Kamis, 09 Februari 2017

Inilah Berbagai Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Jambu air merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah yang ternyata dalam bahasa inggris dikenal dengan nama water apple atau rose apple ini di Indonesia sendiri sebenarnya tidak hanya memiliki warna merah saja dalam penampilannya. Ada yang berwarna hijau, putih dan sebagainya. Bagaimana dengan manfaat jambu air? Berikut uraiannya.


15 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan


Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Jambu air mengandung vitamin C, B1, B2, B3, A dan berbagai mineral penting bagi tubuh seperti fosfor, magnesium, tembaga, mangan, seng, kalsium dan sebagainya. Sesuai namanya, buah ini juga didominasi oleh air 93 g per 100 gram jambu air. Kalori, serat, karbohidrat, protein, lemak, potasium, dan ash. Karena banyak nutrisi penting di dalamnya itulah, buah ini memiliki banyak manfaat penting seperti:

1.  Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat yang pertama adalah sebagai makanan alami untuk mencegah timbulnya penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat. Nutrisi dalam jambu air yang terserap dan terolah di dalam tubuh akan membentuk senyawa organic yang berguna dalam mencegah penyakit mematikan ini.

2.  Menjaga Kadar Kolesterol Dalam Darah

Selain sebagai pencegahan penyakit berbahaya, buah jambu air juga bisa dikonsumsi untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang kita tahu, ada kolesterol jahat dan kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol jahat itulah yang nantinya akan disapu oleh nutrisi dari jambu air seperti serat agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

3.  Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami infeksi dan penyakit akibat kuman, bakteri, maupun virus. Kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam buah ini akan menjadi antioksidan kuat bagi tubuh.

4.  Mencegah Kulit Dari Infeksi dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Nutrisi yang terkandung di dalam buah jambu air dapat berperan sebagai anti mikroba dan anti inflamasi bagi kulit sehingga kulit tidak akan mengalami infeksi atau alergi ketika mengalami kontak dengan faktor eksternal di lingkungan.

5.  Mencegah dan Mengontrol Diabetes

Manfaat lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah mencegah dan mengontrol penyakit diabetes. Hal ini, karena kandungan serat serta nutrisi lainnya dalam buah ini yang dapat melancarkan regulasi darah serta mengendalikan kadar gula dalam darah yang pada umumnya sangat diperhatikan oleh orang yang memiliki diabetes.

6.  Mengatasi Inflamasi Pada Persendian

Buah jambu air juga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi yang terjadi pada bagian persendian. Buah ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi yang terjadi pada beberapa bagian tubuh termasuk bagian persendian.

Selain mengatasi masalah tersebut, kalsium bersama mineral lainnya dalam buah ini seperti fosfor dan magnesium juga bisa digunakan untuk memperkuat sekaligus menyehatkan tulang dan gigi. Dengan asupan mineral tersebut, masalah pada tulang seperti osteoporosis dapat lebih diminimalisir agar tidak terjadi seiring bertambahnya usia.

7.  Menyehatkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat jambu air yang juga penting ketika dikonsumsi adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat dan nutrisi lainnya dari buah ini akan sangat bermanfaat dan efektif untuk mereka yang sering mengalami masalah pencernaan.
8.  Mengatasi Sore Eyes

Buah jambu air yang mengandung vitamin A dan nutrisi lain yang bersifat anti inflamasi akan sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti sore eyes atau sakit pada mata dan area di sekitarnya yang diakibatkan cedera ringan atau lainnya. Vitamin A yang terserap juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada mata.

9.  Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa penelitian menemukan bahwa nutrisi dalam buah jambu air memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Hal ini diperkirakan karena kandungan nutrisi seperti vitamin B kompleks di dalam buah ini. Sebagai contoh, vitamin B1 yang terserap ke dalam tubuh berguna untuk memberikan nutrisi pada otak maupun jaringan saraf pada tulang belakang.

10.  Membantu Detoksifikasi Hati dan Ginjal

Manfaat jambu air bagi kesehatan organ ekskresi seperti hati dan ginjal juga penting untuk diketahui. Kandungan dalam buah jambu air yang berupa senyawa diuretik akan membantu dalam membersihkan zat beracun ketika proses ekskresi sedang berlangsung. Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah ini juga akan membantu proses metabolisme dan mencukupi kekurangan nutrisi pada tubuh.

Disamping itu, kandungan air dari buah ini juga akan sangat bermanfaat untuk melancarkan produksi urin. Dengan pengeluaran urin yang lancar, racun tubuh dapat keluar bersama urin dan tidak mengendap dan menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh.

11.  Meminimalisir Munculnya Tanda-Tanda Penuaan Dini

Vitamin C yang merupakan salah satu komponen penting antioksidan akan membantu meminimalisir munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, keriput dan sebagainya. Tanda-tanda seperti ini umumnya sering diakibatkan oleh kontak radikal bebas di lingkungan. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan manfaat ini.

12.  Membantu Proses Regenerasi Sel

Vitamin dan mineral dari buah jambu air akan sangat berguna dalam mengoptimalkan proses regenerasi sel yang berlangsung secara berkala pada kulit. Dengan begitu, proses regulasi sel yang lancar akan membuat kulit tetap terlihat sehat. Selain itu, sel kulit mati juga tidak akan menumpuk di jaringan kulit yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan gelap.
13.  Sebagai Pencegahan Alami Untuk Cacar

Selain dapat dimanfaatkan untuk membantu asupan nutrisi pada metabolisme tubuh, buah jambu air juga dapat digunakan sebagai makanan alami untuk mencegah timbulnya penyakit cacar atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama smallpox.

14.  Membantu Mencegah Serangan Epilepsi

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa buah ini memiliki potensi untuk mencegah serangan epilepsi. Hal ini dikarenakan kandungan mineral penting dalam buah ini seperti mangan, magnesium dan sebagainya.

15.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah jambu air merupakan salah satu buah-buahan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan pendamping untuk diet. Kandungan kalori maupun serat yang terdapat dalam buah ini akan membantu menjaga asupan kalori bagi orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan karbohidrat dari buah ini juga dapat mengenyangkan perut sehingga asupan karbo lain bisa dibatasi.

Karena jambu air tidak perlu dikupas untuk dimakan langsung, Anda perlu mencuci buah ini hingga bersih terlebih dahulu agar perstisida yang menempel pada permukaan buah bisa dihilangkan. Demikianlah informasi seputar manfaat jambu air bagi kesehatan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon