Jumat, 27 Januari 2017

Cara Membuat Asinan Buah Salak Pedas

Salak adalah salah satu buah tropis yang sangat populer di Indonesia. Hal ini tentu karena rasanya yang manis dan juga menyegarkan. Tapi, pernahkah Anda mencoba kudapan asinan buah salak? Jika belum pernah, maka Anda patut untuk mencobanya.

Buah salak selain enak juga memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Disamping bisa dimakan secara langsung, buah salak sering diolah menjadi berbagai macam sajian makanan, mulai dari kripik salak, dodol salak, selai dan asinan. Asinan buah memang banyak disukai,  karena cita rasanya yang unik dan menyegarkan.

Tak heran jika banyak yang mengolah buah salak ini menjadi asinan yang menggugah selera. Dengan perpaduan antara bumbu cabai, garam dan cuka, membuat resep asinan buah ini menjadi begitu nikmat. Kudapan asinan sangat cocok disajikan bersama keluarga dalam konidisi santai atau untuk beberapa acara rumah seperti arisan.

Tidak perlu membelinya di luar, Anda bisa membuat asinan pedas buah salak sendiri di rumah. Bahan-bahannya sangat sederhana dan bisa dibeli dimana saja. Selain itu, proses pembuatannya juga sangat mudah dan simpel sehingga tidak akan menyulitkan Anda. Bahkan, Anda yang belum pernah memasak pun bisa membuat asinan buah segar ini di rumah.


Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Salak Pedas


Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Salak

Bahan-bahan:

  • Buah salak sebanyak 500 gram
  • Gula pasir sebanyak 200 gr
  • Air sebanyak 400 ml
  • Cuka 3 sendok makan
  • Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • Cabe merah kriting sebanyak 5 buah
  • Cabe merah besar sebanyak 7 buah
  • Terasi goreng sebanyak 1/2 sendok teh

Cara membuat:

  1. Pertama, Anda kupas buah salak dari kulitnya hingga bersih. Lalu belah buah salak menjadi dua bagian dan buang bijinya. Jika sudah, cuci daging salak hingga bersih.
  2. Langkah selanjutnya, siapkan panci dan tambahkan dengan air. Masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan dan masak kuah asinan sampai mendidih. Apabila sudah mendidih, Anda masukkan gula, cuka dan garam sambil diaduk merata. Masak semua bahan hingga mendidih dan angkat.
  3. Saring kuah asinan (opsional) dan tunggu sampai kuah agak hangat. Selanjutnya, masukkan daging buah salak yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Aduk sampai merata. Kemudian, masukkan asinan buah salak ke dalam lemari es. Jika sudah dingin, asinan buah segar ini bisa langsung Anda sajikan bersama keluarga di rumah.
Untuk rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menaruh asinan di lemari es dalam waktu yang lebih lama setidaknya selama 24 jam. Dengan begitu, bumbu kuah asinan akan lebih meresap dan rasanya pun akan semakin segar dan nikmat. Jika ingin lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera.

Bagaimana? Cara membuat asinan buah salak pedas ini sangat mudah bukan? Demikianlah ulasan mengenai resep asinan buah kali ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon