Jumat, 27 Januari 2017

Resep Membuat Asinan Bengkoang yang Lezat

Asinan memang memiliki cita rasa yang unik dan mampu membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya. Tak terkecuali asinan bengkoang yang memang sangat populer di kalangan masyarakat, karena rasanya yang sangat lezat dan menyegarkan. Karena rasanya yang enak tersebutlah, maka wajar jika banyak orang yang menjual asinan segar bengkoang.

Apalagi bengkoang memang memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Dan sangat cocok jika dipadukan dengan bumbu asinan yang pedas, asin dan menyegarkan. Tak hanya memiliki rasa yang enak, buah bengkoang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Terutama untuk Anda yang ingin menjaga dan melindungi kulit.

Pasalnya, buah bengkoang memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk melembutkan, memutihkan dan menghaluskan kulit. Jadi, bisa dikatakan bahwa asinan bengkoang adalah kudapan segar yang menyehatkan. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Apakah sulit?

Membuat asinan segar buah bengkoang tidaklah sesulit yang Anda pikirkan selama ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah ditemui dimana saja sehingga Anda tidak akan kerepotan mencarinya. Memang, membeli asinan yang sudah jadi jauh lebih praktis dibandingkan membuatnya sendiri di rumah.

Tapi, apakah Anda menjamin bahwa kualitas bahan yang digunakan untuk membuat asinan tersebut berkualitas baik? Apalagi jika kudapan ini memang akan Anda sajikan untuk keluarga di rumah, tentunya kebersihan dan keamanan adalah nomor satu bukan? Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membuat asinan sendiri di rumah. Selain mudah, proses pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.


Resep dan Cara Membuat Asinan Bengkoang yang Lezat


Resep dan Cara Membuat Asinan Bengkoang

Bahan-bahan:

  • Bengkoang sebanyak 500 gram
  • Terasi matang 1/4 sendok teh
  • Air putih sebanyak 500 ml
  • Cuka masak sebanyak 2 sendok teh
  • Daun mint secukupnya
  • Cabai rawit merah sebanyak 1 buah
  • Cabai merah keriting sebanyak 2 buah
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengupas bengkoang, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, potong sesuai selera. Kemudian, haluskan bahan-bahan seperti cabai rawit merah, terasi dan cabai merah keriting.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi ke dalam panci. Kemudian masak hingga mendidih. Jika sudah mendidih, Anda tambahkan gula pasir dan garam. Aduk kuah asinan sampai semua bahan larut.
  3. Langkah selanjutnya adalah Anda angkat kuah asinan dan diamkan sampai hangat. Masukkan cuka masak dan aduk lagi hingga semua bumbu tercampur rata. Diamkan kuah asinan sampai dingin, lalu masukkan buah bengkoang yang sudah dipotong-potong.
  4. Terakhir, Anda masukkan ke dalam kulkas. Lalu diamkan sampai dingin sekitar 3 sampai 4 jam. Asinan segar buah bengkoang, kini bisa disajikan untuk anggota keluarga di rumah. Jika Anda ingin cita rasa yang lebih pedas, bisa menambahkan cabai ke dalam bumbu asinan.
Bagaimana? Cara di atas sangat mudah bukan? Sekian ulasan mengenai resep membuat asinan bengkoang. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon