Minggu, 01 Januari 2017

Segudang Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah apa yang berbongkol, banyak bijinya, berwarna hijau dan baunya tidak sedap? Ya, buah mengkudu-lah jawabannya. Kandungan dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan sudah banyak diteliti dan ternyata, buah ini memiliki banyak sekali potensi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Fisik buah ini sekilas memang tidak sedap dipandang, bahkan aroma dan rasanya pun sama-sama tidak sedapnya. Bentuk buah ini terlihat berbongkol-bongkol atau istilah ilmiahnya buah majemuk. Setiap "mata" atau bongkol ini adalah bakal buah yang menyatu, sehingga terlihat agak seram. Apalagi warna hijaunya yang mengkilap tidak mengundang selera seperti buah berwarna hijau pada umumnya.

Namun, dibalik penampilannya, manfaat buah mengkudu tidak bisa dihitung dengan jari. Berkat kemajuan teknologi, setiap penelitian akan menghasilkan penemuan baru. Entah itu manfaat maupun zat yang terkandung di dalamnya.


Mengenal Buah Mengkudu


Buah Mengkudu

Tanaman mengkudu termasuk dalam Angiospermae atau tanaman berbiji terbuka. Sebutan lain untuk buahnya adalah buah pace. Bunganya sama seperti buahnya, berbongkol. Hanya saja warnanya putih.

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, daunnya juga bisa dikonsumsi. Seperti di Aceh, dimana daunnya dijadikan sayur, bahkan dikonsumsi sebagai makanan rujak. Tanaman ini tumbuh di ketinggian maksimal 1500 m di atas permukaan laut dan juga di dataran rendah. Penyebarannya sangat luas. Mulai dari Asia Tenggara hingga Hawaii, tanaman ini bisa tumbuh subur, manfaatnya sudah diketahui sejak ratusan tahun dan bahkan sudah mulai diteliti untuk berbagai macam bidang terutama bidang kesehatan.


Kandungan Buah Mengkudu


Morinda citrifolia, sebutan latin untuk buah ini terdengar keren. Namun, aroma yang dihasilkan berbau seperti kambing atau malah keju busuk. Bau ini merupakan hasil pencampuran antara asam kaproat, asam kaprilat dan asam kaprat.

Dari ketiga zat tersebut, ada dugaan bahwa asam kaproat dan asam kaprilat merupakan bahan antibiotik aktif, yang berarti bahan ini adalah bahan yang yang bisa melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Selain kedua bahan yang berperan besar dalam buah mengkudu tersebut, kira-kira apa lagi bahan yang terkandung di dalam buah ini?

•  Scolopetin

Zat ini bersifat anti-alergi. Jadi bagi yang mengalami peradangan atau reaksi alergi lain, bisa mengkonsumsi buah ini, karena manfaat bahan ini juga sebagai anti peradangan.

•  Proxeronine dan Xeronine

Zat ini merupakan alkaloid. Keduanya merupakan zat penting yang bisa mengaktifkan protein non-aktif.

•  Zat Anti Bakteri

Sebagai antibiotik alami, maka tidak heran kalau zat ini juga anti bakteri. Jadi bagi yang mengalami infeksi akibat adanya bakteri,  kandungan bahan yang satu ini akan membantu Anda sembuh lebih cepat.

•  Terpenoid

Zat ini membantu sintesis organic dalam tubuh. Pemulihan sel-sel tubuh bergantung pada sintesis ini, sehingga sangat penting untuk meningkatkan prosesnya.


20 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

1.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Pencernaan merupakan sumber dari penyakit dan kesehatan manusia. Apa yang Anda makan akan menentukan kehidupan Anda ke depannya. Jadi, melancarkan pencernaan dengan buah mengkudu ini akan sangat berguna.

Nutrisi dalam buah mengkudu memang berperan penting dalam meningkatkan asupan gizi. Namun, yang paling berperan adalah serat dalam jumlah besar yang terkandung di dalam buah ini. Mulai dari penyakit pencernaan ringan seperti susah BAB hingga penyakit musiman seperti diare dan muntaber dapat diatasi dengan jus buah mengkudu yang segar.

Baca juga: Manfaat Buah Naga

2.  Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala muncul karena berbagai hal. Biasanya obat yang bebas diperjualbelikan akan cukup untuk mengatasinya. Namun, efek samping ke depannya akan sangat membahayakan tubuh terutama untuk liver. Jadi, mengapa tidak menggunakan buah mengkudu saja?

Kandungan analgesik dalam buah ini cukup besar, apalagi Anda mengonsumsinya secara alami, yang berarti Anda tidak akan mengalami efek samping berarti, kecuali jika dikonsumsi secara berlebihan.

3.  Sebagai Anti Inflamasi

Inflamasi atau peradangan biasanya menjadi sinyal bahwa tubuh merasakan sakit dan nyeri, karena berbagai sebab. Buah mengkudu berguna untuk meredakan dan mencegahnya datang kembali.

4.  Menurunkan Hipertensi

Hipertensi tidak bisa dianggap remeh. Tekanan darah yang terlalu tinggi berarti jantung terlalu cepat bekerja, sehingga harus cepat diturunkan. Caranya? Anda bisa mengonsumsi ekstrak buah mengkudu atau malah langsung meminum jusnya. Jangan lupa untuk tidak memakai gula. 

5.  Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin, mineral, koenzim dan peptide yang terkandung dalam buah ini bisa berfungsi sebagai booster untuk sistem imun. Jadi, Anda tidak akan mudah sakit.

6.  Mencegah Kanker

Kanker sudah menjadi momok bagi dunia kedokteran selama berpuluh-puluh tahun. Berbagai penelitian dilakukan untuk menyelamatkan para penderita kanker di seluruh dunia. Salah satu penelitian menyebutkan bahwa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan adalah untuk mencegah seseorang terkena kanker.

Mencegah kanker memang mudah, mengobatinya jauh lebih sulit. Karena itu, antioksidan dan nutrisi yang lengkap akan sangat berguna dalam mencegah kanker. Buah mengkudu ini memiliki keduanya, yang berarti buah ini sangat baik untuk mencegah kanker.

7.  Obat Untuk Asam Urat

Asam urat sekilas hanya penyakit ringan dengan gejala-gejala seperti nyeri sendi saja. Tetapi, jangan remehkan penyakit ini. Salah-salah Anda akan berakhir gagal ginjal dan yang terburuk, stroke yang menyebabkan kematian. Asam urat ini bisa diobati dengan konsumsi buah mengkudu secara teratur.

8.  Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, kadarnya dalam tubuh perlu diturunkan. Air rebusan mengkudu yang Anda konsumsi secara teratur dapat menjadi solusi menurunkan kolesterol jahat tersebut.

9.  Membunuh Kuman dan Bakteri

Sebelumnya telah dibahas mengenai antibiotik. Antibiotik dalam mengkudu dapat membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab penyakit dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga bersifat mencegah kuman dan bakteri bersarang lama-lama dalam tubuh.

10.  Mengobati Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia. Selain itu, terjangkit penyakit ini berarti akan meningkatkan resiko terkena penyakit lainnya. Jadi, kontrollah gula darah Anda dengan mengonsumsi buah mengkudu ini.

11.  Melancarkan Peredaran Darah

Penyempitan pembuluh darah akan menyebabkan tersendatnya aliran darah. Jika sudah terlambat ditangani, akan sangat berbahaya. Zat scopoletin dalam buah ini dapat melancarkan sistem peredaran darah.

12.  Meredakan Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek yang terus menerus bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Untuk mengurangi gejala dan mengobatinya, konsumsi buah mengkudu sebagai antibiotik alami dapat menjadi solusi alami yang lebih menyehatkan.

13.  Sebagai Obat Penyakit Gondok

Pembengkakan kelenjar tiroid atau penyakit gondok akan berakibat fatal jika tidak ditangani. Salah satu obat yang cocok untuk mengatasinya secara bertahap adalah dengan mengonsumsi buah mengkudu.

14.  Sebagai Obat Sakit Kuning

Penyebab sakit kuning ini adalah karena adanya penumpukan bilirubin. Kandungan bioaktif dan mineral dalam buah mengkudu dapat menghancurkan penumpukan bilirubin ini sedikit demi sedikit, sehingga penyakit ini bisa sembuh lebih cepat.

15.  Detoksifikasi Racun

Racun dan radikal bebas masuk ke dalam tubuh kita setiap harinya. Untuk mengeluarkannya diperlukan konsumsi antioksidan yang kuat, serta vitamin, mineral dan berbagai zat lain. Buah mengkudu dapat dikonsumsi sebagai alat detoksifikasi racun yang alami.

16.  Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi bisa sangat menyiksa. Terkadang orang tidak mau ke dokter gigi, karena merasa takut. Pengobatan alami ini bisa menjadi obat sekaligus tindakan pencegahan. Kunyahlah buah mengkudu setiap hari atau setiap beberapa hari, kandungan antiseptiknya dapat membunuh kuman dalam mulut dan mencegah gigi berlubang datang kembali.

17.  Mengobati Kulit Bersisik

Kulit bersisik memang bukan masalah besar bagi kesehatan. Namun, hal tersebut menjadi masalah besar untuk penampilan. Manfaat buah mengkudu salah satunya adalah untuk mengobati kulit yang bersisik. Hal ini karena di dalam buah mengkudu terdapat zat yang membantu sintesis protein, sehingga sel-sel dapat pulih lebih cepat.

18.  Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang terkadang diabaikan oleh anak-anak muda. Padahal hal tersebut sangat penting untuk menjaga masa tuanya. Buah mengkudu memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan tulang sekaligus mengoptimalkan pertumbuhannya.
19.  Sebagai Obat Ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu kenyamanan Anda. Jika Anda ingin mengobatinya secara serius, minumlah rebusan buah mengkudu setiap hari. Segala kandungan di dalamnya akan mengobati ambeien Anda secara perlahan tapi pasti.

20.  Mengobati Penyakit Tumor

Tumor bisa menjadi penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani. Jika Anda takut untuk operasi pengangkatan tumor, maka akan lebih baik memakai pengobatan alternatif dengan ekstrak alami tumbuh-tumbuhan. Salah satunya adalah buah mengkudu.

Jika tumor membentuk benjolan yang terlihat di luar, maka Anda bisa menggunakan mengkudu yang dihaluskan. Kemudian, tempellah ramuan tersebut di bagian benjolan. Selanjutnya untuk tumor di dalam tubuh, maka dapat menggunakan air rebusan atau ekstrak. Konsumsi secara teratur akan mengecilkan tumor atau bahkan menghilangkannya.

Selain manfaat yang telah disebutkan, ada banyak manfaat lain yang jika diuraikan satu persatu, maka tidak akan ada habisnya. Jadi, untuk mengetahui lebih jelas, mengonsumsinya secara langsung akan membuat Anda lebih tahu apa saja manfaat buah pace ini.

Ada beberapa pengecualian untuk orang yang hendak mengonsumsi buah ini. Yang pertama, ibu hamil dan menyusui. Karena kandungannya cukup berat, meskipun gizinya baik untuk para ibu, tetapi belum tentu baik untuk janin.

Peringatan selanjutnya adalah penderita penyakit ginjal dan liver. Sama seperti ibu hamil, kandungan yang terlalu berat akan membebani kerja organ-organ tersebut. Jadi, lebih baik untuk tidak mengambil resiko dan memfokuskan diri pada penyembuhan penyakit tersebut.

Selain kedua peringatan tersebut, siapapun aman untuk mengonsumsi buah mengkudu, mengetahui manfaat buah mengkudu bagi kesehatan bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba dan salam sehat untuk Anda semua.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon