Rabu, 07 Desember 2016

14 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

Buah lontar atau siwalan dalam bahasa Inggris disebut dengan palmyra fruit. Buah yang memiliki diameter 4-7 inci dan memiliki kulit hitam ini tumbuh secara bergerombol. Bagian yang dimanfaatkan dari buah ini adalah daging buahnya yang berwarna putih hingga kuning kecoklatan mirip kolang kaling. Selain buahnya, akar lontar, nira pohon lontar dan bunga lontar juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini ada beberapa info menarik seputar manfaat buah lontar serta kandungan nutrisi di dalam daging buah lontar yang penting untuk Anda simak baik-baik.


Kandungan Nutrisi Buah Lontar


Masyarakat Asia memanfaatkan buah ini sebagai campuran pudding, kue, minuman segar, serta aneka hidangan penutup lainnya. Buah yang mirip dengan kolang kaling ini mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi yang terdapat dalam buah lontar antara lain sebagai berikut.

1.  Air

Air merupakan komponen yang mendominasi buah lontar. Dalam 100 gram lontar mentah, terdapat 77 gram air. Selain air, buah ini juga mengandung protein 1 gram per 100 gram lontar mentah.

2.  Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan satu diantara beberapa nutrisi yang mendominasi buah lontar. Dalam 100 gram sajian buah siwalan ini, terdapat 21 gram karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh.

3.  Fosfor

Buah lontar merupakan salah satu sumber mineral fosfor. Dalam 100 gram buah mentah, terdapat 33 mg fosfor. Jumlah mineral ini lebih banyak dibandingkan kalsium, vitamin C, niasin, riboflavin dan tiamin yang sama-sama terkandung dalam buah lontar.


Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan

1.  Makanan Diet

Manfaat buah lontar yang pertama adalah sebagai salah satu pelengkap makanan diet . Karbohidrat  dan gula dalam buah yang bisa dikalengkan ini dapat menggantikan kalori nasi apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Buah ini juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak yang terkena malnutrisi.

2.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah lontar memiliki zat seperti vitamin B2, B1 dan B3 yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus mengurangi resiko gangguan pencernaan pada perut dan sembelit.  Vitamin B1 yang terdapat dalam buah lontar berkhasiat untuk memproduksi asam hidroklorat yang berperan khusus dalam sistem pencernaan.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi

3.  Mengatasi Stress

Manfaat buah lontar untuk kesehatan yang penting untuk diketahui adalah sebagai makanan alami untuk mengatasi stress. Berdasarkan sebuah penelitian, vitamin C dalam buah lontar bermanfaat untuk memperbaiki mood seseorang yang sedang mengalami stress.

4.  Mengobati Gangguan Pada Hati

Buah lontar merupakan makanan alami yang dapat mengobati gangguan pada hati. Selain memakan buahnya, orang dengan gangguan hati juga akan lebih cepat sembuh apabila mengonsumsi ramuan dari bunga lontar.

5.  Mengatasi Lelah dan Lemas

Seperti yang telah disebutkan pada bahasan kandungan nutrisi buah lontar, buah ini mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat tersebut dapat menambah asupan nutrisi pada orang yang sedang lelah dan lemas, karena kekurangan energi.

6.  Membantu Mengobati Diabetes

Manfaat buah lontar bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu mengobati diabetes. Buah lontar merupakan makanan yang tepat dikonsumsi oleh mereka yang mederita penyakit diabetes, karena kandungan gula dalam daging buah ini tidak berpotensi meningkatkan kadar gula darah pada orang yang memiliki diabetes.

7.  Sebagai Isoton Untuk Orang yang Mengalami Dehidrasi

Kandungan air nira lontar dapat menjadi sumber isoton bagi mereka yang dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sebagaimana yang kita tahu, air berisoton lebih baik dalam mengisi kembali cairan tubuh dibandingkan air minum biasa.

8.  Menyejukkan Tubuh

Selain manfaat diatas, buah lontar yang bertekstur kenyal ini dapat menjadi olahan makanan yang mendinginkan dan menyejukkan tubuh. Anda bisa memotong buah lontar menjadi beberapa bagian, kemudian mencampurnya dengan susu dan madu.

9.  Mengatasi Gangguan Kulit

Salah satu manfaat buah lontar yang penting diketahui oleh Anda terutama wanita adalah khasiat buah lontar untuk mengatasi gangguan pada kulit. Dermatitis yang mengganggu penampilan dapat diatasi dengan buah ini. Masalah kulit lainnya baik pada anak-anak maupun bayi juga bisa diobati menggunakan daging buah lontar.

Untuk mengatasi gangguan kulit akibat cuaca panas, Anda bisa mengambil kain katun yang disterilkan  dengan cara direbus dalam air bersih. Kemudian, Anda bisa menaruh daging buah lontar ke area kulit  dan menutupnya dengan kain steril selama 15-20 menit.

10.  Melawan Radikal Bebas

Vitamin C yang terdapat dalam daging buah lontar bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh melalui lubang pernapasan. Sebagaimana yang kita tahu, radikal bebas membawa racun yang bisa menyebabkan penyakit dalam tubuh jika tidak segera didetoksifikasi.

11.  Menyehatkan Ginjal

Manfaat lainnya dari buah lontar adalah khasiat konsumsi buah lontar agar kesehatan ginjal tetap terjaga. Mineral fosfor yang terdapat dalam buah inilah yang berperan melancarkan proses metabolisme dalam ginjal sehingga racun bisa terbawa dalam urin keluar dari tubuh.

Anda bisa membuat olahan minuman dengan buah lontar untuk mendapatkan manfaat ini. Pertama, Anda harus menyiapkan gula jawa, susu atau air kelapa, kapulaga, buah lontar dan es batu. Gula jawa, air kelapa atau susu dan kapulaga direbus hingga mendidih. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan potongan lontar dan es batu ke dalam air kelapa atau susu yang dididihkan tadi.

12.  Menghambat Penuaan Dini

Sebagaimana yang kita tahu, penuaan dini disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini adalah paparan radikal bebas pada sel. Agar terhindar dari masalah ini, Anda bisa mengambil manfaat buah lontar yang kaya akan vitamin dan mineral ini.

Simak juga: Manfaat Buah Leci

13.  Melancarkan Fungsi Otak

Satu dari sekian banyak manfaat buah lontar bagi kesehatan adalah membantu fungsi kerja otak. Umumnya, otak membutuhkan energi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, sukrosa dan glukosa dalam buah lontar dapat menjadi nutrisi yang bisa diubah menjadi energi untuk otak.

14.  Sebagai Obat Alami Untuk Cacingan

Manfaat lainnya yang sama pentingnya dan perlu untuk diketahui para kaum ibu adalah terkait dengan masalah cacingan. Apabila Anda mendapati anak Anda mengalami cacingan, Anda dapat memanfaatkan akar pohon buah lontar.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat buah lontar yang nantinya bisa Anda bagikan kepada kerabat, tetangga maupun mitra kerja Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon