Jumat, 03 Februari 2017

Segudang Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan buah markisa. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat sirup atau jus dan memiliki bentuk bulat dengan rasa sedikit asam dan manis. Jika dimakan terasa segar terutama saat cuaca panas. Selain terasa nikmat dan menyegarkan, manfaat buah markisa akan dunia kesehatan telah teruji oleh para ahli di laboratorium.


Menelisik Kandungan Gizi Buah Markisa


Manfaat buah markisa tidak hanya populer di dunia kecantikan saja. Ternyata markisa bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit seperti kanker dan asma. Bahkan, buah tropis ini juga bisa digunakan untuk mencegah kecacatan pada bayi. Sudah banyak yang membuktikan bahwa markisa mujarab untuk berbagai penyakit ringan maupun serius.

Sebenarnya buah tropis ini bukan asli dari Indonesia. Tanaman rambat ini berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Lambat laun, buah yang berwarna kuning ini menyebar ke berbagai negara di Indonesia termasuk Indonesia. Indonesia bisa ditumbuhi markisa, karena Indonesia beriklim tropis yang mana sangat cocok untuk membudidayakan buah ini.

Banyaknya manfaat dari buah yang bewarna kuning ini membuat para ahli pun meneliti buah yang lezat ini. Akhirnya mereka menemukan bahwa terdapat banyak kandungan gizi dan fitokimia pada buah markisa. Gizi yang ada pada markisa antara lain fosfor, mineral, vitamin dan zat besi. Sedangkan fitokimia yang ada di buah markisa yaitu krisin, harmine dan polifenol.

Rasa asam yang ada pada buah ini dihasilkan, karena terdapat banyak kandungan vitamin C. Vitamin C adalah zat paling banyak pada markisa yang berfungsi sebagai penyembuh berbagai penyakit. Memakan 1 buah markisa bisa mencukupi vitamin C badan Anda untuk satu hari.


Berbagai Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Markisa Kuning Bagi Kesehatan

1.  Membunuh Sel Kanker

Buah markisa kuning bisa mencegah Anda dari penyakit kanker. Buah ini mengandung zat antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh khususnya penyebab kanker mulut dan kanker paru-paru. Zat fitokimia yang terkandung pada buah ini juga bisa membunuh sel kanker.

2.  Melancarkan Pencernaan

Buah yang berwarna kuning ini mengandung banyak serat sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh. Semakin banyak serat dalam buah, maka semakin mempercepat pula dalam melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung 98% kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sehingga Anda akan terbebas dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Jika Anda ingin usus Anda sehat, maka konsumsilah markisa setiap hari.
3.  Menyehatkan Mata

Manfaat buah markisa kuning yang selanjutnya, yaitu membuat mata menjadi sehat. Buah ini mengandung banyak vitamin A sehingga otomatis akan membuat mata Anda terhindar dari gangguan mata seperti katarak dan kebutaan. Siapa yang menyangka jika di dalam buah yang rasanya asam manis ini terdapat banyak vitamin A?

4.  Mengobati Insomnia

Insomnia sering disebabkan karena pikiran Anda tidak tenang sehingga sulit tidur. Untuk mengurangi insomnia, maka makanlah markisa. Buah ini akan membantu Anda lebih rileks sehingga akan lebih cepat tidur. Agar insomnia Anda cepat sembuh, Anda harus sering meminum segelas jus markisa sebelum tidur di malam hari.

5.  Mengobati Asma

Jika Anda menderita penyakit asma, maka sering-seringlah mengonsumsi buah ini. Markisa berfungsi sebagai penenang. Markisa juga bisa digunakan untuk mencegah asma, karena kandungan vitamin C yang dimiliki mampu menghalangi penyebab penyakit asma.

6.  Melancarkan ASI

ASI adalah makanan utama bagi bayi. Jika ASI tidak lancar, maka bayi akan kekurangan nutrisi utamanya. Markisa ternyata bisa melancarkan ASI yang kurang lancar. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dibuat jus dengan campuran madu / gula.

7.  Relaksasi

Terkadang Anda merasa stress dan penat karena rutinitas atau pekerjaan yang menumpuk. Jika saat ini Anda merasakannya, maka jangan khawatir. Anda bisa segera mengonsumsi markisa kuning dan lihatlah efeknya. Markisa adalah sebuah rileksasi yang bisa Anda dapatkan dengan waktu singkat. Anda akan merasa lebih rileks dan tenang setelah meminum sari buahnya.

8.  Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah markisa kuning selanjutnya, yaitu mengontrol tekanan darah. Markisa mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah Anda. Jika Anda makan sebuah markisa maka sudah memenuhi 1/4 kebutuhan kalium harian Anda. Bisa dikatakan, buah markisa adalah cara enak untuk mengontrol tekanan darah. Sebab, rasanya segar dan nikmat.

9.  Menurunkan Demam

Saat sakit demam, sebelum memutuskan mengonsumsi obat-obatan, cobalah untuk memakan markisa. Buah ini dapat menurunkan suhu tubuh yang  tinggi. Daripada mengonsumsi zat kimia, sebaiknya Anda mencoba menggunakan buah markisa terlebih dahulu.

10.  Menyamarkan Kerutan

Kerutan adalah hal pasti yang akan dialami oleh orang berusia lanjut. Untuk mengurangi kerutan halus pada wajah, maka Anda bisa mengonsumsi markisa. Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang bisa menyamarkan garis-garis halus penyebab keriput. Selain mencegah penuan, buah ini juga bisa melembabkan wajah Anda.

11.  Menyembuhkan Batuk

Selain menyegarkan, buah markisa bisa mengobati penyakit batuk. Penyakit batuk memang terlihat sepele, namun jika dibiarkan akan sangat menggangu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi batuk sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi buah markisa secara rutin. Buah ini bisa didapatkan baik di pasar maupun toko-toko buah pinggir jalan.

12.  Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat selanjutnya yang penting juga untuk diketahui adalah mampu menurunkan kolestrol. Asam folat yang terkandung pada buah ini bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Jadi, jika kolestrol sedang tinggi, maka jangan ragu untuk langsung mengonsumsi markisa. Kesegaran pada buah ini akan langsung menurunkan kolestrol Anda.
13.  Menyehatkan Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, banyak-banyaklah makan markisa. Buah ini mengandung banyak vitamin C dan serat sehingga jika dikonsumsi akan menyehatkan terutama bagi ibu hamil. Tidak hanya vitamin C, markisa juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Kekurangan folat bisa membuat ibu hamil mengalami gangguan kehamilan yang bisa berakibat pada kecacatan bayi.

14.  Meningkatkan Sistem Kekebalan

Kandungan vitamin C dan beberapa zat pada markisa berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin yang ada juga memiliki fungsi untuk mempertahankan diri dari gangguan-gangguan. Sebab, ia mampu menetralkan radikal bebas yang bisa jadi penyebab penyakit.

15.  Menurunkan Berat Badan

Buah markisa adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dimakan oleh orang yang sedang diet. Markisa mengandung banyak vitamin, rendah kalori dan rendah lemak. Banyaknya serat yang ada di dalam markisa bisa melancarkan sistem pencernaan. Alhasil berat badan Anda pun akan berkurang.

Selain itu, buah ini mengandung gula alami serta karbohidrat yang akan membuat Anda cepat kenyang sehingga Anda otomatis akan menahan diri dari mengonsumsi makanan yang lainnya. Tentunya, program diet dengan buah ini hanyalah salah satunya saja. Anda harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara teratur.

Demikianlah informasi seputar kandungan gizi dan manfaat buah markisa kuning bagi kesehatan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon