Rabu, 18 Januari 2017

Inilah 16 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Salak merupakan salah satu buah yang bisa tumbuh di daerah tropis. Buah yang tampilannya seperti sisik itu ternyata sangat digemari oleh banyak orang. Dibalik rasanya yang manis agak keasaman ini ternyata buah salak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika dilihat dari segi tampilan memang buah salak ini tidak terlalu menarik, namun ternyata buah salak memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Terlepas dari rasanya yang asam manis, buah salak sangat baik bila dikonsumsi secara langsung. Agar bisa mendapatkan kandungan gizi secara maksimal dari buah salak disarankan untuk tidak membuang kulit arinya. Apa saja kandungan gizi dari buah salak? mari kita simak pembahasan dibawah ini.


3 Kandungan Gizi Terbaik Dari Buah Salak   



1.  Beta Karoten

Kandungan pertama buah salak yakni senyawa beta karoten. Senyawa tersebut sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Berdasarkan penelitian menyimpulkan bahwa kandungan senyawa beta karoten pada buah salak 5 kali lebih besar dari buah semangka dan buah mangga. Jadi untuk menjaga kesehatan mata, Anda tidak harus mengonsumsi wortel saja namun juga bisa menggantinya dengan buah salak.

2.  Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah salak ternyata cukup tinggi, yaitu sekitar 10% atau setara dengan 8,4 miligram. Vitamin C ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk melindungi dari serangan berbagai virus. Vitamin C pada buah salak juga bisa dijadikan obat bagi penderita sariawan, panas dalam dan bibir pecah-pecah.

3.  Serat

Selama ini masyarakat percaya dengan mitos yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah salak akan mengakibatkan kita sulit untuk BAB. Namun, mitos tersebut tidak 100% benar. Pada buah salak terdapat kulit ari yang mengandung serat. Kandungan serat itulah yang membantu untuk memudahkan BAB, jadi bila Anda memakan buah salak jangan membuang kulit arinya.

Selain itu, masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat di dalam buah salak diantaranya adalah karbohidrat, zat besi, protein, kalsium, fosfor dan potasium. Dengan banyaknya kandungan gizi pada buah bersisik tersebut maka tidak heran bila memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

1.  Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat buah salak yang mungkin tidak banyak diketahui orang-orang adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan pektin dan potasium yang terdapat pada buah salak tersebut memiliki peran untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tidak hanya itu, kandungan potasium dan pektin juga berguna untuk pengendali fungsi jantung, fisiologi serta mengobati penyakit kanker prostat.

2.  Mengobati Diare

Jika Anda terserang penyakit diare jangan langsung mengonsumsi obat-obatan dari bahan kimia. Cobalah untuk mengonsumsi buah seperti salak. Buah salak bisa dijadikan sebagai obat penyakit diare. Cukup dengan mengonsumsi sebanyak 20 gram buah salak yang masih muda untuk mengurangi diare.

3.  Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah salak dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan tulang. Khususnya bagi ibu hamil, manfaat buah salak bisa dijadikan untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Sehingga janin bisa tumbuh dengan tulang yang kuat. 
4.  Menjaga Stamina

Selain digunakan untuk membentuk jaringan tulang pada janin, kalsium di dalam buah salak juga memiliki peran penting untuk ibu hamil dalam menyiapkan kelahirannya. Dengan asupan kalsium yang didapat dari buah salak, membuat stamina ibu hamil menjadi lebih terjaga. Kalsium harian yang dibutuhkan oleh ibu dan janinnya pun bisa tercukupi.

5.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam tubuh. Jika terdapat gangguan pada jantung otomatis semua bagian organ lainnya pun ikut terganggu. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan jantung dengan cara mengonsumsi buah-buahan seperti salak. Kandungan kalium pada salak dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

6.  Mencegah Obesitas

Pada buah salak terkandung serat yang berguna untuk menjaga berat badan tetap ideal. Pada ibu hamil masalah yang biasa terjadi adalah kelebihan berat badan. Untuk bisa menjaga berat badan agar tetap ideal adalah salah satunya dengan mengonsumsi buah salak.

7.  Program Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet tentunya harus mengurangi porsi makan setiap harinya dan menggantikannya dengan makanan lain yang bisa memberikan rasa kenyang. Pada buah salak terkandung serat yang mampu memberikan rasa kenyang. Selain itu, terdapat juga kandungan fitonutrien, tanin dan vitamin C yang bisa membantu menjalankan program diet Anda.

8.  Membantu Melancarkan Pencernaan

Buah salak terdiri dari flavonoid, beta karoten, saponin, tanin dan kalsium yang memiliki manfaat untuk menjaga sistem imunitas pada tubuh. Manfaat kandungan tanin pada buah salak bisa dijadikan sebagai obat diare sehingga sistem pencernaan padan tubuh menjadi lancar.

9.  Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, buah salak juga dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten bisa menjaga kesehatan mata kita agar tetap fokus. Kesehatan mata tidak boleh disepelekan maka dari itu untuk mengganti wortel, Anda bisa memanfaatkan buah salak.

10.  Mengobati Rabun Jauh

Jika selama ini Anda mengira bahwa hanya wortel saja yang dapat mengobati rabun jauh, sekarang Anda sudah tahu ada buah lainnya yang mampu mengobati rabun jauh, yaitu salak. Kandungan vitamin A tinggi yang ada pada buah salak mampu meningkatkan ketajaman mata dalam memandang obyek dan melihat cahaya. Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan dari bahan kimia, cukup dengan makan salak dan wortel sudah mampu mengurangi rabun jauh Anda.

11.  Mengatasi Anemia

Di dalam buah salak terdapat kandungan zat besi dan tiamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Manfaat buah salak untuk kesehatan dengan kandungan tersebut adalah mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Pada ibu hamil, sangat diperlukan asupan zat besi yang cukup agar tidak kekurangan oksigen untuk dirinya maupun janinnya.

12.  Mencegah Kanker

Banyak orang yang bersusah payah mencari obat untuk bisa mengobati penyakit kanker. Namun, sebelum terlambat ada baiknya Anda mencegah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti salak. Pada buah salak terdapat zat anti kanker yang berada pada kulit arinya. Jadi setiap makan buah salak usahakan untuk tidak membuang kulit arinya, karena disitulah terdapat banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan manusia.

13.  Sebagai Agen Antioksidan

Salah satu jenis buah yang mengandung beta karoten adalah buah salak. Senyawa beta karoten ini berfungsi sebagai zat antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan ini sangat diperlukan untuk tubuh agar menangkal serangan radikal bebas yang didapat dari lingkungan sekitar. Hebatnya, kandungan beta karoten pada buah salak 3 kali lebih tinggi dari buah mangga.

14.  Mencegah Penuaan Dini

Bagi wanita penampilan menjadi segala-galanya maka dari itu berbagai cara dilakukan agar tetap terlihat awet muda. Untuk bisa mencegah penuaan dini, Anda tidak perlu menggunakan cream atau obat-obatan berbahan kimia. Disarankan konsumsilah buah salak, karena terdapat kandungan yang dipercaya mampu untuk mengatasi masalah penuaan dini.
15.  Mengobati Gangguan Asam Lambung

Manfaat buah salak untuk kesehatan berikutnya adalah mengatasi permasalahan penyakit asam lambung. Khususnya bagi ibu hamil biasanya rentan terkena penyakit asam lambung, karena sering mengalami mual dan muntah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah salak secukupnya.

16.  Membantu Membentuk Sistem Memori Janin

Ketika dalam masa kehamilan, bukan hanya ibunya saja yang harus mendapatkan asupan gizi yang cukup, janinnya pun harus mendapatkannya. Dalam proses pembentukan tubuh janin, diperlukan senyawa pektin yang berguna untuk membentuk sistem memori janin. Senyawa pektin tersebut bisa didapatkan dari buah salak.

Untuk ibu hamil memang tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi buah salak, asalkan tidak berlebihan. Sayangnya, bagi penderita tifus dan maag tidak disarankan untuk mengonsumsi buah salak, karena dikhawatirkan justru akan mengganggu kesehatan usus. Demikianlah informasi mengenai kandungan dan manfaat buah salak bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon