Sabtu, 11 Februari 2017

Manfaat Buah Sirsak dan Daunnya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah sirsak? Buah dengan daging berwarna putih ini cukup populer di tengah-tengah masyarakat. Rasa buah ini memang sedikit masam. Akan tetapi, rasa masam ini justru membuat buah sirsak banyak diminati oleh masyarakat. Manfaat buah sirsak juga sangat banyak untuk kesehatan.

Sirsak bisa dimakan secara langsung ketika buahnya telah matang. Agar lebih lezat, buah sirsak bisa diolah menjadi jus yang segar dan cocok dinikmati ketika siang hari. Ada hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan buah sirsak ini. Selain memiliki rasa unik yang lezat, manfaat buah ini juga cukup nyata untuk kesehatan kita. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan manusia. Berikut ini akan dijelaskan tentang manfaat buah dan daun sirsak untuk kesehatan. Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.


Kandungan Nutrisi Buah Sirsak


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah dan daun sirsak, pertama-tama akan dibahas secara tuntas terlebih dahulu mengenai kandungan buah sirsak. Di dalam satu buah sirsak, terdiri dari sejumlah vitamin dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Satu buah sirsak terdiri dari 20% kulit buah, 67,5% daging yang dapat dimakan, 4% hati buah dan 8.5% biji.

Menurut Radi, Seorang Pakar Nutrisi, selain mengandung vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B, di dalam buah sirsak juga terkandung zat sukrosa sebesar 2.54%, levulosa sekitar 0.04% dan dekstosa sebesar 5.05%. Untuk lebih jelasnya lagi, pada setiap 100 gram daging sirsak di dalamnya akan memiliki komposisi nutrisi sebagai berikut.

Komposisi kalori sebanyak 65 cal dengan karbohidrat sebanyak 16.3 gram. Di dalam buah sirsak juga terkandung protein sebesar 1.0 gram, lemak 0.3 gram, kalsium sebesar 14.0 mg, zat besi sebesar 0.6 mg, fosfor sebesar 27.0 mg, Vitamin A sebesar 10.0 SI. Vitamin B1 sebesar 0.07 mg dan vitamin C sebesar 20 gram. Data komposisi kandungan nutrisi buah sirsak ini sangat valid karena diperoleh dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Dari beberapa nutrisi yang disebutkan di atas, buah ini cenderung baik untuk dikonsumsi.


Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

1.  Sebagai Sumber Energi Untuk Tubuh

Kandungan karbohidrat yang cukup banyak pada buah sirsak mampu menjadikan buah ini sebagai salah satu buah penghasil energi. Selain itu, adanya kandungan vitamin B1 membuat buah ini lebih bermanfaat untuk menambah jumlah energi serta menjaga kesehatan dan fungsi beberapa organ tubuh seperti otak, jantung, paru-paru serta ginjal. Vitamin B1 ini bertindak sebagai ko-enzim yang berfungsi untuk mengubah zat glukosa menjadi energi.

2.  Mampu Meningkatkan Imunitas

Sistem imunitas yang terjaga akan menghalau berbagai penyakit yang mengancam kesehatan manusia. Manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imunitas kita. Manfaat ini diperoleh dari kandungan senyawa yang dimulai dari senyawa acetogenis sampai dengan muricepantocin. Selain meningkatkan kekebalan tubuh kita, buah sirsak juga bisa dijadikan sebagai buah yang mampu menangkal penyakit.

3.  Meningkatkan Kosentrasi

Buah ini juga memiliki kandungan zat tiamin. Zat tiamin ini berfungsi untuk meningkatkan memori dan juga konsentrasi manusia. Adanya beberapa vitamin dalam buah sirsak juga dapat membuat otak bisa terlepas dari stress dan juga memperkuat sistem saraf motorik di dalam otak.

4.  Menjaga Sistem Pencernaan Agar Tetap Sehat

Sebagian besar orang mengalami sistem pencernaan yang bermasalah. Hal ini disebabkan oleh tubuh kekurangan zat-zat yang mampu membantu proses pencernaan. Tubuh membutuhkan serat, vitamin dan beberapa nutrisi lainnya untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam buah sirsak terkandung beberapa nutrisi yang dapat melancarkan sistem pencernaan manusia.

5.  Membantu Proses Produksi Hemoglobin

Dalam buah sirsak terkandung zat yang bernama riboflavin yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah atau yang kita sebut dengan hemoglobin. Zat ini juga dapat membantu mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dengan demikian, kinerja organ-organ vital tubuh pun akan semakin optimal.

6.  Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Dari sebuah hasil penelitian, ditemukan fakta tentang manfaat dari buah sirsak yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit di mana kondisi arteri pada jantung mengalami penebalan sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung pun akan terjadi. Buah sirsak mampu menghilangkan aterosklerosis yang ada dalam jantung.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya

7.  Mencegah Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang sering mengancam seseorang yang telah berusia lanjut. Untuk mencegah penyakit katarak, Anda bisa melakukannya dengan sering mengonsumsi buah sirsak minimal satu hari sekali.

8.  Melawan Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh sebagian besar orang. Penyakit ini memiliki terapi penyembuhan yang sangat rumit. Sebagian besar penderita kanker bahkan tidak bisa tertolong, karena ganasnya penyakit ini. Untuk mencegah kanker, biasakan mengonsumsi buah sirsak pada sela-sela aktivitas Anda.

9.  Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Rasa buah sirsak ada yang masam, ada juga yang sedikit manis. Meskipun memiliki rasa manis, di dalam buah sirsak kadar gulanya cukup rendah sehingga dapat mengurangi resiko diabetes. Oleh karena itu, jus buah sirsak bisa membuat Anda terhindar dari resiko terkena diabetes.

10.  Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sirsak mengandung niacin, yang mana zat ini mampu meningkatkan kandungan kolesterol HDL atau kolesterol baik dalam tubuh dan menekan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan manfaatnya.

11.  Mencegah Anemia

Seperti yang telah disebutkan di atas, di dalam buah sirsak terkandung zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat besi dapat meningkatkan proses produksi sel darah merah sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit anemia.

12.  Menjaga Kesehatan Tulang Serta Gigi

Di dalam buah sirsak terkandung zat fosfor dan juga kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Oleh karena itu, buah ini juga bisa dikonsumsi oleh buah hati Anda agar proses pertumbuhan tulang anak menjadi lebih maksimal.

13.  Mengobati Diare

Ganguan penyakit diare sering menghampiri sebagian besar orang, terutama anak-anak. Untuk menyembuhkan penyakit diare, Anda bisa mengonsumsi jus buah sirsak sebagai obat tradisionalnya. Untuk bayi, cukup minumkan sebanyak 2 – 3 sendok makan saja untuk mengobati diare.

14.  Mengatasi Ambeien

Penyakit ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi jus buah sirsak sebagai pengobatan alternatifnya.

15.  Mengatasi Penyakit Liver

Manfaat terakhir yang penting juga untuk diketahui adalah dapat mengatasi penyakit liver. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengonsumsi buah sirsak secara langsung atau mengolahnya menjadi jus. Konsumsi buah ini setiap hari agar penyakit liver Anda segera terobati.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari mengonsumsi buah sirsak. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu atau takut lagi untuk mengonsumsi buah ini.


Kandungan Daun Sirsak yang Baik Untuk Kesehatan


Sudah menjadi rahasia umum bahwa daun sirsak memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda yang memiliki pohon sirsak di kebun samping rumah wajib membaca ulasan ini supaya bisa memanfaatkan apa yang ada di sekeliling Anda menjadi lebih bermanfaat.

Sebelum membahas mengenai manfaat daun sirsak, ada baiknya membahas tuntas terkait dengan kandungan apa saja yang ada pada satu lembar daun sirsak. Di dalam daun sirsak terdapat zat-zat yang sering dijadikan sebagai bahan obat. Zat-zat tersebut di antaranya adalah annohexocin, acetogennins, anonol, annocatacin, annomuricin dan anomurine. Masing-masing zat tersebut memiliki peran sendiri-sendiri untuk kesehatan. Beberapa zat di antara yang telah disebutkan di atas bisa membunuh sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Langsung saja kita lihat manfaat dari daun sirsak berikut ini.


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Manusia


Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1.  Mengobati Asam Urat

Sudah sejak dahulu daun sirsak dipakai sebagai alternatif pengobatan untuk penyakit asam urat. Untuk pembuktiannya, Anda bisa melihat komposisi dari obat-obat asam urat yang ada di pasaran. Sebagian besar di antaranya menggunakan daun sirsak sebagai bahan utamanya. Anda pun bisa membuat ramuan daun sirsak sendiri untuk mengatasi penyakit asam urat Anda.

Caranya sangat mudah, cukup rebus sekitar 6 sampai dengan 10 lembar daun sirsak yang telah dibersihkan. Rebus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga hanya menyisakan satu gelas saja. Ramuan ini bisa diminum dengan dosis 2 kali sehari supaya manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal.

2.  Mengobati Diabetes

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit mematikan seperti diabetes. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh umat manusia. Dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak, jumlah gula dalam darah bisa distabilkan sehingga kadar gula darah normal dan diabetes pun hilang.

Cara membuat ekstrak daun sirsak sangat mudah, cukup siapkan 2 – 5 lembar daun sirsak tua yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga menyisakan satu gelas air saja. Minum ekstrak daun sirsak ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

3.  Sakit Punggung

Manfaat selanjutnya adalah dapat mengobati sakit punggung. Caranya sangat mudah. Ambil 20 lembar daun sirsak tua, kemudian bersihkan. Rebus dengan lima gelas air sampai mendidih. Biarkan sampai air tersisa hanya tiga gelas. Kemudian minum ramuan daun sirsak tersebut sebanyak satu kali sehari dengan dosis sebesar 3/4 cangkir.

4.  Antibodi

Sama seperti buah sirsak, daun sirsak juga bermanfaat sebagai antibodi atau antioksidan. Antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan kita karena dapat mengusir berbagai gangguan penyakit. Cara membuat daun sirsak sebagai ramuan antibodi adalah dengan membuat ekstrak daun sirsak seperti yang telah dijelaskan di atas.
5.  Menguatkan Syaraf

Ekstrak daun sirsak yang diolah dengan cara direbus ternyata dapat bermanfaat untuk menguatkan sistem syaraf dan juga meredakan nyeri. Ekstrak daun sirsak bisa dikonsumsi secara rutin dua kali sehari untuk memaksimalkan manfaatnya.

6.  Melebarkan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang terlalu sempit akan memicu serangan jantung. Agar terhindar dari serangan jantung dan juga stroke, Anda bisa mengonsumsi eksrtak daun sirsak secara rutin.

7.  Membantu Menurunkan Demam

Ketika tubuh demam secara tiba-tiba, tak perlu selalu menggunakan obat sebagai cara mengatasinya. Cukup dengan membuat ramuan daun sirsak dengan cara direbus dan diambil airnya sebagai cara alternatif untuk menurunkan demam tubuh.

8.  Mengatasi Rematik

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah dapat mengatasi penyakit rematik. Penyakit ini kerap mengganggu mereka yang telah berusia senja. Untuk mengatasi rasa sakit yang luar biasa ini, cukup buat ekstrak daun sirsak sebagai ramuan tradisionalnya.

9.  Sebagai Ramuan Antiradang

Peradangan pada tubuh kerap kali terjadi terutama saat kondisi tubuh kurang prima. Untuk mengatasi hal ini, silahkan manfaatkan daun sirsak untuk mengobatinya. Ekstrak daun sirsak bisa mengatasi peradangan dan pembengkakan tubuh.

10.  Mencegah Perkembangan Sel Tumor

Tumor memang berbeda dengan kanker. Perkembangannya tidak seganas sel kanker. Penyakit ini bisa juga diobati dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak.

11.  Melancarkan Pencernaan

Sama seperti buah sirsak, daun sirsak ternyata juga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan kita.

12.  Meningkatkan Produksi ASI

Bagi para ibu menyusui yang mengeluhkan produksi ASI yang tidak cukup untuk kebutuhan si kecil, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak. Ekstrak daun sirsak bisa meningkatkan produksi ASI yang sudah dibuktikan oleh sebagian besar orang.

13.  Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat pada wajah kita juga bisa diatasi dengan menggunakan daun sirsak. Caranya cukup dengan menumbuk daun sirsak, kemudian menempelkannya pada area yang berjerawat.

14.  Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat mengobati jerawat, daun sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, yaitu dapat mencegah penuaan dini. Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirsak, kemudian membalurkannya ke seluruh wajah untuk memudarkan kerutan pada wajah.

15.  Mengobati Luka Bakar

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah dapat mengobati luka bakar. Caranya sangat mudah, cukup haluskan daun sirsak dan tempelkan ke bagian tubuh yang terkena luka bakar. Zat antiradang pada daun sirsak akan bekerja efektif pada luka bakar.

Demikianlah beberapa manfaat buah sirsak dan daunnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon