Kamis, 26 Januari 2017

Resep Membuat Asinan Buah Rambutan yang Lezat

Buah rambutan adalah buah tropis yang sangat populer di Indonesia. Buah ini memiliki daging berwarna putih yang di dalamnya terdapat satu buah biji. Rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau membuat buah rambutan banyak digemari oleh masyarakat.

Buah rambutan memang enak jika dimakan secara langsung, namun tak kalah enaknya jika diolah menjadi asinan buah. Apalagi jika asinan ini dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya. Tentunya Anda sudah bisa membayangkan kelezatan dan kesegaran asinan ini, bukan?

Bagi sebagian orang, asinan rambutan memang terdengar aneh dan kurang familiar. Biasanya memang rambutan dikonsumsi secara langsung atau tanpa diolah. Namun, sekarang ini banyak postingan di media sosial yang mengulas tentang inovasi membuat kudapan yang cukup fenomenal,  yaitu asinan buah rambutan. Karena terdengar aneh dan kurang familiar inilah asinan buah rambutan ini menjadi hits di kalangan pecinta kuliner.

Cara membuat asinan buah rambutan ini pun sangat mudah. Bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Anda penasaran dengan bagaimana cara membuatnya asinan lezat ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya.


Resep Membuat Asinan Buah Rambutan


Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Rambutan

Bahan-bahan:

  • Rambutan sebanyak 1 ikat
  • Jeruk lemon cui sebanyak 10 buah ( 5 diiris dan 5 lainnya diperas)
  • Cabai rawit sebanyak 12 buah (diiris)
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan telah Anda siapkan, hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat asinan rambutan adalah mengupas buah rambutan dari kulitnya. Jika sudah, Anda pisahkan daging rambutan dengan bijinya. Buang biji rambutan dan kumpulkan dagingnya dalam wadah bersih. Yang perlu diingat, pilih jenis rambutan yang mudah dipisahkan kulit dengan bijinya.
  2. Setelah itu, Anda panaskan air sampai dengan mendidih. Lalu tambahkan cabai merah yang telah diiris beserta dengan garam dan juga gula. Aduk hingga merata. Pastikan jika gula benar-benar larut.
  3. Jika gula sudah larut, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah angkat larutan dan simpan di dalam mangkuk dan sisihkan. Saat kuah asinan sudah dingin, Anda masukkan daging rambutan yang sudah dibersihkan tadi ke dalam kuah asinan. Tambahkan juga perasan dan irisan jeruk lemon ke dalamnya. Kemudian simpan dalam lemari es.
  4. Asinan siap dihidangkan.

Dengan menyimpannya di dalam lemari es, kuah asinan akan meresap ke dalam rambutan dan rasanya pun akan lebih sedap. Menaruhnya di lemari es juga akan membuat asinan menjadi lebih segar, apalagi jika dinikmati saat cuaca sedang panas. Jika ingin bervariasi, Anda bisa mengkombinaskan asinan buah rambutan ini dengan asinan lain seperti asinan kedondong, mangga muda dan lain sebagainya. Sekian informasi terkait resep asinan buah rambutan. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi kudapan segar di rumah.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon