Selasa, 28 Februari 2017

24 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan dragon fruit merupakan buah yang tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak atau orang dewasa normal saja. Mereka yang memiliki kondisi khusus seperti ibu hamil juga bisa mendapatkan manfaat khusus dari buah yang memiliki 3 varietas ini.

Buah yang juga disebut dengan pitaya ini memiliki banyak nutrisi di dalamnya seperti potasium, kalsium, air, serat, kalori dan sebagainya. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika ada banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil. Namun, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dan tidak beresiko terburuk, prosedur dan dosis dari konsumsi buah ini perlu sangat diperhatikan.


Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui


Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

1.  Sebagai Sumber Energi

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber energi untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Hal ini, karena buah ini mengandung kalori 99 kcal sehingga akan aman dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Dengan buah naga, ibu hamil akan mendapatkan asupan energi yang lebih aman dibandingkan makanan olahan lainnya yang belum tentu sehat bagi calon ibu.

2.  Mengatasi Stretch Mark Pada Perut

Stretch mark merupakan masalah kulit yang sering muncul di area perut ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan. Masalah kulit ini jika tidak diatasi akan terus meninggalkan bekas bahkan ketika ibu hamil telah melahirkan. Karena itu, selain mengoleskan minyak khusus, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang baik untuk menutrisi kulit ini, karena kandungan vitamin C didalamnya untuk produksi kolagen.

3.  Sebagai Sumber Asupan Nutrisi Untuk Pertumbuhan Janin

Buah naga tidak hanya berguna untuk ibu hamil, namun juga bayi. Agar tumbuh dengan optimal, janin membutuhkan asupan mineral seperti yang terdapat dalam buah ini. Karena itu, Anda bisa membuat jus dari buah naga atau memakannya sebagai salad dengan buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil.

4.  Meminimalisir Masalah Pada Kulit Kaki Selama Masa Kehamilan

Masalah lainnya yang sering dihadapi oleh ibu hamil selama masa kehamilan adalah pembengkakan pada kaki, karena semakin menanggung beban yang berat. Buah Naga merupakan salah satu buah-buahan yang baik untuk kulit. Karena itu, Anda bisa mengonsumsi buah ini atau membuatnya menjadi produk luar untuk bengkak kaki pada calon ibu yang akan melahirkan.

5.  Mengatasi Hemorrhoid Pada Ibu Hamil

Hemorrhoid merupakan masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Hemorrhoid sendiri merupakan masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya pelebaran saluran cerna seperti rectum dan anus. Masalah yang juga mempengaruhi pembuluh vena ini bisa diminimalisir dengan konsumsi buah naga. Buah yang mengandung cukup serat ini akan memperlancar proses metabolisme di area tersebut.

6.  Memberi Asupan Gula Alami

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah sebagai salah satu sumber asupan gula alami. Seperti yang kita tahu, kaum ibu hamil tidak bisa memakan makanan yang tinggi gula, karena dapat menyebabkan gula darah tinggi. Jika glukosa tinggi, hal ini akan menyebabkan komplikasi kesehatan pada proses persalinan.

7.  Menjaga Kesehatan Gigi Ibu Hamil dan Perkembangan Gigi Pada Janin

Kandungan mineral khususnya kalsium akan sangat diperlukan bagi ibu hamil maupun janinnya. Kalsium ini sangat diperlukan agar kondisi ibu hamil, khususnya bagian gigi dan gusi tetap sehat. Hal ini karena masalah kesehatan biasanya dimulai dari mulut. Karena itu, mulut harus terjaga kesehatannya. Pada janin, kalsium diperlukan agar jaringan gigi bisa berkembang secara optimal.

8.  Mencegah Bayi Lahir Prematur

Salah satu upaya untuk mencegah agar tidak terjadi kelahiran prematur adalah dengan mengonsumsi buah naga. Seperti yang kita tahu, kelahiran prematur sering ditakutkan para calon orang tua, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu pada bayi. Karena itu, buah yang kaya asam folat ini akan sangat berguna untuk mengatasi resiko seperti ini.

9.  Mengurangi Resiko Anemia Pada Ibu Hamil

Manfaat selanjutnya yang juga penting untuk diketahui adalah sebagai makanan alami untuk menghindari gangguan anemia yang sering melanda ibu hamil terutama di awal kehamilan. Anemia atau kekurangan darah merupakan masalah kesehatan, karena gangguan dalam produksi sel darah merah. Untuk itu, nutrisi seperti zat besi dalam buah naga sangat diperlukan untuk gangguan kesehatan ini.

10.  Memperkuat Sistem Imun

Buah naga tidak hanya berguna untuk kesehatan kulit dan rambut. Pada ibu hamil, buah ini juga bisa menjadi sumber asupan alami untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil maupun bayi yang dikandungnya tidak terkena penyakit berbahaya.

11.  Membantu Perkembangan Indera Mata Pada Janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya yang juga penting adalah sebagai makanan sehat bagi bayi ketika telah memasuki masa perkembangan organ khususnya organ mata. Hal ini tidak terlepas dari peran karoten dalam buah naga. Karoten tersebut akan mengoptimalkan perkembangan indera mata pada bayi.

12.  Membantu Fleksibilitas Otot Ketika Kontraksi

Selain rutin bergerak selama masa kehamilan, para ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk mengoptimalkan fleksibilitas otot. Salah satunya adalah buah naga. Buah yang mengandung kalsium ini tidak hanya berguna bagi tulang, namun juga meningkatkan fleksibilitas otot tubuh ketika kontraksi pada ibu hamil terjadi. Dengan begitu, resiko luka atau cedera juga bisa diminimalisir.

13.  Mencegah Malnutrisi Pada Ibu dan Janin

Manfaat selanjutnya adalah mencegah malnutrisi bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Malnutrisi atau kekurangan nutrisi pada ibu hamil akan menyebabkan masalah kesehatan bahkan hingga janinnya. Karena itu, makanan yang kaya nutrisi perlu rutin dikonsumsi oleh para ibu hamil. Buah ini juga akan menambah nafsu makan sang ibu di awal masa kehamilan.

14.  Sebagai Antioksidan

Tubuh memerlukan sumber nutrisi yang kaya antioksidan agar dapat memerangi radikal bebas penyebab penyakit ringan maupun berat. Buah naga yang kaya vitamin C dan potasium ini akan menjadi sumber asupan yang baik selama masa kehamilan maupun setelah persalinan.

15.  Mencegah Resiko Penyakit Tulang Pada Ibu Hamil

Manfaat buah naga bagi ibu hamil yang perlu juga diketahui adalah untuk mencegah penyakit tulang. Seperti yang telah diketahui oleh kalangan umum, tulang merupakan komponen penting untuk mendukung tubuh ibu hamil yang tidak hanya membawa dirinya namun juga bayi yang dikandungnya. Karena itu, tulang harus dicukupi dengan kalsium agar kuat menjalankan fungsinya.

16.  Melancarkan Proses Pencernaan Selama Kehamilan

Kehamilan sering mempengaruhi kinerja metabolisme lain seperti pencernaan. Karena itu, agar sistem pencernaan dan organ pencernaan tetap bekerja maksimal, tubuh harus selalu mendapatkan asupan serat yang cukup. Serat dari buah naga juga akan menghindarkan sang ibu dari masalah pencernaan seperti sembelit.

17.  Mencegah Resiko Penyakit Beri-Beri Pada Ibu Hamil

Manfaat berikutnya adalah mencegah resiko penyakit beri-beri ketika ibu tengah hamil. Penyakit beri-beri yang melanda ibu hamil bisa diatasi dengan asupan vitamin B1 yang cukup dari buah naga.

18.  Menjaga Kesehatan Jantung Pada Ibu Hamil

Selain organ pencernaan, organ jantung pada ibu hamil juga perlu dijaga kesehatannya. Caranya tidak hanya dengan berolahraga rutin sesuai yang direkomendasikan untuk ibu hamil, namun juga memakan makanan yang baik untuk jantung seperti buah naga.

19.  Menjaga Keseimbangan Kimia Pada Metabolisme Ibu Hamil

Manfaat yang lainnya adalah menjaga keseimbangan kimia pada metabolisme ibu hamil. Pada masa kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga metabolisme kimia dalam tubuh sering terganggu. Agar terjaga keseimbangannya, ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi buah yang kaya vitamin B1 seperti buah naga ini.

20.  Memerangi Radikal Bebas Pada Ibu Hamil

Radikal bebas yang akan mudah masuk ketika cuaca sedang tidak bersahabat bisa menyebabkan ibu hamil mudah terkena flu, batuk dan demam. Padahal, sekecil apapun penyakit yang dialami ketika hamil, pasti ada pengaruhnya terhadap kondisi ibu itu sendiri maupun calon bayinya. Untuk memerangi radikal bebas yang masuk, buah naga yang penuh nutrisi perlu dikonsumsi oleh ibu hamil.

21.  Menjaga Tekanan Darah Pada Ibu Hamil Agar Tetap Normal

Khasiat buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga agar tekanan darah tetap lancar. Selama masa kehamilan, tekanan darah sang ibu perlu rutin dicek. Mengapa demikian, jika tekanan darah terlalu rendah ataupun tinggi, hal ini dapat menyebabkan komplikasi ketika melahirkan. Karena itu, ibu hamil perlu mencoba cara mandiri untuk menjaga tekanan darah dengan komsumsi buah ini.

22.  Mencegah dan Mengatasi Gestational Diabetes

Gestational diabetes yang sering menyerang ibu hamil bisa dicegah dan diminimalisir dengan konsumsi buah naga.

23.  Mengatasi Dehidrasi atau Kekurangan Cairan

Kekurangan cairan pada ibu hamil akan menyebabkan sang ibu merasa lemas dan tidak berdaya. Mereka juga akan terlihat pucat jika dehidrasi. Agar tidak mengalami hal ini, kaum ibu hamil bisa mengonsumsi buah naga yang menyegarkan ini.

24.  Meminimalisir Mual atau Gejala Morning Sickness Lainnya

Manfaat yang terakhir adalah meminimalisir dan mengatasi mual ataupun gejala morning sickess lainnya. Pada kasus yang parah, mual atau morning sickess lainnya akan membuat ibu hamil tidak berselera makan hingga masalah kesehatan lainnya seperti anemia. Karena itu, buah berkalori, berserat, berkadar air dan bernutrisi lengkap ini perlu dikonsumsi oleh ibu hamil.

Demikian beberapa info mengenai nutrisi dan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang bisa diuraikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon