Sabtu, 18 Februari 2017

Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya Bagi Kesehatan

Mahoni lebih dikenal akan kualitas batangnya yang bagus dan kuat. Padahal tak hanya batangnya saja yang bisa dimanfaatkan melainkan juga buah dan bijinya. Meski belum banyak yang mengetahui manfaat buah mahoni dan bijinya ini, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Pasalnya, tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang telah membuktikan keampuhan buah dan bijinya.

Namun jangan memaksakan diri, karena biji buah mahoni ini memiliki rasa pahit yang menyengat. Jika tidak kuat dengan rasanya, besar kemungkinan Anda akan merasa mual dan muntah. Alih-alih dapat manfaat biji mahoni ini, perut dan lidah Anda akan merasa tidak enak dibuatnya.

Memang tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, seperti halnya biji buah mahoni yang kaya nutrisi tetapi juga memiliki kekurangan, yaitu rasa pahit. Jelas saja orang akan berpikir dua kali sebelum mengonsumsinya. Terlepas dari itu semua, mungkin Anda akan berubah pikiran jika tahu mengenai manfaatnya.


Berbagai Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Mahoni dan Bijinya

1.  Membantu Menurunkan Demam

Manfaat biji mahoni dan buahnya yang pertama, yaitu dapat membantu menurunkan suhu badan. Hal ini dikarenakan buah mahoni memiliki sifat anti-piuretik (anti demam). Maka dari itu, tidak ada salahnya menyimpan beberapa buah mahoni sebagai obat alami ketika kelak Anda mengalami demam tinggi.

2.  Menyehatkan Kulit

Siapa sangka bahwa buah mahoni ternyata juga merupakah salah satu buah sumber antioksidan. Jelas saja zat tersebut akan membantu Anda terhindar dari serangan radikal bebas sehingga menyehatkan kulit. Kulit wajah Anda akan terlihat cerah dan terbebas dari kerutan.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas

3.  Membantu Mengontrol Gula Darah

Biji mahoni memiliki kandungan saponin yang mana berfungsi untuk melancarkan aliran gula dalam darah. Maka jelas dengan mengonsumsinya, Anda bisa mengontrol kondisi gula darah untuk tetap dalam keadaan normal.

4.  Menyehatkan Jantung

Selain saponin, biji mahoni ternyata juga mengandung flavonoid. Dalam dunia kesehatan, flavonoid berperan untuk melancarkan sirkulasi darah. Sudah jelas bukan jika sirkulasi darah lancar, gula darah normal, maka kerja dan fungsi jantung juga akan berjalan normal sehingga menghasilkan jantung yang sehat pula.

5.  Sebagai Pertahanan Alami Dari Gigitan Serangga

Selain untuk mengontrol gula darah ternyata saponin juga berfungsi sebagai suplemen untuk mencegah efek negatif dari gigitan serangga pembawa penyakit. Cara menggunakannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menghaluskan biji mahoni dan menyeduhnya dengan air panas lalu minum selagi hangat.

6.  Untuk Menyapih Anak

Telah disinggung di atas bahwa biji mahoni memiliki rasa yang sangat pahit. Hal inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh para ibu untuk menyapih anaknya yang tak kunjung mau beralih ke susu formula. Hanya dengan mengoleskan biji / buah ke area payudara, maka dipastikan anak akan merasakan pahit dan tidak mau lagi mengonsumsi ASI.

Lalu apa kaitannya dengan kesehatan? Pada dasarnya semakin bertambah umur maka tenaga anak akan semakin besar, termasuk pula ketika meminum ASI langsung dari sang ibu. Tenaga yang terlalu besar tersebut secara tidak langsung akan membuat darah ibu ikut terminum bersama ASI dan menyebabkan timbulnya penyakit.

7.  Menurunkan Kolesterol

Nampaknya saponin berperan sangat banyak sekali dalam khasiat biji mahoni ini. Dikatakan demikian karena saponin yang terkandung di dalamnya akan membantu membuang kolesterol dalam usus besar sebelum akhirnya terserap oleh darah. Jelas saja hal tersebut akan membuat kadar kolesterol menurun sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk merasakan manfaat biji mahoni tersebut Anda hanya perlu mengonsumsinya secara langsung, jika memang tahan dengan rasa pahit. Cara lain Anda bisa mengeringkan biji mahoni, lalu menghaluskannya menjadi bubuk. Setelah itu seduh dengan air panas dan minum sekaligus.

8.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Pencernaan yang sehat salah satunya ditandai dengan lancarnya BAB. Jika BAB tidak lancar maka kotoran dalam tubuh akan terus menumpuk dan bisa menyebabkan penyakit. Di sinilah keunggulan mahoni, karena biji dan buahnya diyakini mampu melancarkan buang air besar. Untuk mengonsumsinya Anda bisa mengikuti beberapa saran penyajian yang telah dipaparkan di atas.

9.  Untuk Nutrisi Alami Rambut

Perlu Anda ketahui bahwa saponin ternyata merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan sampo. Hal tersebut jelas menandakan bahwa buah mahoni baik untuk digunakan sebagai obat alami rambut Anda. Secara umum, memang belum banyak yang menggunakan mahoni sebagai obat rambut. Namun, Anda bisa mencobanya karena hal tersebut bukanlah tanpa dasar, melainkan disesuaikan dengan kandungan nutrisi yang ada.

10.  Sebagai Antioksidan

Flavonoid merupakan salah satu bentuk antioksidan dalam buah mahoni. Antioksidan sangat berkaitan erat untuk menangkal radikal bebas. Namun, radikal bebas tidak hanya akan menyerang kulit, namun juga kesehatan tubuh dengan cara melakukan oksidasi terhadap sel-sel tubuh yang masih sehat. Maka dari itu mengonsumsi buah mahoni bukanlah pilihan buruk, karena flavonoid di dalamnya mampu mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh.
11.  Sebagai Antivirus

Manfaat flavonoid dalam buah mahoni ternyata masih terus bergulir. Ia memiliki peran sebagai antivirus sehingga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh adanya virus. Untuk merasakan khasiatnya Anda bisa mengonsumsinya seperti saran penyajian di atas atau membeli serbuk instan dan kapsulnya di toko obat herbal.

Itulah beberapa manfaat biji mahoni dan buahnya. Anda bisa menjadikannya sebagai obat alternatif ketika kondisi tidak memungkinkan untuk pergi ke dokter atau meminum obat kimia. Namun, sebaiknya penggunaan obat herbal satu ini perlu Anda konsultasikan dulu pada dokter. Hal ini dikarenakan buah mahoni memiliki efek samping bagi kesehatan.


Efek Samping Mengonsumsi Mahoni


Kandungan flavonoid dan saponin dalam mahoni memang akan memberikan dampak positif seperti melancarkan sirkulasi darah dan membuang kolesterol. Namun, hal tersebut tidak akan sepenuhnya menguntungkan, karena jika terlalu banyak mengonsumsinya akan menyebabkan penumpukan kolesterol dalam empedu (batu empedu). Maka dari itu batasi asupan buah mahoni dengan mengonsumsinya sesuai dengan dosis harian yang dianjurkan.

Pengobatan herbal memang tidak sepenuhnya menguntungkan, namun obat kimia juga belum tentu lebih baik darinya. Meski demikian Anda tetap perlu berhati-hati, karena belum ada data jelas mengenai kandungan nutrisi dari buah mahoni ini. Jika diperlukan Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai pengobatan herbal menggunakan buah mahoni. Selain itu Anda juga bisa melakukan observasi sendiri dengan mencari data-data pendukung dari kandungan nutrisi serta manfaat dari buah tersebut. Demikian sedikit informasi mengenai manfaat buah mahoni dan efek sampingnya.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon