Selasa, 31 Januari 2017

15 Manfaat Anggur yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Di negara-negara kawasan Eropa seperti Inggris dan Perancis, anggur telah dikenal dan dimanfaatkan selama ribuan tahun. Buah ini tidak hanya dijadikan sebagai salah satu buah yang dikonsumsi namun juga diolah menjadi berbagai jenis produk olahan seperti minuman beralkohol, selai, sirup dan sebagainya. Terkait kandungan nutrisi dan manfaat anggur, berikut beberapa uraiannya untuk Anda.


Kandungan Nutrisi Buah Anggur


Membahas mengenai manfaat, tidak akan jelas jika tidak membahas mengenai nutrisi dari buah ini terlebih dahulu. Buah yang memiliki nama latin Vitis vinifera ini mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Ada banyak vitamin penting yang terkandung dalam anggur. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, C, E, K dan berbagai jenis vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks tersebut diantaranya adalah thiamin, riboflavin, pyridoxine, asam pantothenic, niacin dan folat. Diantara berbagai vitamin tersebut, vitamin yang paling banyak adalah vitamin C dan vitamin K yang masing-masing sebanyak 18% dan 12%.

2.  Mineral

Selain vitamin, mineral dalam buah anggur juga cukup beragam, seperti tembaga, zat besi, mangan, magnesium, seng dan kalsium. Mineral yang paling banyak dalam buah buah tersebut adalah tembaga yang berjumlah sekitar 14% dari total nutrisi di dalam 100 gram buah ini.

3.  Elektrolit

Elektrolit merupakan nutrisi yang juga penting bagi tubuh. Dalam 100 gram buah anggur terdapat potasium 191 mg dan sodium 1 mg. Selain elektrolit tersebut, dalam buah anggur juga terdapat phyto-nutrients seperti beta karotenoid, crypto-xanthin dan lutein-zeaxanthin.

Sementara itu, secara umum, nutrisi yang terdapat dalam buah anggur meliputi kalori 69 kcal, serat 2%, protein 1%, karbohidrat 14% dan lemak total 0.5 %.


Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan


Manfaat Anggur Bagi Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, tidak mengherankan jika ada banyak manfaat anggur untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Beberapa khasiat atau manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1.  Sebagai Makanan yang Baik Untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Orang yang memiliki resiko penyakit diabetes atau telah memiliki penyakit tersebut memang perlu menjaga asupan makanannya. Makanan yang harus dikonsumsi harus mengandung indeks glikemik yang sesuai. Menyadari hal tersebut, buah anggur merupakan buah yang mengandung senyawa pterostilbene yang berfungsi menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah diabetes.

2.  Mengatasi Kanker Payudara

Buah anggur merupakan salah satu buah yang bersifat antioksidan dan antimutagen. Menurut penelitian, kedua macam sifat tersebut merupakan syarat efektif untuk memerangi segala jenis kanker khususnya kanker payudara. Karena itu, Anda dapat rajin mengonsumsi buah ataupun jus anggur agar terhindar dari penyakit mematikan seperti kanker.

3.  Mengatasi Sembelit

Manfaat selanjutnya yang juga penting untuk diketahui adalah mengatasi sembelit. Karena kaya akan gula, selulosa dan asam organik, buah anggur ini memiliki sifat laxative. Sifat tersebut dapat mengatasi konstipasi atau sembelit pada orang yang sulit buang air besar. Buah ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti dispepsia dan sebagainya.

4.  Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Buah ini juga dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah rambut rontok, karena kandungan asam linoleic dalam buah dan bijinya. Minyak dalam biji anggur juga dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok. Untuk mendapat manfaat ini, Anda cukup meremas anggur dan mengoleskannya ke seluruh area rambut.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa

5.  Mengatasi Gangguan Kulit Seperti Jerawat

Karena memiliki antioksidan yang bagus, buah ini juga sangat baik untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit seperti jerawat, kulit belang, surnburn dan sebagainya. Buah ini juga dapat menyamarkan bekas luka dan menghambat penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengonsumsi buah ini maupun mengambil sari buahnya untuk dioleskan ke kulit yang bermasalah.

6.  Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lainnya yang juga penting untuk diketahui adalah meminimalisir masalah degenerasi organ mata sekaligus menjaga kesehatan mata. Kandungan lutein-zeaxanthin dari buah ini akan meningkatkan kesehatan mata sekaligus meminimalisir agar resiko penyakit pada organ mata semakin kecil seiring bertambahnya usia.

7.  Memberi Nutrisi Untuk Melindungi Kulit dari Sinar UV

Radiasi UV dari sinar matahari dapat menyebabkan berbagai gangguan kulit dari yang ringan hingga parah seperti kanker kulit. Karena itu, selain memakai lotion anti UV, Anda juga bisa menutrisi kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi buah anggur yang segar atau meminum jus buahnya. Anda juga bisa mencampurnya dengan buah lain menjadi salad yang menyehatkan.

8.  Mengatasi Ketombe yang Sulit Hilang

Buah anggur khususnya anggur hitam merupakan bahan alami yang dapat mengatasi gatal, karena ketombe yang sulit hilang dari kulit kepala. Hal ini karena kandungan vitamin E serta nutrisi antioksidan dari buah ini yang melancarkan sirkulasi darah sehingga masalah pada kulit kepala mudah diatasi. Anda hanya perlu mengoleskan rematan anggur ke area kulit kepala yang berketombe selama 15 menit.

9.  Sebagai Buah Sehat Untuk Diet

Manfaat anggur yang otomatis bisa didapatkan ketika dikonsumsi secara rutin adalah menjaga kesehatan seseorang yang sedang menjalani diet. Buah yang mengandung kalori dan karbohidrat cukup ini akan membantu mengurangi asupan karbo maupun kalori dari bahan makanan lainnya. Mereka juga bisa menjaga berat badan agar tetap ideal dengan menggunakan camilan buah anggur.

10.  Pembersih Riasan Wajah yang Alami

Buah yang mengandung vitamin dan banyak mineral alami ini juga bisa menjadi bahan olahan alami untuk menghilangkan bekas riasan pada wajah. Anda hanya perlu mengiris atau menghaluskan buah anggur dan mengoleskannya di area wajah. Buah yang bisa dibuat menjadi masker alami ini juga bisa membersihkan kotoran pada pori-pori wajah serta mengatasi kulit wajah yang berminyak.

11.  Mengatasi Gangguan Pada Ginjal

Masalah pada organ ekskresi ginjal seperti batu ginjal bisa diatasi dengan menggunakan buah anggur. Buah yang dapat mengurangi kandungan asam pada sistem ekskresi tersebut dapat mengurangi tekanan pada organ ginjal yang bekerja secara ekstra dalam memproduksi urin untuk dikeluarkan dari tubuh.

12.  Mengatasi Migrain

Manfaat selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah. Kandungan riboflavin dan antioksidan dari buah ini akan membantu mengatasi migrain yang Anda alami sedikit demi sedikit tanpa harus mempermasalahkan dengan efek samping yang berbahaya seperti dalam penggunaan obat kimia.

13.  Memerangi Penyakit Herpes dan Polio

Pada anak-anak, dampak buruk dari infeksi virus herpes dan polio perlu diminimalisir. Oleh karena itu, buah yang memiliki sifat antivirus dan antimikroba ini akan baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan konsumsi rutin, buah ini juga dapat melindungi kesehatan anak-anak dari infeksi virus maupun bakteri lainnya.

14.  Membantu Mengatasi Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan jaringan saraf pada otak. Untuk mencegah resiko terkena penyakit seperti ini di kemudian hari, Anda bisa mengonsumsi buah anggur yang kaya akan polifenol secara teratur. Kandungan tersebut telah terbukti dapat mengatasi gangguan saraf kognitif yang berhubungan dengan penyakit alzheimer.

15.  Sebagai Obat Asma

Manfaat anggur bagi kesehatan yang terakhir adalah mengatasi penyakit asma yang akan sering kambuh ketika musim sedang tidak bersahabat. Hal ini dapat dibuktikan, karena kandungan nutrisi dalam buah tersebut yang dapat melembabkan paru-paru dan saluran pernapasan sekaligus merilekskan organ pernapasan yang tegang.

Dari segi pengolahannya, buah anggur bisa dimakan dengan berbagai cara. Sebagai salad, Anda bisa mencampur buah ini dengan melon dan yogurt. Sementara itu, sebagai makanan penutup, Anda bisa mencampur anggur dengan keju. Untuk camilan di sore hari atau saat bekerja, Anda bisa mengonsumsi buah anggur beku dengan kue atau sandwich.

Ketika dimasak atau diolah menjadi makanan dan minuman, Anda bisa mencampurkan buah aggur ke dalam kue. Anda juga bisa membuat minuman dari anggur dengan coklat atau susu. Namun, jika sedang menjalankan program diet, sebaiknya Anda memilih bahan tambahan untuk olahan anggur dari kelompok berkalori rendah.

Demikian beberapa kandungan nutrisi dan manfaat anggur yang bisa menjadi referensi kesehatan untuk Anda dan keluarga. Bagaimana pendapat Anda tentang nutrisi, manfaat, maupun ide konsumsi dan pengolahan  buah anggur tersebut?

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon