Senin, 23 Januari 2017

Inilah 30 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Buah tin merupakan salah satu buah yang namanya diambil dari bahasa Arab. Buah tin juga sering dianggap sebagai buah surgawi dan disebutkan beberapa kali dalam kitab suci. Pada ulasan berikut ini, ada beberapa hal penting seputar buah tin yang masih jarang diketahui masyarakat umum termasuk manfaat buah tin yang beraneka ragam.

Sebenarnya, ada banyak manfaat buah tin untuk kesehatan yang penting untuk diketahui. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu mengenai manfaat tersebut. Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dari buah yang satu ini, ada baiknya Anda menyimak kandungan gizi atau nutrisi apa saja yang terdapat dalam buah tin.


Kandungan Nutrisi Buah Tin


Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung dalam buah tin, ada lebih dari 30 manfaat buah tin untuk tubuh orang yang mengonsumsinya. Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah tin segar meliputi:

  • Kalori 74 kcal
  • 1 gram protein
  • 232 mg potasium
  • 16 g gula
  • 3 g karbohidrat
  • 142 IU vitamin A
  • 2 mg vitamin C
  • 35 mg kalsium
  • 0.4 mg zat besi
  • 17 mg magnesium
  • 232 mg fosfor

Meskipun ada banyak manfaat buah ini untuk kesehatan, namun ada beberapa bagian pohon tin yang perlu Anda hindari. Pohon tin mampu mengeluarkan getah yang dapat menyebabkan iritasi kulit jika Anda sengaja maupun tidak sengaja menyentuhnya. Anda tidak direkomendasikan menyimpan buah tin terlalu lama setelah pemetikan, karena buah tin mudah rusak.


Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Sejak zaman dahulu, buah tin telah dimanfaatkan untuk pengobatan dan pencegahan penyakit. Sayangnya, di Indonesia buah ini tidak sepopuler buah mangga atau pisang, karena harganya yang mahal dan jarang ditemui. Berikut manfaat buah tin untuk kesehatan yang penting untuk diketahui.

1.  Sebagai Sumber Nutrisi

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber nutrisi bagi semua kalangan usia yang mengonsumsinya. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat memenuhi asupan nutrisi setiap harinya dengan konsumsi buah tin. Seperti yang kita tahu, buah tin tidak hanya kaya akan mineral dan vitamin, namun juga serat, garam dan lemak baik.

2.  Sebagai Makanan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan secara alami Anda bisa mengonsumsi buah tin segar secara langsung. Anda juga bisa membuat minuman sehat dari buah tin. Namun, minuman sehat dari buah tin tidak perlu ditambahkan dengan gula. Anda bisa mengganti gula dengan yogurt yang lebih sehat.

3.  Menghambat Penuaan Pada Wanita yang Telah Menopause

Tanda-tanda penuaan akan semakin bermunculan setelah wanita mengalami menopause. Sebuah penelitian yang menemukan bahwa wanita dapat menurunkan resiko penuaan cepat setelah menopause dengan mengonsumsi buah tin. Kandungan serat dalam buah tin membuat orang yang rajin mengonsumsinya nampak lebih muda.

4.  Sebagai Bahan Alami Untuk Menyehatkan Kulit

Sifat antioksidan coumarins dalam buah tin yang dikonsumsi membuat radikal bebas pada kulit diikat dan dibuang. Seperti yang kita tahu, radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan sel kulit dan pemicu penuaan dini. Vitamin C dari buah tin juga berkhasiat untuk menyehatkan sekaligus mencerahkan kulit dari dalam.
5.  Sebagai Bahan Alami Untuk Membersihkan Wajah Dari Jerawat dan Flek Hitam

Manfaat buah tin untuk wajah adalah menghilangkan masalah wajah seperti jerawat dan flek hitam. Kandungan mineral alkali dalam buah tin berkhasiat untuk mengontrol tingkat ph pada kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengoleskan buah tin yang telah dihaluskan ke seluruh permukaan wajah dan mendiamkannya selama 15-30 menit.

6.  Sebagai Makanan yang Berkhasiat Menambah Massa Badan

Ada diet mengurangi berat badan dan ada pula diet menambah massa badan. Daripada mengonsumsi obat-obatan kimia untuk menambah berat badan, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah tin dan susu setiap hari sebelum tidur. Cara ini telah terbukti ampuh menambah berat badan dalam waktu singkat secara alami. Anda bisa melihat hasilnya setelah konsumsi rutin seminggu.

7.  Makanan Alami Peninggi Badan

Buah tin yang mengandung banyak mineral dapat dikonsumsi secara teratur oleh mereka yang ingin meninggikan badan. Seperti yang kita tahu, kalsium dan fosfor adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang. Mereka yang ingin mendapatkan tinggi badan ideal namun alergi terhadap susu hewani bisa mengganti konsumsi susu sapi dengan buah tin segar maupun kering.

8.  Sebagai Sumber Energi Untuk Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan

Kandungan kalori, asam folat, protein, kalsium dan berbagai jenis mineral dalam buah tin dapat menjadi solusi makanan untuk ibu hamil dan janinnya. Berdasarkan sebuah penelitian, seorang wanita yang baru melahirkan umumnya mengalami kekurangan zat besi. Terkait masalah ini, mereka direkomendasikan memakan makanan yang mengandung zat besi. Salah satu buah yang memenuhi kriteria tersebut adalah buah tin.

9.  Sebagai Makanan Lezat Untuk Anak yang Susah Makan

Manfaat selanjutnya yakni dapat diolah sebagai campuran snack atau camilan yang disukai anak. Anak yang susah makan umumnya lebih suka ngemil dengan kue atau roti. Dengan buah tin yang kaya nutrisi dan bisa menjadi pemanis alami, Anda bisa membuat pudding, kue, tart atau jeli yang disukai anak Anda.

10.  Memperkuat Sistem Imun

Buah tin yang kaya vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit. Selain dapat memakan buahnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi teh dari daun tin. Daun tin mengandung polifenol dan bio-flavonoid yang baik dalam menjaga sistem imun.

11.  Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan tubuh yang dapat memicu munculnya penyakit berbahaya jika tidak segera diobati. Penyakit hipertensi disebabkan oleh penyempitan pada pembuluh darah. Anda dapat meningkatkan proses penyembuhan hipertensi dengan mengonsumsi buah tin secara teratur.

12.  Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Manfaat buah tin untuk kesehatan yakni agar terhindar dari penyakit kardio, Anda tidak hanya perlu rutin memakan makanan sehat dan berolahraga. Anda juga bisa mengonsumsi buah tin untuk meminimalisir resiko terkena penyakit jantung koroner. Omega 3, omega 6, fosfor, fenol dan magnesium adalah zat yang dapat meminimalisir masalah jantung koroner.

13.  Sebagai Makanan Alami Untuk Orang yang Memiliki Diabetes

Orang yang memiliki diabetes tidak boleh memakan makanan yang tinggi sukrosa, glukosa maupun fruktosa. Walaupun ada glukosa dan fruktosa dalam buah tin, namun ajaibnya kedua zat tersebut tidak mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh orang yang menderita penyakit diabetes. Dengan konsumsi secukupnya, buah ini bahkan dapat mencegah penyakit diabetes.

14.  Mengatasi Kadar Kolesterol Berlebih

Kolesterol berlebih dapat memicu munculnya berbagai penyakit. Oleh sebab itu, kolesterol jahat harus dikeluarkan dari tubuh. Berdasarkan ahli nutrisi, serat larut pektin dalam buah tin dapat menurunkan tingkat kolesterol yang berlebih di dalam tubuh. Pektin yang terserap di tubuh akan menggiring kolesterol dan mengeluarkannya bersama zat hasil ekskresi seperti feses, air seni, serta keringat.

15.  Mencegah Kanker

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan tumbuhnya sel abnormal yang bisa berkembang menjadi kanker berbahaya. Agar terhindar dari kanker, Anda bisa mengonsumsi buah tin secara rutin. Buah Tin mengandung polifenol yang bisa menangkal radikal bebas sebelum aktif menjadi sel kanker.

16.  Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Manfaat selanjutnya adalah sebagai makanan untuk meminimalisir resiko serangan jantung. Salah satu faktor penyebab serangan jantung adalah tingginya kadar natrium. Kalium dalam buah tin dipercaya dapat menyeimbangkan kadar natrium sehingga tidak terjadi masalah pada sistem kardio.

17.  Menguatkan Tulang dan Meminimalisir Pengeroposan Tulang

Buah tin atau buah ara mengandung kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang. Bahkan, kandungan mineral tersebut lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam susu. Apabila Anda rutin mengonsumsi buah tin sejak muda, resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis bisa diminimalisir ketika memasuki usia tua.

18.  Menyehatkan Gigi Pada Anak-Anak

Manfaat lainnya dari buah tin adalah membantu menyehatkan gigi pada anak-anak. Seperti yang kita tahu, usia anak-anak merupakan saat dimana tulang dan gigi harus tumbuh secara optimal. Oleh karena itu, mineral seperti fosfor dan kalsium yang terdapat dalam buah tin bisa menunjang kesehatan gigi mereka.

19.  Solusi Efektif Untuk Orang yang Memiliki Anemia

Kurang darah atau anemia merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan penderitanya terlihat pucat, lesu dan bahkan sering pingsan. Masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah tin. Zat besi yang terdapat dalam buah tin bermanfaat untuk meningkatkan produksi hemoglobin secara optimal.
20.  Solusi Efektif Untuk Gangguan Insomnia

Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh universitas Yale terhadap hubungan buah tin dengan insomnia, ditemukan bahwa zat triptofan dalam buah tin dapat memberikan efek menenangkan dan merilekskan pikiran agar orang terkait bisa tidur nyenyak. Selain mengonsumsi buah ini, Anda juga harus menghindari kopi setelah jam 2 siang serta faktor pemicu lainnya.

21.  Mengobati Wasir dan Ambeien

Manfaat buah tin yang bahkan telah diketahui sejak zaman Rasulullah adalah sebagai obat herbal untuk penyakit wasir dan ambeien. Flavonoid dalam buah tin dipercaya mampu mengurangi peradangan yang memperparah kondisi wasir dan ambeien seseorang. Untuk mendapatkan manfaat ini, orang dengan penyakit terkait harus mengonsumsi buah tin minimal 1 butir dalam sehari.

22.  Sebagai Obat Sembelit

Buah tin mengandung serat yang memiliki sifat laktasif terhadap masalah sembelit atau susah buang air besar. Karena itu, tidak heran jika buah ini telah lama dimanfaatkan sebagai obat pencahar herbal. Selain mengatasi masalah tersebut, konsumsi rutin buah ini juga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

23.  Mengatasi Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan seperti asma yang terjadi akibat infeksi bakteri pada saluran pernapasan bisa diatasi dengan mengonsumsi buah tin. Buah tin mengandung zat yang bersifat antiseptik sehingga dapat membunuh bakteri dalam organ pernapasan. Mereka yang memiliki infeksi pernapasan bisa memakan buah tin segar atau membuatnya menjadi jus.

24.  Mencegah Tumor Di Organ Tubuh

Buah yang juga disebut buah ara ini juga mampu mengatasi tumor di organ tubuh. Daripada menggunakan obat kimia yang bisa berefek samping, akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan herbal seperti buah tin. Senyawa fenol dan benzaldehide dalam buah tin dianggap mampu menonaktifkan pertumbuhan virus, jamur, atau bakteri yang memicu tumor.

25.  Mengatasi Sakit Pada Tenggorokan

Salah satu dari sekian banyak manfaat buah tin untuk kesehatan adalah mengatasi penyakit tenggorokan. Buah tin mengandung lendir yang bisa melembabkan tenggorokan. Orang yang memiliki masalah tenggorokan bisa memakan langsung buah tin segar atau kering maupun membuatnya menjadi minuman.

26.  Mengatasi Bisul dan Abses

Penyakit kulit seperti bisul dan abses yang muncul akibat alergi atau infeksi bisa diatasi dengan buah tin. Sebagai pengobatan kulit, Anda cukup mengoleskan buah tin yang telah dihaluskan ke bagian kulit yang bisul. Setelah didiamkan dan mengering, bagian kulit tersebut kemudian dibilas menggunakan air hangat.

27.  Menjaga Kesehatan Seksual Pada Pria

Buah tin tidak hanya berguna bagi wanita. Coumarins dalam buah tin yang sering dikonsumsi kaum pria dapat mencegah pria terkena kanker prostat. Selain itu, buah tin juga bisa dibuat menjadi ramuan untuk menjaga gairah seksual pria.

28.  Menyembuhkan Luka

Manfaat buah tin lainnya adalah membantu proses penyembuhan luka baru. Hal ini dikarenakan adanya zat antiseptic dalam buah tin. Anda hanya perlu mengoleskan buah tin yang dibelah ke area luka.

29.  Meluruhkan Batu Ginjal

Selain mengonsumsi buah tin untuk membuat batu ginjal luruh bersama air kencing, Anda juga perlu membuat ramuan dari daun tin. Daun tin cukup direbus dan dikonsumsi sehari sekali.  Zat saponin dan alkaloid yang bersifat diuretic akan membuat batu ginjal keluar bersama air seni.

30.  Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Sensitivitas hormon insulin diperlukan untuk memecah glukosa dalam darah. Apabila insulin tidak bekerja secara efektif, glukosa dalam darah akan semakin meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin agar kadar gula darah terkontrol serta hormon insulin bekerja efektif, Anda harus mengonsumsi buah tin.

Demikian beberapa info seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah tin yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon