Jumat, 17 Februari 2017

10 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah

Seperti yang diketahui, belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam. Tak heran jika kebanyakan orang tidak bisa mengonsumsinya secara langsung. Meskipun begitu, ada banyak sekali manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang bisa Anda jadikan sebagai perawatan alami untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Belimbing wuluh bisa diolah menjadi masker atau jus untuk merawat kesehatan kulit dan wajah.


Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan mineral. Selain itu, terdapat pula fosfor, zat besi, potasium, kalsium, serat, karbohidrat, fosfor dan lain sebagainya.

Disamping itu, belimbing wuluh juga banyak mengandung flavonoid, saponin, glukosid, tanin, sulfur, oksalat dan kalium sitrat yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Melihat banyaknya kandungan yang ada di dalam belimbing wuluh, tak heran jika buah sayur ini memiliki banyak sekali manfaat.


Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Wajah


Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan Wajah

1.  Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat yang pertama adalah mengecilkan pori-pori pada kulit. Dengan begitu, kotoran atau bakteri tidak akan menyumbat di dalam pori-pori. Di mana hal tersebut merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat.
   
2.  Menghambat Proses Penuaan

Jika dilihat dari zat-zat yang terkandung dalam belimbing wuluh, memang tidak mengherankan jika belimbing ini mampu menghambat proses penuaan. Pasalnya, terdapat kandungan vitamin C dan A yang sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas yang menjadi penyebab proses penuaan dini. Kandungan mineral dan vitamin yang ada terdapat di belimbing wuluh juga berkhasiat untuk mengurangi kerutan dan garis halus pada kulit sehingga wajah akan tampak awet muda.

3.  Menghaluskan Kulit

Manfaat dari belimbing wuluh untuk wajah lainnya adalah menghaluskan kulit. Hal ini tentu saja, karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah ini.

4.  Mengatasi Panu

Seperti yang diketahui, panu adalah salah satu dari penyakit kulit yang cukup merisihkan dan membuat setiap orang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata belimbing wuluh bermanfaat untuk mengatasi panu secara bertahap. Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti bakteri dan anti jamur yang ada di dalam belimbing wuluh.

5.  Mengatasi Jerawat

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi jerawat pada wajah. Jerawat adalah masalah sepele tapi harus segera diatasi. Pasalnya, jerawat bisa menyebabkan bekas dan flek hitam pada wajah. Di dalam belimbing wuluh, terdapat antioksidan yang berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat pada wajah.
Dilain sisi, kandungan anti bakteri dalam buah sayur ini juga mampu mencegah munculnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Karena seperti yang diketahui, penyebab utama dari munculnya jerawat pada wajah adalah bakteri atau kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit.

6.  Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang sudah terbukti keampuhannya adalah memutihkan kulit wajah secara efektif dan alami. Pasalnya di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan nutrisi yang dapat memutihkan kulit.

7.  Mengurangi Minyak Berlebih

Minyak pada wajah adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Tapi, tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah menggunakan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh. Di mana vitamin ini berfungsi untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah.
  
8.  Mengangkat Sel Kulit Mati

Agar kulit wajah tampak bersinar dan merona, maka sel-sel kulit mati yang menempel harus diangkat. Cara alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan masker belimbing wuluh. Karena buah sayur ini memiliki kandungan yang dapat mengangkat kulit mati pada wajah. Dengan begitu, kulit Anda akan semakin segar dan terlihat seperti remaja.

9.  Meronakan Warna Bibir

Belimbing wuluh berkhasiat untuk meronakan warna bibir secara alami. Setiap wanita pastinya ingin memiliki bibir merona, karena akan terlihat segar dan menawan. Nah, belimbing wuluh ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat, karena mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk menjaga kesegaran bibir dan membuatnya terlihat lebih merah merona.

Kandungan nutrisi dalam buah ini yang mampu membuat bibir merona merah adalah vitamin C dan juga  vitamin A. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengoleskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sebelumnya pada bibir setidaknya dua kali dalam sehari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah ini dengan madu agar kulit mati pada bibir bisa terangkat. Dengan begitu, bibir akan terlihat segar dan merah alami.

10.  Menghilangkan Komedo

Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang terakhir adalah menghilangkan komedo. Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu. Namun, menggunakan masker belimbing wuluh, maka komedo hitam ataupun putih pada wajah Anda akan segera hilang secara alami dan efektif.


Cara Membuat Masker Belimbing Wuluh


Setelah melihat banyaknya kandungan nutrisi serta manfaat yang dimiliki belimbing wuluh, lantas bagaimana cara mengolah buah ini agar bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah? Untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah ini, Anda bisa mengolahnya menjadi masker. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dan cara membuat serta penggunaan masker belimbing wuluh:

Bahan-bahan:

  • 10 buah belimbing wuluh
  • Air hangat secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama cuci belimbing wuluh sampai bersih.
  2. Masukkan buah belimbing wuluh dan air hangat secupnya ke dalam blender. Kemudian, blender hingga halus.
  3. Masker belimbing wuluh siap untuk digunakan.

Cara penggunaan:

  1. Bersihkan wajah Anda hingga benar-benar bersih menggunakan sabun pembersih wajah yang biasa dipakai.
  2. Keringkan wajah Anda, lalu balurkan masker belimbing wuluh pada wajah secara merata.
  3. Diamkan sekitar 10 menit, lalu gosok secara perlahan kulit wajah supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat.
  4. Bilaslah wajah Anda menggunakan air yang mengalir.

Waktu terbaik untuk menggunakan masker alami ini adalah sesaat sebelum tidur. Karena pada malam hari, kulit wajah memiliki waktu untuk bernafas dan menyerap nutrisi dengan lebih baik. Dengan begitu, wajah Anda keesokan harinya akan tampak lebih cantik dan cerah. Bagaimana? Cara membuat masker belimbing wuluh di atas sangat mudah bukan? Apalagi, masker ini terbuat dari bahan alami yang tentunya tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon