Senin, 13 Februari 2017

20+ Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Hampir setiap orang pasti menyukai kelengkeng. Hal tersebut wajar mengingat kelengkeng memang memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan. Tak hanya enak, ternyata ada banyak sekali manfaat buah kelengkeng. Buah kelengkeng berbentuk bulat kecil layaknya duku. Warna kulitnya juga menyerupai duku yakni coklat kekuningan.

Kelengkeng banyak disukai masyarakat, karena mudah diperoleh. Bahkan tak sedikit pula masyarakat yang menanamnya sendiri di rumah. Rasanya yang manis ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah kelengkeng diantaranya adalah kalium, magnesium, fosfor, niasin, riboflavin, zat besi, mangan, kalsium, thiamine, mineral, vitamin A, serat, karbohidrat, kalori dan protein.


Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Dengan kandungan selengkap itu, maka tak heran jika buah ini memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1.  Anti Depresi

Manfaat yang pertama adalah anti depresi. Buah kelengkeng memiliki senyawa yang dapat menenangkan saraf sehingga Anda akan merasa lebih tenang dan juga tidak tegang. Salah satu penyebab stress yang biasa dialami masyarakat adalah saraf yang tegang. Oleh karena itu, buah kelengkeng bisa dijadikan obat penghilang stress.

2.  Membantu Proses Penyembuhan

Buah kelengkeng yang kaya akan nutrisi sangat baik untuk membantu proses penyembuhan Anda. Jadi bagi Anda yang dirinya atau keluarga dalam kondisi proses penyembuhan atau pasca sakit bisa mengonsumsi kelengkeng secara teratur agar proses penyembuhan bisa cepat dan Anda bisa segera pulih.

3.  Anti Radang

Radang adalah masalah yang harus segera diatasi. Pasalnya, peradangan seringkali mengakibatkan rasa sakit pada tubuh Anda. Buah kelengkeng bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan. Meskipun begitu, sempurnakan proses penyembuhan radang Anda dengan obat luar untuk bagian kulit yang terkena radang.

4.  Meningkatkan Kinerja Jantung

Buah kelengkeng juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja jantung. Seperti yang diketahui, jantung adalah organ yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia terutama peredaran darah. Oleh karenanya, jantung yang bisa berfungsi dengan baik tentunya akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, oksigen yang masuk dalam darah akan tersalurkan ke seluruh tubuh secara merata.

Baca juga: Manfaat Alpukat

5.  Sumber Energi

Buah kelengkeng mengandung nutrisi yang tinggi sehingga tak heran jika buah ini bisa dijadikan sebagai sumber energi tambahan selain nasi. Dengan tubuh yang sehat dan nutrisi yang terpenuhi, maka Anda akan siap untuk menjalani aktivitas dengan sehat dan bugar.

6.  Mengobati Gigitan Ular

Tahukah Anda bahwa ternyata buah kelengkeng mampu mempercepat proses penyembuhan saat Anda digigit ular. Meskipun demikian, anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila digigit ular untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena jika gigitan ular tersebut berbahaya, mengonsumsi buah kelengkeng saja tidak akan cukup untuk menyembuhkannya.

7.  Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan selanjutnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Perlu diketahui bahwa lancarnya aliran darah akan membuat tubuh Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, penyumbatan pembuluh darah dan lain sebagainya.

8.  Menambah Nafsu Makan

Buah kelengkeng memiliki khasiat menambah nafsu makan. Karena memakan kelengkeng akan membuat Anda segera lapar. Kandungan dalam buah ini sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan, khususnya untuk anak-anak.

9.  Obat Diare

Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat diare. Pasalnya, buah kelengkeng sangat baik untuk menyehatkan sistem pencernaan. Diare biasanya muncul ketika ada bakteri yang masuk ke dalam organ pencernaan. Nah, disinilah fungsi kelengkeng yaitu melawan bakteri dalam usus agar lebih sehat. Dengan begitu, diare bisa diatasi dengan segera.

10.  Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah menjaga kesehatan kulit. Sudah rahasia umum jika setiap orang khususnya wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan juga cantik. Mengonsumsi kelengkeng secara teratur akan membantu Anda mendapatkan kulit sehat yang selama ini diinginkan. Pasalnya kelengkeng mengandung senyawa yang dapat meminimalisir kerusakan pada kulit dan juga mencerahkannya.

11.  Mencegah Demam dan Flu

Manfaat berikutnya adalah mencegah demam dan juga flu. Dalam buah kelengkeng, terkandung vitamin C yang cukup tinggi. Di mana vitamin C ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan ketahanan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti flu dan demam.

12.  Mencegah Kanker

Buah kelengkeng mengandung senyawa polifenol yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan juga menangkal radikal bebas. Dengan adanya khasiat tersebut, tentu saja mengindikasikan bahwa buah kelengkeng sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Karena sebagian besar penyebab kanker adalah adanya kerusakan sel dan juga efek radikal bebas.

13.  Cocok Untuk Diet

Buah kelengkeng mengandung lemak dan juga kalori yang sangat rendah. Hal inilah yang membuat buah ini sangat cocok untuk Anda yang ingin diet sehat dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori.

14.  Mengatasi Cacingan

Apabila Anda atau mungkin anak Anda menderita cacingan bisa mengonsumsi buah kelengkeng secara teratur untuk mengatasinya. Seperti yang diketahui, anak kecil sangat rentan cacingan, karena sering bermain tanpa menggunakan alas kaki dan jajan sembarangan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan buah kelengkeng untuk mengantisipasinya. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan anak termasuk jajanan yang dibelinya.
15.  Obat Anemia

Khasiat buah kelengkeng selanjutnya adalah sebagai obat anemia. Buah kelengkeng mengandung zat besi yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia untuk memproduksi sel darah merah.

16.  Menyehatkan Mata

Buah kelengkeng mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk menyehatkan mata. Sehingga tak heran jika buah kelengkeng sangat baik untuk membuat mata lebih sehat dan juga jernih.

17.  Pereda Demam

Selain mencegah munculnya berbagai penyakit seperti flu dan demam yang disebabkan oleh virus dan bakteri, buah kelengkeng juga bermanfaat untuk meredakan demam. Oleh karena itu, jika saudara atau keluarga ada yang sakit demam, Anda bisa membawakannya buah kelengkeng untuk meredakan demam dan mempercepat proses penyembuhannya.

18.  Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah kelengkeng selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dalam buah kelengkeng. Dimana kandungan tersebut memiliki senyawa antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini yang ditandai dengan munculnya kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

19.  Penghilang Rasa Sakit

Buah kelengkeng juga bisa dijadikan sebagai obat penghilang rasa sakit. Bahkan, kandungan yang ada di dalamnya juga berkhasiat untuk menghentikan pendarahan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Melihat khasiatnya tersebut, tak heran jika buah ini seringkali dijadikan sebagai salah satu obat herbal menghilangkan rasa sakit.

20.  Obat Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah saraf-saraf yang menegang. Seperti yang diketahui, buah kelengkeng memiliki senyawa yang dapat menenangkan dan membuat saraf yang tegang lebih rileks sehingga wajar jika buah ini dapat mengobati sakit kepala.

21.  Sumber Energi Untuk Ibu Hamil

Buah kelengkeng mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Nutrisi yang ada di dalam buah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi untuk ibu hamil dan janin agar lebih sehat dan kuat. Apalagi kandungan dalam buah kelengkeng juga sangat baik untuk membantu perkembangan janin.

Buah kelengkeng sangat enak dikonsumsi secara langsung. Tapi jika bosan, Anda bisa mengolah buah kelengkeng menjadi berbagai macam menu seperti jus kelengkeng, agar-agar kelengkeng dan lain sebagainya. Hanya saja agar khasiatnya tidak berkurang, ada baiknya jika Anda tidak menggunakan gula tambahan. Gunakan saja madu alami yang akan membuat khasiat kelengkeng lebih sempurna.

Bagaimana ulasan di atas? Ada banyak sekali bukan khasiat dari buah kelengkeng ini? Dengan rasanya yang manis tentu saja akan membuat siapapun menyukai dan merasa ketagihan dengan buah ini. Demikianlah ulasan terkait dengan beberapa manfaat dari buah kelengkeng. Semoga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin hidup sehat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon