Selasa, 17 Januari 2017

20+ Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nampaknya, belum banyak orang yang mengetahui mengenai manfaat buah pir. Padahal manfaat buah tersebut tidak kalah banyak dari buah-buah lainnya, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Wajar saja karena sebenarnya pir bukanlah buah asli Indonesia, melainkan berasal dari negara di Eropa Barat.

Meski demikian, pir sangat disukai oleh penduduk Indonesia. Hal ini dikarenakan pir memiliki banyak kandungan air sehingga cocok untuk dijadikan pelepas dahaga terutama di negara tropis seperti Indonesia. Jika digigit daging buahnya sangat renyah dan empuk. Kulit buah yang matang berwarna kuning pucat berbintik coklat dan daging buah berwarna putih.

Mengenai kandungan nutrisinya, pir merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Ia memiliki sejumlah nutrisi pokok dan sejumlah nutrisi mikro lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan mengenai kandungan serta manfaat buah pir berikut.


Kandungan Nutrisi Buah Pir


Telah disinggung di atas bahwa buah pir memiliki sejumlah nutrisi makro (pokok) dan mikro. Makro menandakan bahwa nutrisi tersebut terdapat pada buah pir dalam jumlah besar, sedangkan mikro hanya sedikit. Meski demikian, keduanya sama penting karena memiliki peran masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh. Langsung saja, berikut kandungan nutrisi dalam 100 gr buah pir yang dihimpun dari data USDA Nutrient Nasional.

1.  Nutrisi Makro

Buah pir memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 15.4 gr. Ia juga memiliki kandungan gula sebanyak 9.8 gr dan serat sebanyak 3 gr. Untuk proteinnya, pir hanya memiliki sebanyak 0.38 gr dan tidak memiliki lemak. Sedangkan jumlah kalori di dalamnya sebesar 58 kkal.

2.  Nutrisi Mikro

Buah pir hampir mencukupi kebutuhan akan semua jenis vitamin B. Ia mengandung vitamin B1 sebesar 0.012 mg, B2 0.025 mg, B3 0.157 mg, B5 0.048 mg, B6 0.028 mg dan B9 7 mg. Ia juga mengandung vitamin C sebanyak 4.2 mg. Selain itu buah pir juga mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, seng, kalium dan tembaga.

Itulah sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gr buah pir. Dengan mengonsumsi satu buah pir tentu Anda akan mendapatkan asupan nutrisi yang berlipat, karena ukuran buah pir sedang saja bisa mencapai 170gr. Lalu bagaimana dengan manfaat dari masing-masing nutrisi tersebut? Tenang saja, di bawah ini akan langsung dibahas mengenai manfaat buah pir secara lengkap.


Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah pir tak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, namun ia juga dapat membuat kulit wajah Anda menjadi semakin menawan. Apakah bisa? Tentu saja iya, karena buah pir mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang mana sangat berguna untuk menjaga kulit dari radikal bebas. Berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan.

1.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pir yang pertama, yaitu untuk meningkatkan sistem imun. Dikatakan demikian karena buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang mana keberadaannya akan merangsang produksi sel darah putih. Di dalam tubuh sel darah putih dikenal sebagai antibodi. Maka dari itu dengan rutin mengonsumsi pir setiap hari dipastikan sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat.

2.  Menjaga Gula Darah

Manfaat buah pir untuk kesehatan selanjutnya, yaitu menjaga gula darah. Hal ini agaknya kurang bisa dimengerti, karena buah pir memiliki kandungan gula yang tinggi. Memang benar, namun hal tersebut diimbangi dengan rendahnya indeks gliserin pada buah tersebut. Selain itu tingginya serat di dalamnya juga turut membantu dalam mengontrol gula darah.

3.  Sebagai Sumber Energi

Telah Anda ketahui bahwa buah pir mengandung cukup banyak karbohidrat dan gula. Tentu saja hal tersebut cukup untuk Anda jadikan makanan sumber energi ketika sedang menjalani diet atau hanya sekedar untuk pengganjal perut.

4.  Sebagai Sumber Antioksidan

Vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Itulah salah satu manfaat buah pir untuk kecantikan yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Dikatakan demikian, karena radikal bebas akan membuat kulit menjadi tidak sehat, seperti kering, kusam dan keriput.

5.  Mengurangi Peradangan

Satu lagi manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu mengurangi peradangan karena ia memiliki sifat sebagai anti-inflamasi alami. Berbagai masalah peradangan tentu bisa diatasi dengan mudah jika Anda rutin mengonsumsi buah satu ini. Selain itu sifat anti radang buah pir juga bisa Anda jadikan cara untuk mengurangi pembengkakan di sekitar area wajah yang berjerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker atau hanya sekedar mengoleskan potongan buahnya pada area jerawat.

6.  Menurunkan Resiko Kanker

Lagi-lagi manfaat satu ini akibat ulah dari antioksidan. Pasalnya antioksidan dalam pir memiliki sifat antikarsinogenik yang sangat diunggulkan dibandingkan dengan buah lainnya. Ia dikaitkan dalam pencegahan beragam jenis kanker, seperti paru-paru, prostat, usus dan rektum.
7.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Penyembuhan luka merupakan peran dari asam karbonat atau vitamin C itu sendiri. Hal ini dikarenakan vitamin C bertanggung jawab atas pembentukan sel dan jaringan baru pada ogran-organ di seluruh tubuh manusia. Lantas apa hubungannya? Jadi, ketika tangan tergores dan mengeluarkan darah, secara otomatis hal tersebut membuat sel menjadi rusak dan nantinya vitamin C akan menggantinya dengan membentuk sel baru.

8.  Terhindar Dari Osteoporosis

Buah pir juga mengandung kalsium, mangan, magnesium, fosfor, yang mana baik untuk kesehatan tulang. Meskipun tidak dalam jumlah yang banyak namun setidaknya kalsium dalam pir sudah cukup untuk menyempurnakan atau mewakili asupan kalsium Anda per harinya.

9.  Baik Untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah merah. Hal tersebut bisa terjadi,  karena asupan zat besi dalam tubuh kurang memadai. Akibatnya produksi sel darah merah menjadi terhambat dan mengakibatkan kelelahan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda rutin mengonsumsi pir, karena di dalamnya terdapat zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

10.  Cocok Sebagai Menu Diet

Jika Anda sedang menjalani diet, maka disarankan untuk memasukan buah pir ke dalam daftar menu diet. Dikatakan demikian karena buah pir memiliki kandungan kalori yang sangat rendah jika dibandingkan dengan buah lainnya. Meski demikian tidak perlu khawatir kekurangan energi, karena kandungan karbohidrat dan nutrisi lainnya sangatlah banyak.

11.  Baik Untuk Ibu Hamil

Tentu Anda sudah tahu bukan bahwa folat merupakan nutrisi yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para ibu hamil? Hal ini tak lain karena folat (vitamin B9) dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah cacat pada janin. Selain itu, kandungan protein dalam buah pir juga akan membantu meningkatkan kecerdasan dan menyuburkan rambut bayi Anda kelak.

12.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah pir selanjutnya, yaitu untuk melancarkan saluran pencernaan. Hal ini sudah jelas karena adanya kandungan serat yang cukup tinggi. Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet, karena serat tinggi juga akan membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

13.  Mengatasi Masalah Penuaan Dini

Salah satu tanda Anda terkena radikal bebas, yaitu terjadinya penuaan dini yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus di wajah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, maka rajinlah mengonsumsi buah pir, karena kandungan antioksidannya dapat membantu kulit menangkal radikal bebas.

14.  Menyehatkan Kulit

Manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini nampaknya sudah tidak perlu dipertanyakan. Pasalnya vitamin C, antioksidan dan kadar air yang cukup tinggi akan membuat kulit menjadi sehat. Selain itu kandungan serat juga dapat membantu mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

15.  Melembabkan Kulit

Pir mengandung humectants alami, yaitu suatu senyawa yang berfungsi untuk melembabkan kulit dengan cara mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Sudah jelas dengan rutin mengonsumsinya Anda bisa mendapatkan manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini. Supaya lebih maksimal, imbangi juga dengan asupan air putih yang cukup ya!

16.  Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Kulit berminyak sangat berbeda dengan kulit lembab ya! Kulit sehat ditandai dengan sifat kulit yang lembab, kenyal dan kencang, sedangkan jika berminyak merupakan tanda bahwa kulit Anda sedikit mengalami masalah. Maka dari itu supaya dapat merasakan manfaat buah pir untuk kecantikan satu ini, ada baiknya Anda rutin menggunakan masker buah pir. Dengan begitu sekresi kelenjar sebaceous (kelenjar yang memproduksi minyak) akan mengalami penurunan.

17.  Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Tahukah Anda bahwa antioksidan juga dapat membantu kulit wajah terhindar dari jerawat? Ini sangat erat hubungannya dari manfaat antioksidan itu sendiri. Maksudnya, antioksidan akan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat. Jadi Anda bisa bayangkan jika kulit wajah tidak sehat, otomatis akan banyak sel-sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat.

18.  Menyehatkan Bibir

Siapa sangka bahwa dengan mengonsumsi buah pir, bibir Anda sekalipun juga akan merasakan manfaatnya. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang ada di dalamnya akan membantu sel-sel dalam bibir terhidrasi lebih lama sehingga menjadi tetap sehat. Jika Anda ingin merasakan manfaat buah pir untuk kecantikan ini maka rutinlah mengonsumsi buahnya ya!

19.  Membantu Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Selain radikal bebas banyak faktor yang menyebabkan sel kulit mati, salah satunya yaitu tidur berlebihan, marah dan depresi. Jika kulit mati menumpuk maka akan menimbulkan kerutan di wajah dan membuat wajah menjadi tidak sehat. Dengan adanya vitamin C dan antioksidan pada buah pir hal tersebut tentu bisa dihindari.

20.  Menyehatkan Rambut

Buah pir yang matang mengandung sorbitol dan glusitol. Keduanya merupakan alkohol gula alami yang dapat menutrisi rambut dan kulit kepala, tetap sehat dan lembab.

21.  Menjaga Tekanan Darah

Manfaat buah pir untuk kesehatan yang terakhir, yaitu menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam buah pir akan membuat sistem kardiovaskular menjadi rileks sehingga pembekuan darah bisa dihindari. Maka dari itu konsumsilah kalium dari buah pir ini secara rutin, karena tanpanya fungsi penting dalam tubuh akan menjadi lambat.

Itulah kandungan dan beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi Anda. Mulailah rutin mengonsumsi buah pir untuk merasakan manfaatnya.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon