Minggu, 22 Januari 2017

Mengenal Manfaat Buah Pinang Muda dan Efek Sampingnya

Pinang merupakan tumbuhan yang mirip sekali dengan pohon kelapa, namun keduanya sebenarnya jauh berbeda. Dari segi buahnya, kelapa berbentuk bulat dengan ukuran hampir sebesar bola voli, sedangkan buah pinang kecil dan berukuran lebih besar dari bola bekel. Buah pinang tidak dikonsumsi layaknya kelapa, dan penggunaannya hanya sebatas untuk kegiatan nginang / nyirih. Padahal belakangan diketahui bahwa ternyata manfaat buah pinang sangatlah banyak.

Benarkah demikian? Mengenai kebenarannya memang belum bisa dipastikan, namun beberapa penelitian mengenai khasiat buah pinang ini sudah banyak dilakukan. Salah satu yang menarik perhatian, yaitu penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari universitas ternama di Yogyakarta. Penelitian mereka memperoleh hasil bahwa ternyata ektstrak etanolik dari buah pinang memiliki efek antioksidan dan bisa digunakan sebagai agen sitotoksik untuk terapi kanker.

Namun hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut akan hal itu. Padahal hal tersebut sangat menarik disimak untuk menjawab rasa penasaran yang ada. Pasalnya ada pendapat di lapangan yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi pinang dapat memicu penyakit kanker. Untuk membuktikan benar atau tidaknya pendapat tersebut mari diteliti dahulu dengan melihat dari segi manfaat buah pinang.


10 Manfaat Buah Pinang Muda


Manfaat Buah Pinang Muda

Nampaknya khasiat mengenai buah pinang ini memang belum banyak terekspos publik. Dikatakan demikian karena banyak sekali ulasan mengenai manfaat pinang tanpa didasari teori yang jelas, yaitu dari kandungan nutrisinya. Meski demikian, berikut akan tetap disampaikan sedikit informasi mengenai manfaat buah pinang muda ditinjau dari kandungan nutrisinya.

1.  Sebagai Obat Sakit Gigi

Salah satu penyebab sakit gigi, yaitu adanya infeksi bakteri di dasar gigi. Jika tidak diobati secara tepat, maka mustahil gigi Anda akan segera sembuh dan normal seperti sedia kala. Solusinya Anda bisa menggunakan buah pinang sebagai obat alternatif, karena di dalamnya mengandung senyawa yang bersifat antibakteri.

Selain itu penggunaan pinang juga akan menyehatkan gigi Anda. Terbukti dari kegiatan nginang yang sering dilakukan para sesepuh. Dari hal itu Anda tidak mendapati mereka mengalami gangguan pada area mulut terutama gigi bukan?

2.  Terhindar Dari Mulut Kering

Selain untuk menyehatkan gigi, kegiatan nginang juga dapat membuat Anda terhindar dari mulut kering. Nginang / nyirih sendiri adalah suatu kegiatan mengonsumsi buah pinang yang dicampur kapur sirih dan dibungkus dengan daun sirih, lalu dikunyah secara terus menerus. Ternyata kegiatan yang dilakukan turun temurun tersebut memang bukan tanpa alasan, karena buah pinang akan membuat kelenjar ludah menghasilkan ludah lebih banyak.

3.  Mengatasi Nyeri Pinggang

Banyak faktor yang menyebabkan Anda mengalami nyeri pinggang, salah satunya yaitu kakunya otot di area pinggang. Namun Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memanfaatkan buah pinang yang telah ditumbuk dan dihangatkan. Oleskan ramuan tersebut pada pinggang dan dijamin rasa nyeri akan segera hilang, karena hal tersebut diyakini mampu menghambat rangsangan penyebab nyeri otot.

4.  Sebagai Obat Alami Penyakit Cacingan

Manfaat buah pinang muda dipercaya dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit cacingan. Hal ini bukanlah tanpa dasar, karena pinang muda mengandung senyawa arecoline yang mana bertugas untuk membasmi cacing dalam tubuh.

5.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Mungkin Anda pernah mengalami suatu peristiwa seperti tangan tergores benda tajam namun luka tak kunjung kering / menutup. Jika memang pernah dan hal tersebut terulang kembali, maka cobalah obati dengan menggunakan buah pinang yang telah dihaluskan. Dikatakan demikian karena buah pinang mengandung senyawa yang memiliki sifat hemostatik dan astringent yang mana berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada luka.

6.  Sebagai Obat Alami Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang sering menyerang manusia adalah kudis dan biasanya disebabkan oleh penggunaan air kotor untuk mandi atau aktivitas lainnya. Padahal sudah jelas bahwa air kotor sangat penuh dengan beragam bakteri berbahaya. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan senyawa dalam buah pinang yang bersifat antibakteri untuk mengobatinya. Caranya, yaitu campur parutan buah pinang muda dengan air dan kapur sirih secukupnya, lalu oleskan pada bagian kudis.

7.  Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Difteri

Difteri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan sangat menular. Penyakit ini menyerang tenggorokan dan selaput lendir di hidung. Jika tidak ditangani dengan serius, difteri dapat mengancam keselamatan penderitanya. Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda menggunakan buah pinang untuk pengobatan / pertolongan pertama, karena di dalamnya ia mengandung senyawa yang bersifat antibakteri.

Caranya cukup mudah, pertama keringkan terlebih dahulu beberapa buah pinang dan haluskan. Setelah itu seduh bubuk pinang dan gunakan untuk berkumur. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah pengulangan sebanyak 2-3 kali di setiap kumur.

8.  Obat Alternatif Untuk Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan suatu penyakit yang menyerang usus dan menyebabkan diare. Ada beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit tersebut, pertama yaitu dikarenakan adanya bakteri yang kedua disebabkan oleh amoeba parasit. Kaitannya dengan pinang, besar kemungkinan karena buah pinang memiliki senyawa yang bersifat antibakteri sehingga banyak orang menggunakannya sebagai obat disentri. Caranya, yaitu dengan meminum air rendaman pinang yang sebelumnya telah direndam dalam waktu selama beberapa jam.

9.  Untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengenai manfaat buah pinang satu ini memang belum bisa dipastikan. Pasalnya belum ada teori jelas mengenai kandungan pinang yang dapat meningkatkan vitalitas. Namun banyak warga Indonesia yang percaya bahwa pinang dapat merangsang hormon pria sehingga meningkatkan vitalitas dan gairah seks.

10.  Mengencangkan Alat Kelamin Wanita

Perlu Anda ketahui bahwa alat kelamin wanita memiliki pH yang cenderung asam, dan pinang juga memiliki rasa yang sedikit asam. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa buah pinang dijadikan alternatif obat untuk mengencangkan alat kelamin wanita setelah melahirkan.
Itulah beberapa manfaat buah pinang muda yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pengobatan alternatif ketika belum bisa pergi ke dokter. Namun agaknya Anda perlu berhati-hati, karena ternyata buah pinang memiliki efek samping. Berikut ulasannya.


Efek Samping Mengonsumsi Buah Pinang


Selain memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, ternyata pinang juga memiliki kandungan yang merugikan, yaitu arekolina dan arekaina. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat racun yang sangat adiktif dan dapat memicu timbulnya penyakit kanker, anemia dan hipertensi. Namun tidak perlu khawatir, karena hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda mengonsumsinya secara wajar / tidak berlebihan.

Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa memang benar pinang dapat dijadikan agen sitotoksik untuk penyembuhan kanker. Tetapi jika konsumsi dilakukan secara berlebihan hal tersebut malah akan memicu timbulnya penyakit kanker dan penyakit lain. Lagipula penelitian mengenai manfaat buah pinang dilakukan melalui perlakuan ekstrak etanolik buah pinang bukan dengan cara dikonsumsi secara langsung. Maka dari itu, ada baiknya Anda berhati-hati dan jika ragu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon