Sabtu, 21 Januari 2017

20 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pastinya semua orang sudah tidak asing lagi dengan buah rambutan. Buah yang termasuk dalam tanaman tropis ini sangat populer, karena mudah ditemui jika musimnya telah tiba. Rambutan bisa dengan mudah tumbuh di hampir setiap daerah yang ada di Indonesia. Hampir semua orang menyukainya, karena banyaknya manfaat buah rambutan.

Buah rambutan memiliki rasa yang unik yakni perpaduan antara rasa manis dan rasa asam. Bagi beberapa masyarakat ada yang menganggap bahwa warna rambutan yang merah menandakan rasa yang manis namun nyatanya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, selain merah ada juga rambutan yang berwarna merah kekuningan yang rasanya tidak kalah manis.

Buah yang lebih nikmat jika dikonsumsi secara langsung ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan buah tropis lainnya. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dan manfaat buah rambutan setara dengan buah apel dan jeruk.


Kandungan Nutrisi Buah Rambutan



1.  Vitamin A

Tidak hanya wortel saja yang dapat menyehatkan mata. Sama halnya dengan wortel, di dalam buah rambutan terdapat Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Jadi bagi Anda yang kurang menyukai buah wortel bisa menggantinya dengan buah rambutan.

2.  Vitamin C

Bagi Anda yang sering mengeluhkan sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah dan sariawan bisa mencoba untuk mengonsumsi buah rambutan. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah rambutan mampu menguatkan kembali sistem daya tahan tubuh akibat dari penyakit tersebut. Vitamin C pada buah rambutan juga dipercaya mampu menjaga dan melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas.

3.  Zat Besi

Bagi Anda yang menyukai buah rambutan maka sangat beruntung, karena di dalam buah tersebut terdapat sumber zat besi yang berguna untuk mengatasi anemia. Kandungan mineral zat besi tersebut memiliki peran untuk meningkatkan produksi eritrosit atau sel darah merah. Jadi bagi Anda yang sering merasa pusing dan cepat lelah ketika beraktivitas disarankan mengonsumsi buah rambutan.

4.  Karbohidrat

Selain dapat mengatasi anemia, buah rambutan juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh dengan cepat. Sehingga Anda tidak mudah lelah ketika sedang melakukan aktivitas yang padat. Hal tersebut dikarenakan pada buah rambutan terdapat kandungan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh manusia.

5.  Tembaga

Kandungan tembaga pada buah rambutan ternyata sangat diperlukan oleh tubuh manusia untuk menguatkan sistem imunisasi tubuh. Zat tembaga akan memproduksi sel darah putih. Sel darah putih inilah yang digunakan untuk menangkal berbagai virus yang dapat membahayakan tubuh manusia.

Ternyata kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah rambutan cukup banyak. Tentunya juga terdapat banyak manfaat buah rambutan yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Penasaran apa saja manfaat dari buah rambutan? mari kita simak ulasan dibawah ini.


Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1.  Kesehatan Ginjal

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan salah satunya adalah untuk ginjal. Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi sebagai detoksifikasi. Di dalam ginjal memungkinkan masih terdapat toksin yang tertinggal. Maka dari itu kandungan fosfor dan mineral yang terkandung di dalam rambutan bisa membersihkan toksin di ginjal.

2.  Mencegah Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit yang satu ini sangat susah untuk disembuhkan sehingga banyak memakan korban jiwa. Sebelum terlambat ada baiknya Anda mencegahnya dengan mengonsumsi buah rambutan secara rutin.

3.  Mengobati Hipertensi

Manfaat buah rambutan untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati hipertensi. Penyakit yang satu ini kerap menjadi momok menyeramkan khususnya bagi para kalangan usia lanjut. Jika hipertensi dibiarkan maka akan berdampak pada kesehatan jantung. Maka, untuk mengurangi penyakit hipertensi Anda bisa mengonsumsi buah rambutan sebagai pengganti obat-obatan berbahan kimia.
4.  Mengobati Penyakit Radang

Penyakit radang bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Bisa radang tenggorokan, radang sendi hingga radang paru-paru. Penyakit radang tidak bisa dianggap sepele, karena jika didiamkan justru akan semakin parah. Untuk mencegahnya Anda bisa mengonsumsi buah rambutan.

5.  Mengobati Anemia

Banyak orang yang menyepelekan penyakit yang satu ini. Padahal jika tidak segera ditangani maka badan akan semakin lemas. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengonsumsi buah rambutan. Di dalam buah rambutan terdapat kandungan zat besi yang tinggi berguna untuk meningkatkan aliran oksigen di dalam tubuh.

6.  Menurunkan Kolestrol

Rata-rata kalangan usia lanjut usia mengalami permasalahan kolestrol. Pola makan yang tidak teratur serta sering mengonsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan kolestrol. Maka disarankan untuk mengonsumsi buah rambutan, karena buah ini terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh.

7.  Obat Diare

Penyakit diare mungkin dianggap sebagai penyakit ringan. Namun, diare akan bertambah parah jika terus menerus kekurangan cairan sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk menyembuhkannya bisa dengan bahan alami seperti mengonsumsi buah rambutan. Dengan mengonsumsi buah rambutan maka organ pencernaan akan terlindungi.

8.  Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit akibat dari infeksi pada usus sehingga menyebabkan diare yang disertai dengan lendir dan pendarahan. Untuk mengobati penyakit disentri, Anda bisa memanfaatkan kulit rambutan yang telah dicuci bersih, lalu direbus. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari agar penyakit disentri bisa sembuh.

9.  Menurunkan Demam Pada Anak

Jika anak Anda mengalami demam cobalah untuk memanfaatkan kulit rambutan. Caranya cukup dengan mencuci rambutan kering, lalu rebus dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan kulit rambutan tersebut tiga kali sehari hingga demam mulai turun.

10.  Mengobati Diabetes

Tidak hanya buah dan kulitnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, bagian biji dari buah rambutan juga ternyata memiliki manfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Caranya, ambil biji rambutan yang telah dicuci bersih, lalu sangrai tanpa minyak dengan api kecil. Tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut, lalu serbuknya di seduh dengan air panas.

11.  Mengobati Sariawan

Sakit sariawan memang tidak mengenakan, karena akan membuat kita susah makan. Jika tidak diobati secara tepat dan cepat maka sariawan akan lama sembuhnya. Untuk bisa cepat sembuh Anda bisa memanfaatkan biji dari buah rambutan.

12.  Mengobati Sakit Pinggang

Pernah mengalami sakit atau nyeri di bagian pinggang? untuk mengobatinya cobalah untuk memanfaatkan biji rambutan. Kandungan flavanoid dan methanol pada rambutan bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang. Jadi, mulai dari sekarang jangan langsung membuang biji rambutannya.

13.  Sebagai Program Diet

Selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata buah rambutan juga bisa digunakan untuk menjalankan program diet. Kandungan kalori yang terdapat di dalam buah rambutan bisa menjadi sumber energi pengganti. Namun, disarankan untuk mengonsumsi buah lainnya selain rambutan agar bisa mendapat asupan kalori yang tepat.

14.  Membantu Perkembangan Janin

Ketika masa kehamilan, asam folat sangatlah dibutuhkan. Untuk bisa mendapatkan asupan asam folat bagi ibu hamil bisa dengan cara mengonsumsi buah rambutan. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah rambutan bermanfaat untuk perkembangan janin dan otaknya.

15.  Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Ketika sedang hamil banyak ibu yang mengeluhkan gangguan pada otot maupun tulang. Maka untuk menjaganya bisa dengan cara mengonsumsi buah rambutan. Kandungan fosfor dan kalsium pada buah rambutan sangat baik untuk pembentukan tulang pada janin dan juga menjaga kesehatan tulang dan otot ibunya.

16.  Mencegah Penuaan Dini

Aktivitas diluar rumah yang padat ternyata bisa memberikan dampak terhadap kulit wajah Anda, apalagi jika kulit wajah sering terpapar sinar matahari dan polusi. Efek radikal bebas dari polusi tersebut dapat menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan dini. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan biji rambutan dengan cara dikonsumsi secara langsung atau mencampurkannya dengan bahan lain.

17.  Mencegah Kulit Kusam

Manfaat biji buah rambutan untuk kecantikan lainnya adalah mencegah kulit kusam. Caranya, haluskan biji rambutan yang telah dibersihkan, lalu campurkan ke dalam makanan yang disajikan. Konsumsilah layaknya menyantap makanan biasa.

18.  Mencerahkan Wajah

Memiliki wajah yang cerah merupakan idaman bagi setiap orang. Untuk bisa mendapatkan kulit cerah, Anda tidak perlu make up yang tebal, karena bagian kulit dari buah rambutan memiliki manfaat untuk kecantikan wajah. Cukup gunakan masker dari kulit rambutan dengan cara mencuci bersih kulit rambutan, lalu blender hingga menjadi pasta. Pasta itulah yang Anda jadikan sebagai masker wajah.

19.  Menghitamkan Rambut Beruban

Tidak hanya buah, biji dan kulitnya saja yang bermanfaat, bagian daunnya juga ternyata memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut yang beruban. Caranya, tumbuk daun rambutan sampai halus lalu oleskan secara merata ke rambut.
20.  Menutrisi Kulit Rambut

Manfaat buah rambutan untuk kecantikan yang terakhir adalah untuk menutrisi kulit rambut. Banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Maka dari itu, diperlukan perawatan khusus,  yaitu dengan cara menggunakan hair mask dari buah rambutan. Anda bisa melakukannya secara rutin di rumah.

Jika diteliti lebih dalam lagi masih banyak manfaat buah rambutan yang bisa Anda rasakan. Di dalam buah rambutan terkandung nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Demikianlah informasi tentang manfaat dari buah rambutan mulai dari buah hingga ke daunnya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal konsumsilah secara rutin namun tidak berlebihan.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon