Sabtu, 31 Desember 2016

20 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah semangka merupakan buah yang memiliki bentuk yang bulat dan besar. Dengan ukuran yang jumbo ini, buah semangka memiliki banyak sekali kandungan air, yaitu sebanyak 80%. Tidak heran, jika buah ini cocok sekali sebagai penyegar tubuh sekaligus penghilang dahaga terlebih dikala cuaca panas.

Keuntungan lain dari buah semangka adalah bahwa buah ini dapat dimakan meski telah beberapa minggu disimpan, dengan syarat tempat penyimpanannya adalah tempat yang teduh dan dingin. Apabila buah telah dibelah, sebaiknya buah segera dimakan atau disimpan di dalam lemari pendingin. Bagi Anda yang masih jarang mengonsumsi semangka, Anda bisa membaca info seputar nutrisi dan manfaat buah semangka berikut ini.

Ada beragam manfaat buah semangka untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda sering mengemil atau memakan produk olahan dari buah ini. Anda bisa mengonsumsi daging buah semangka langsung atau membuatnya menjadi minuman dengan yogurt atau susu. Anda juga bisa membuat salad buah dengan bahan utama semangka dan buah-buahan lainnya seperti stroberi, kiwi, dan sebagainya.


Kandungan Nutrisi Buah Semangka


Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat buah semangka untuk kecantikan maupun untuk kesehatan, Anda perlu mengetahui beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah semangka segar. Dari data USDA National Nutrient, dalam 100 g buah semangka segar terdapat:

  • Energi 30 kcal
  • Karbohidrat 7.6 g
  • Serat 0.4 g
  • Vitamin A 569 IU
  • Vitamin C 8.1 mg
  • Potasium 112 mg
  • Tembaga 42 µg
  • Magnesium 10 mg
  • Likopen 4532 µg

Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, buah semangka segar juga mengandung beberapa nutrisi lainnya seperti protein, lemak, folat, niasin, pantothenic acid, pyridoxine, tiamin, vitamin E, sodium, kalsium, zat besi, mangan, seng, alfa-karoten, beta kriptoxanthin dan lutein zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Manfaat Buah Semangka yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah semangka berkaitan dengan banyak aspek. Ada yang meliputi kesehatan organ dalam dan ada pula yang berkaitan dengan perawatan luar. Terkait aspek-aspek tersebut, berikut beberapa manfaat dari buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini.

1.  Menyehatkan Jantung

Manfaat buah semangka untuk kesehatan yang pertama adalah menyehatkan organ jantung. Kandungan citruline dalam semangka bermanfaat untuk meningkatkan produksi arginin. Arginin ini berguna untuk mengoptimalkan elastisitas pembuluh darah. Likopen dalam daging buah semangka juga bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang masuk ke organ jantung.

2.  Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat buah semangka untuk kecantikan adalah mengatasi rambut rontok. Rambut yang rontok bisa disebabkan oleh kurang lancarnya sirkulasi darah yang membawa nutrisi di kulit kepala sehingga setiap helai rambut mudah terlepas dari kulit kepala. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut, jaringan kulit kepala membutuhkan asam amino yang disebut dengan arginin. Arginin ini bisa ditingkatkan produksinya dengan citrulin yang terdapat dalam buah semangka.

3.  Mengatasi Dehidrasi

Buah semangka dapat mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Semangka memiliki beragam elektrolit seperti sodium dan potasium yang dapat mengganti ion tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik. Apabila Anda sering mengonsumsi buah semangka, Anda bisa menurunkan resiko terkena dehidrasi setelah beraktivitas. Karena itu, tidak heran apabila banyak orang yang akan mengonsumsi buah semangka setelah berolahraga atau beraktivitas fisik.

4.  Sebagai Agen Anti Inflamasi

Flavonoid, triterpenoid dan karoten dalam buah semangka bermanfaat sebagai agen anti inflamasi. Karoten merupakan zat yang efektif untuk meminimalisir inflamasi. Sementara itu, triterpenoid bekerja untuk memblok zat penyebab inflamasi. Karena itu, tidak heran apabila atlet atau olahragawan sering terlihat meminum jus semangka sebelum maupun sesudah berlatih.

5.  Menyehatkan Mata

Terkait manfaat buah semangka untuk kesehatan organ mata, uraiannya adalah sebagai berikut. Karoten yang tergabung bersama vitamin A dalam buah semangka akan membantu produksi pigmen pada retina. Pigmen ini akan melindungi gangguan mata yang sering muncul saat menginjak usia tua. Dengan rajin mengonsumsi buah semangka, maka Anda telah mempersiapkan kesehatan mata Anda di masa tua.

6.  Menguatkan Tulang

Manfaat buah semangka selanjutnya adalah memperkuat tulang. Likopen yang terdapat dalam buah semangka dapat membantu menyehatkan tulang. Selain itu, potasium dalam semangka juga bermanfaat untuk menjaga kalsium agar terserap optimal ke tulang dan sendi. Dengan tulang yang kuat sejak muda, Anda bisa terhindar dari masalah tulang saat menginjak usia tua seperti osteoporosis.
7.  Mengatasi Kulit Wajah yang Berminyak

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yang juga perlu diketahui adalah mengatasi kulit berminyak pada wajah. Apabila tidak ada pepaya atau buah kaya vitamin A lainnya, Anda bisa menggunakan semangka untuk mengatasi masalah wajah berminyak yang sering menyebabkan kurang percaya diri dalam berpenampilan. Vitamin A yang terdapat dalam semangka dapat meminimalisir produksi minyak di wajah sekaligus mengecilkan pori-pori wajah.

8.  Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa menggunakan air buah semangka. Sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan jerawat, Anda harus membersihkan wajah. Selanjutnya, olesi area wajah yang berjerawat dengan air semangka. Agar steril, Anda bisa menggunakan cotton ball atau kapas dan membiarkan 15 menit sebelum dibersihkan. Dengan perawatan beberapa kali, jerawat akan hilang dan tidak meninggalkan bekas pada wajah.

9.  Menyehatkan Ginjal

Manfaat buah semangka untuk kesehatan ginjal juga penting untuk diketahui. Kandungan air yang banyak pada semangka membuat buah ini dapat memperbanyak air seni. Selain itu, buah ini juga disebut sebagai diuretic alami yang melancarkan ekskresi pada ginjal. Selain dapat melancarkan proses eksresi pada ginjal, potasium dalam semangka juga bermanfaat untuk meminimalisir konsentrasi zat pembentuk batu ginjal.

10.  Sebagai Anti-Aging

Salah satu manfaat buah semangka untuk kulit adalah sebagai anti-aging. Tanda-tanda penuaan dini  seperti keriput akan lebih mudah muncul apabila Anda sering terkena radikal bebas. Terkait hal ini, semangka kaya akan vitamin A dan C yang mampu membasmi radikal bebas. Radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dapat dihambat dengan mengoleskan air sari buah semangka pada seluruh area wajah serta memakan daging buahnya. Dengan rutin mengaplikasikan kebiasaan ini, tanda-tanda penuaan bisa dihambat.

11.  Mengatasi Ketombe

Manfaat buah semangka untuk kecantikan yang sama pentingnya adalah mengatasi gangguan pada rambut seperti ketombe. Kandungan mineral dan fitonutrien yang terdapat dalam buah semangka akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala. Anda bisa menggosok-gosokkan kulit semangka yang telah dihilangkan daging merahnya ke area kepala.

12.  Mengatasi Gangguan Kulit Akibat Sinar Matahari

Untuk mengatasi sunburn atau kulit hitam akibat paparan sinar matahari langsung, Anda bisa membuat face pack alami dari daging buah semangka dan mentimun yang dibuat menjadi bubur. Kedua bahan tersebut dibuat dengan perbandingan sama. Setelah itu, Anda cukup menempatkan bubur kedua bahan alami tersebut ke atas kain bersih. Bungkusan kain tersebut kemudian diaplikasikan ke bagian kulit yang terbakar dan dibiarkan 20 menit. Setelah 20 menit, Anda bisa membersihkan wajah dengan air bersih.

13.  Mengatasi Hipertensi

Buah semangka juga dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi yang sering menyebabkan komplikasi organ jantung, ginjal dan organ lainnya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa dinormalkan dengan potasium dan mineral mangan yang terdapat dalam semangka. Selain itu, sifat antioksidan semangka yang dikonsumsi juga bisa melindungi tubuh dari sklerosis.

14.  Memperkuat Sistem Imun

Buah-buahan yang kaya vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan. Salah satu buah yang kaya vitamin C itu adalah semangka. Vitamin C pada semangka dapat memperkuat sistem imun dan sel tubuh. Sel tubuh yang didukung banyak nutrisi sehat akan melindungi tubuh dari radikal bebas yang masuk ke tubuh bersama oksigen. Sel tubuh yang baik juga akan membuat jaringan tubuh yang luka cepat dalam penyembuhannya.

15.  Membantu Menyehatkan Jaringan Saraf

Terkait manfaat buah semangka untuk kesehatan saraf, nutrisi yang berperan dalam hal ini adalah potasium. Tidak hanya pada jaringan saraf kepala, mineral yang satu ini dapat merilekskan jaringan saraf di seluruh tubuh termasuk otot. Otot yang rileks akan lebih kecil kemungkinannya untuk cedera. Jaringan saraf kepala yang rileks juga dapat membuat seseorang tidak mudah mengalami gangguan tidur.

16.  Melembabkan dan Menyegarkan Kulit

Satu dari sekian banyak manfaat buah semangka untuk kecantikan adalah sebagai bahan alami untuk melembabkan sekaligus menyegarkan kulit yang kering. Sebelum mengaplikasikan pelembab alami dari air buah semangka, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Selain melembabkan, pelembab dari air semangka juga bisa menutrisi kulit yang pucat dan lembek.

Simak juga: Manfaat Buah Kiwi

17.  Mengatasi Gangguan Tidur

Polisakarida dalam buah semangka bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur bagi mereka yang memiliki gangguan tidur. Polisakarida ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotonin, zat yang membuat otak rileks. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi 2 potong buah semangka saat makan malam.

18.  Sebagai Obat Alami Untuk Impoten

Selain sebagai buah yang menyegarkan, semangka yang dikonsumsi pria secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena impoten. Hal ini karena adanya asam arginin yang dapat merilekskan pembuluh darah sehingga tidak terjadi disfungsi ereksi.

19.  Mencegah Kanker

Likopen dalam semangka dipercaya lebih banyak 2 kali lipat dibandingkan yang ada pada tomat. Likopen yang banyak ini akan melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang membawa bakteri atau virus penyebab kanker. Penelitian baru juga menemukan bahwa nutrisi dari semangka efektif untuk membunuh sel kanker pada payudara.

20.  Sebagai Toner Alami Untuk Wajah

Daging buah semangka yang berwarna merah tidak hanya segar saat dimakan. Air daging buah semangka merupakan bahan alami untuk merawat kulit. Toner alami dari sari buah semangka bisa dicampurkan dengan madu atau bubuk hazelnut sebelum diaplikasikan ke seluruh area wajah dan leher.

Masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengonsumsi buah ini dalam porsi yang normal. Dalam sekali makan, sebaiknya Anda tidak memakan porsi buah semangka secara berlebihan. Demikian beberapa info seputar nutrisi dan manfaat buah semangka yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon