ganas.

2.  Meningkatkan Kesehatan Mata dan Penglihatan

Dua puluh lima persen dari kandungan vitamin dalam mangga adalah vitamin A. Orang mengira wortel dan tomat adalah sumber vitamin A terbaik, tetapi mangga juga tidak dapat diremehkan. Sebagai sumber vitamin A, mangga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan.

Baca juga: Manfaat Buah Apel

Mata merupakan organ yang sangat penting dan mudah mengalami defisiensi atau kemunduran kemampuan melihat. Defisiensi tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, melainkan juga dapat disebabkan oleh kekurangan nutrisi yang membantu menjaga stabilitas organ. Vitamin A merupakan bagian penting dari nutrisi tersebut dan mangga adalah pilihan yang tepat untuk mengembalikan kesehatan mata.

3.  Menjaga Kolesterol

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tingkat normal, mangga adalah pilihan terbaik. Hal ini merupakan salah satu manfaat dari buah ini yang jarang diketahui banyak orang.

Konsumsi mangga setelah makan makanan berlemak seperti daging dan santan dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Jika kandungan ini dalam keadaan stabil, Anda akan terhindar dari potensi darah tinggi dan beberapa penyakit degeneratif lain.

4.  Cocok Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes mengalami kesulitan untuk mengatur pola makan, karena keterbatasan pilihan. Mangga merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi setiap saat dengan tetap menjaga kadar gula imbang. Diabetes terjadi, karena ketidakmampuan tubuh mengubah gula ke dalam bentuk lemak lipid untuk disimpan dalam darah.

Insulin berperan penting untuk proses ini, tetapi penderita diabetes kekurangan bahkan kehilangan produksi insulin. Konsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat sangat dilarang. Buah mangga mengandung gula buah atau dikenal dengan nama fruktosa yang aman untuk darah.

5.  Menurunkan Obesitas

Kehidupan modern menyebabkan banyak orang mengalami gangguan berat badan. Obesitas merupakan kondisi berat badan tubuh yang melebihi batas normal. Para ahli merekomendasikan mangga untuk diet, karena kalori dan nutrisi cukup memenuhi aktivitas tubuh.

6.  Kesehatan Tulang

Kalsium atau dikenal sebagai zat kapur merupakan unsur pembentuk tulang. Sebagian besar penyakit atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang melibatkan kalsium sebagai faktor pencetus dan risikonya. Jadi, Anda harus fokus untuk meningkatkan dan mengatur kadar kalsium untuk mendapatkan tulang yang kuat dan sehat.

Buah mangga juga memiliki kalsium yang bersifat alami. Selain itu beberapa mineral lain juga sangat membantu untuk kesehatan tulang. Konsumsi teratur buah mangga akan membantu meningkatkan kalsium ke level normal.

7.  Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tubuh membutuhkan sistem kekebalan yang aktif sehingga mampu mencegah bakteri, penyakit atau virus dari luar. Vitamin dan mineral dalam buah mangga memiliki fungsi ganda sebagai pembentuk sistem kekebalan tubuh. Konsumsi mangga teratur akan baik untuk kesehatan dan mengembalikan sistem imunitas seperti sediakala.

8.  Terapi Pencernaan

Dari sekian banyak manfaat mangga untuk kesehatan, yang tak kalah penting adalah sebagai terapi pencernaan. Ada tiga cara penyakit masuk kedalam tubuh, dan pencernaan merupakan cara yang sangat riskan. Anda tidak tahu apakah makanan berbahaya atau tidak sebelum masuk ke pencernaan dan bereaksi dengan menimbulkan zat beracun.

Apakah Anda mengalami sakit perut setelah mengonsumsi mangga? Tentu saja hal tersebut jarang terjadi kecuali mangga dalam keadaan mentah atau belum masak. Mangga merupakan buah yang cocok untuk lambung, karena teksturnya yang lembut serta mudah dicerna.

9.  Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini bersifat kronis dan akut sehingga membutuhkan perawatan dan penanganan intensif. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tinggi kadar kolesterol dan lemak dalam darah.

Buah mangga memiliki kadar lemak yang rendah dan sebaliknya mengandung potasium untuk menjaga tekanan darah dalam keadaan normal. Konsumsi buah-buahan, terutama mangga, sangat baik untuk kesehatan jantung terutama bagi mereka yang telah terdiagnosis. Selain itu, buah mangga juga baik untuk pencegahan.

10.  Kesehatan Reproduksi dan Seksual

Mangga dikenal juga sebagai buah untuk meningkat vitalitas tubuh dan seksual atau dikenal sebagai aprosidiac. Buah mangga mengembalikan hormon reproduksi ke level normal sehingga meningkatkan kemampuan seksual. Tentu saja, laki-laki dan perempuan dianjurkan untuk mengonsumsinya.

11.  Keseimbangan Metabolisme

Buah mangga memiliki nutrisi yang mampu menyeimbangkan metabolisme tubuh. Tubuh mudah terserang penyakit, karena ketidakseimbangan metabolisme. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah ini secara teratur sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh pada level stabil.

12.  Menjaga Kelembutan Kulit

Memiliki kulit yang lembut dan sehat adalah idaman setiap wanita dan dengan mengonsumsi buah mangga Anda dapat mewujudkannya. Ini adalah salah satu manfaat mangga untuk kecantikan, karena nutrisi pada mangga mampu menghaluskan kulit secara alami.

Banyak klinik kecantikan yang menyediakan jasa terapi dengan buah mangga yang biasanya berbentuk krim kecantikan. Sebagai pengganti krim kecantikan yang mengandung zat kimia, Anda juga dapat menggunakan mangga sebagai masker wajah yang tak kalah berkhasiatnya. Penggunaan yang teratur akan memiliki efek yang maksimal.

13.  Menghilangkan Jerawat

Jerawat terjadi karena beberapa faktor diantaranya makanan, cuaca, hormon, usia dan tingkat stress. Konsumsi mangga teratur mampu menjaga metabolisme tubuh, terutama pada sistem pencernaan dan kekebalan.

Untuk menghilangkan jerawat, Anda dapat menghaluskan mangga seperti jus kemudian diaplikasikan pada wajah. Gunakan krim ini sebagai masker. Mangga akan menyerap sel-sel kulit mati serta bakteri penyebab jerawat. Setelah itu, nutrisi dalam mangga akan membantu regenerasi kulit sehingga cepat terganti dengan kulit muda yang lebih lembut teksturnya.

14.  Menyamakan Bekas Luka dan Flek Hitam

Menyamarkan bekas luka dan flek hitam adalah salah satu manfaat mangga untuk kecantikan. Bekas luka memang sangat mengganggu, apalagi jika berada di area terbuka sehingga mengurangi keindahan penampilan Anda.

Seperti penghilang jerawat, mangga akan menyuplai nutrisi bagi kulit untuk segera melakukan regenerasi. Selain itu, mangga juga mengurangi kandungan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

15.  Nutrisi Rambut

Tidak hanya kulit, rambut juga berperan penting dalam membentuk kecantikan tubuh. Rambut yang baik, indah, dan sehat berkontribusi pada penampilan. Mangga merupakan bahan alami untuk perawatan rambut. Beberapa shampoo telah mengadopsi mangga sebagai bahan dasarnya.

Demikianlah informasi terkait seputar kandungan nutrisi dan manfaat mangga untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon