Senin, 30 Januari 2017

15 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Buah bengkoang, meskipun kita menyebutnya sebagai buah, sebenarnya bengkoang termasuk dalam klasifikasi umbi-umbian, karena tumbuh di dalam tanah. Buah bengkoang sendiri memiliki bentuk membulat dengan kulit kuning pucat dan daging buah berwarna putih. Buah dengan kandungan air yang menyegarkan ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Dengan kadar air hingga 90 persen, rasa manis yang dimiliki oleh air pada buah bengkoang berasal dari inulin yang termasuk oligosakarida. Selain inulin, nutrisi yang terkandung di dalam buah bengkoang cukup bervariasi, termasuk fosfor dan kalsium. Karena itu, tidak heran jika ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah yang satu ini. Berikut uraian lengkapnya.


Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

1.  Menyembuhkan Penyakit Empedu dan Batu Ginjal

Penyakit empedu dan batu ginjal merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh kita dan dapat terjadi kepada siapa saja. Penderita kedua penyakit tersebut sangat disarankan untuk mengonsumsi buah bengkoang secara rutin. Buah bengkoang memiliki kandungan nutrisi dalam bentuk potassium dan fosfor dalam jumlah yang cukup banyak. Baik potassium maupun fosfor, dapat membantu menyembuhkan penyakit empedu dan batu ginjal secara efektif.

2.  Memperlancar Pencernaan

Sistem pencernaan kita lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit dibandingkan dengan bagian lain pada tubuh kita, karena makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Gangguan pencernaan serta konstipasi terjadi karena makanan yang kita konsumsi mengandung serat dalam jumlah yang sedikit. Gejala yang dapat ditimbulkan oleh kekurangan serat adalah mulai dari perut melilit hingga kesulitan dalam buang air besar. Di sinilah kandungan serat dalam buah bengkoang dapat membantu untuk memperlancar pencernaan serta mencegah terjadinya konstipasi.

3.  Membantu Menekan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Apabila kadar kolesterol pada darah sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, tubuh akan terancam berbagai jenis penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Kadar kolesterol pada darah tersebut dapat diturunkan secara drastis dengan mengonsumsi antioksidan seperti yang terkandung dalam buah bengkoang. Selain antioksidan, nutrisi lain seperti vitamin C, buah bengkoang juga memiliki kandungan air dan serat dalam jumlah yang tinggi. Nutrisi tersebut juga dibutuhkan untuk menurunkan kadar kolesterol.
4.  Mengobati Diare

Salah satu cara untuk mengobati diare adalah dengan mengonsumsi bengkoang secara teratur. Penyakit diare sendiri dikarenakan oleh kekurangan konsumsi serat dalam pasokan makanan sehari-hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah bengkoang memiliki kandungan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah bengkoang secara langsung, kita akan dapat merasakan manfaat serat yang terkandung dalam buah bengkoang tersebut.

5.  Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Tingginya kandungan kadar gula dalam darah merupakan penyebab utama timbulnya penyakit diabetes mellitus. Mengonsumsi buah bengkoang secara teratur dapat membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya pada tingkat yang ideal. Hal ini pada akhirnya akan dapat mencegah terjadinya diabetes mellitus. Untuk merasakan manfaat dari buah bengkoang tersebut, kita dapat mengonsumsi buah bengkoang secara langsung atau memprosesnya menjadi jus untuk dapat diserap dengan mudah.

6.  Mengobati Sariawan

Selain kekurangan asupan Vitamin C, sariawan juga dapat disebabkan oleh alergi dan ketidakstabilan yang terjadi pada daya tahan tubuh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat ditemukan pada bengkoang dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk dapat mengobati sariawan dengan menggunakan buah bengkoang, kita perlu membuat jus bengkoang dan menambahkannya dengan satu sendok teh madu. Sebelum menelan jus bengkoang ini, sebaiknya jus tersebut ditahan dalam mulut selama beberapa saat.

7.  Mengurangi Dampak Menopause Pada Wanita

Menopause merupakan siklus dalam kehidupan wanita yang tidak dapat dihindari lagi. Ketika masa menopause sedang berlangsung, tubuh wanita akan kekurangan estrogen sehingga tubuh menjadi kurang segar. Buah bengkoang merupakan sumber alami sebagai fitoestrogen atau sumber estrogen yang berasal dari tanaman. Dengan mengonsumsi buah bengkoang, tubuh akan mendapatkan pasokan estrogen yang dapat membantu agar tubuh menjadi segar kembali.

8.  Memperlancar Produksi ASI

Banyak dari ibu modern mengalami masalah dalam memproduksi air susu ibu atau ASI selama masa menyusui yang disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk menanggulangi masalah ini, biasanya ibu hamil tersebut membeli susu bubuk yang dijual dengan bebas di pasaran. Hal ini sangat disayangkan, karena susu semacam itu mengandung bahan sintetis yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh bayi. Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk memperlancar produksi ASI adalah dengan mengonsumsi buah bengkoang.

9.  Menurunkan Produksi Asam Lambung yang Berlebih

Dalam keadaan yang normal, produksi asam lambung dapat membantu dalam proses penguraian makanan ketika makanan memasuki lambung. Akan tetapi, ketika produksi asam lambung tersebut berlebih maka zat asam ini akan menggerus lapisan dalam kulit lambung dan menyebabkan penyakit maag yang disertai dengan perut melilit. Produksi asam lambung dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat alkali seperti buah bengkoang. Zat alkali inilah yang akan menetralisir asam lambung dan pada akhirnya akan membantu mencegah penyakit lambung.

10.  Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian penting dari tubuh yang melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan mikroorganisme berbahaya. Tanpa sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan mudah terkena penyakit yang berbahaya. Untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh sangat disarankan untuk mengonsumsi buah bengkoang. Buah bengkoang mengandung fitonutrien yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.
11.  Mencegah Terjadinya Tanda-Tanda Penuaan Dini

Manfaat bengkoang untuk kulit adalah mencegah ternjadinya tanda-tanda penuaan dini. Penuaan dini merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh orang yang masih muda. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya garis tipis pada wajah, keriput atau noda hitam. Tanda dari penuaan dini tersebut dapat dicegah dengan memanfatkan bengkoang. Buah bengkoang mengandung Vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

12.  Membantu Kulit Terlihat Lebih Cerah

Karena terpapar oleh sinar matahari secara langsung, permukaan kulit dapat kekurangan cairan dan mengakibatkannya menjadi kering dan kusam. Untuk membuat kulit agar mendapat kecerahannya kembali, kita dapat mengonsumsi buah bengkoang yang mengandung Vitamin B1 dan Vitamin C. Kedua vitamin tersebut dapat bekerja secara bersamaan untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan kusam, karena paparan sinar matahari.

13.  Menyegarkan Kulit

Salah satu manfaat yang dapat kita dapatkan dari buah bengkoang adalah sifat alaminya sebagai penyegar kulit atau astringent. Manfaat ini tentunya akan sangat berguna bagi kita yang harus bekerja di lapangan dan terkena paparan sinar matahari yang menyengat secara langsung. Cara terbaik untuk memanfaatkan khasiat ini adalah dengan memarut daging buah bengkoang dan menggunakannya sebagai masker.

14.  Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagai lapisan paling luar yang berada pada tubuh manusia, kulit rentan terhadap berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti polutan, radikal bebas, kotoran, serta sengatan sinar matahari secara langsung. Buah bengkoang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B1 dan vitamin C yang bermanfaat untuk membuat kulit tetap terlindungi dari penyebab gangguan kesehatan kulit tersebut.

15.  Membantu Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kesehatan kulit umum yang dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang usia serta jenis kelamin. Buah bengkoang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu dan susah untuk dihilangkan. Perawatan alami dengan bengkoang dapat membantu menghilangkan kotoran dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Itulah beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk dapat memanfaatkan kandungan nutrisi di dalamnya, kita dapat mengonsumsi buah bengkoang secara teratur. Selain itu, terdapat juga jenis perawatan untuk kulit dapat dilakukan dengan cara memarut daging buah bengkoang untuk dijadikan masker.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon