Jumat, 27 Januari 2017

Resep Membuat Asinan Kedondong Pedas

Kedondong adalah buah yang mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Rasanya yang asam manis membuat buah ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan rujak. Tak hanya enak dijadikan rujak, ternyata asinan kedondong juga memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Saat berbicara tentang asinan, pikiran yang terlintas pertama kali adalah jajanan khas Bogor. Karena kota ini memang terkenal memiliki asinan bercita rasa asam, pedas dan juga menyegarkan. Saking enaknya, Anda bisa dengan mudah menemukan asinan buah dimana saja baik di pasar-pasar tradisional hingga mall-mall besar.

Berbeda dengan manisan, asinan buah menggunakan cabai dalam jumlah yang terbilang cukup banyak. Hal inilah yang membuat asinan buah terasa pedas. Meskipun begitu, rasa pedas inilah yang membuat masyarakat selalu ketagihan dengan asinan. Terutama untuk mereka yang memang menyukai makanan pedas. Wajar saja jika asinan begitu laris di pasaran.

Asinan akan memanjakan lidah Anda yang peka dengan semua rasa. Pasalnya semua rasa ada pada asinan mulai dari manis, pedas, asam dan asin. Kudapan yang satu ini memang ada banyak di pasaran dan tentunya akan menggoda siapapun yang mencicipinya. Apalagi jika asinan tersebut terbuat dari buah kedondong yang dikenal memiliki cita rasa yang asam dan segar.

Daripada membelinya di luar, tahukah Anda bahwa membuat asinan kedondong sebenarnya sangatlah mudah. Bahan yang diperlukan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Penasaran ingin mencoba membuat asinan sendiri di rumah? Berikut ini adalah bahan dan cara pembuatannya.


Resep dan Cara Membuat Asinan Kendondong Pedas


Resep dan Cara Membuat Asinan Kedondong

Bahan-bahan:

  • Air sebanyak 750 ml
  • Cabai merah sebanyak 3 buah
  • Cabai rawit sebanyak 6 buah
  • Garam sebanyak 2 sendok teh
  • Cuka 2 sendok makan
  • Kedondong sebanyak 500 gr (potong sesuai selera)
  • Gula pasir sebanyak 150 gr

Cara membuat:

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengupas buah kendondong dari kulitnya. Setelah itu, potong buah kedondong sesuai dengan selera (sedang). Jika sudah, Anda cuci daging buah kedondong tersebut hingga bersih, lalu sisihkan.
  2. Langkah selanjutnya adalah Anda siapkan panci, kemudian masukkan air, cabai yang sudah dihaluskan, gula pasir dan garam ke dalam panci tersebut. Masak sampai mendidih dan aduk kuah asinan hingga merata. Lalu angkat.
  3. Tunggu hingga kuah asinan hangat, kemudian tambahkan dengan cuka. Aduk kuah sampai merata. Selanjutnya, Anda masukkan buah kedondong yang sebelumnya sudah dipotong-potong. Lalu aduk kembali sampai semua buah kedondong menyatu dengan kuah asinan.
  4. Agar kuah asinan bisa meresap ke dalam kedondong, Anda simpan ke dalam lemari es sebelum dihidangkan. Untuk rasa yang maksimal, Anda bisa membiarkannya di lemari es hingga satu hari. Dengan begitu, rasanya akan semakin segar dan nikmat.
Demikianlah ulasan mengenai resep membuat asinan kedondong pedas. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon