Jumat, 18 November 2016

Manfaat Jambu Biji Merah dan Putih Untuk Kesehatan

Jambu biji adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak. Kandungan nutrisinya banyak dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat 2 jenis jambu biji yang sudah dikenali oleh banyak masyarakat, yaitu jambu berbiji merah dan juga berbiji putih. Apa saja manfaat jambu biji merah dan juga manfaat jambu biji putih tersebut? Ada baiknya jika Anda menyimak artikel ini hingga akhir.


Kandungan Nutrisi yang Ada Di Dalam Jambu Biji Merah


Kandungan dan Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

Buah yang sering disebut dengan jambu biji ini merupakan buah yang berasal dari negara Brazil. Tempat perkembang biakan buah tersebut memang paling cocok untuk daerah tropis seperti Brazil dan juga Indonesia. Berbicara tentang manfaat jambu biji merah sangat menarik karena terdapat banyak manfaat yang bisa Anda temukan. Sebelum membahasnya, ada baiknya jika mengetahui tentang kandungan nutrisi yang ada pada jambu ini.

1.  Zat Besi

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika jambu biji merah merupakan salah satu buah yang banyak mengandung zat besi. Buah ini memang banyak memiliki zat yang berguna untuk pembentukan sel darah merah tersebut sehingga sangat baik bila dikonsumsi setiap hari.

2.  Vitamin C

Semua buah-buahan pasti mengandung vitamin C namun kadarnya memang berbeda-beda. Untuk jambu biji merah sendiri memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari jeruk.

3.  Kalsium

Jambu biji yang berwarna merah ini juga terdapat nutrisi seperti kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi. Kalsium sangat baik bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

4.  Serat

Buah yang mempunyai warna merah pada dagingnya ini juga mempunyai kandungan nutrisi lain, yaitu serat. Serat yang terdapat di dalam jambu biji merah adalah pectin yang nota bene serat larut.

5.  Asam Amino, Magnesium, Fosfor dan Mineral

Kandungan gizi yang lain adalah asam amino, magnesium, fosfor serta mineral. Keempat zat gizi tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda di dalam tubuh. Semua nutrisi tersebut sangat diperlukan dan bisa membuat tubuh menjadi lebih baik lagi.


15 Manfaat Jambu Biji Merah yang Perlu Anda Ketahui


Sering kali Anda mengonsumsi buah yang berbentuk bulat ini, tetapi mungkin Anda belum menyadari manfaatnya bukan? Ternyata manfaat jambu biji merah sangat banyak dan bagus untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut:

1.  Sebagai Obat Demam Berdarah

Jambu biji merah ternyata sangat bermanfaat untuk menyembuhkan demam berdarah. Bagi penderita DBD, biasanya trombositnya mengalami penurunan yang drastis sehingga untuk menaikkannya kembali perlu diterapi dengan jambu biji merah. Anda cukup membuatkan jus jambu biji setiap harinya dan untuk mempercepat pemulihan baiknya diminum 3 kali sehari.

2.  Penambah Darah

Tidak hanya berguna untuk menyembuhkan DBD saja, manfaat jambu biji merah juga bisa sebagai penambah darah. Mengapa? Karena kandungan zat besi pada buah ini sangat tinggi sehingga bisa membantu pembentukan sel darah merah. Bagi ibu yang baru melahirkan baiknya minum jus jambu tersebut untuk mengembalikan kekuatan sehabis melahirkan.

3.  Mencegah Kanker

Manfaat jambu biji merah berikutnya adalah mencegah kanker. Sudah diketahui sebelumnya bahwa buah ini mengandung zat antioksidan. Di mana zat ini sangat baik sekali untuk melindungi tubuh dari kanker, karena bisa menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

4.  Mengatasi Diare

Salah satu manfaat dari jambu biji yang paling ampuh adalah mengatasi diare. Pada buah yang hanya tumbuh di wilayah tropis ini terdapat zat astringent yang berguna untuk menghambat mikroba yang menyebabkan diare atau disentri.

5.  Mengatasi Sembelit

Banyak orang yang bilang jika makan jambu biji, maka tidak akan bisa buang air besar. Faktanya tidak benar, karena jambu biji merah justru mampu mengatasi sembelit dan ini disebabkan oleh banyaknya kandungan serat di dalamnya.

6.  Membantu Memelihara Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel saja yang dikenal sebagai pemelihara kesehatan mata tetapi jambu biji merah juga berguna untuk kesehatan mata. Itu dikarenakan adanya kandungan vitamin A dalam buah tersebut.

7.  Mengobati Demam

Buah yang tumbuh subur di Indonesia ini ternyata juga bermanfaat sebagai obat demam. Buah ini banyak memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah virus yang akan masuk ke dalam tubuh.

8.  Sebagai Obat Batuk

Manfaat jambu biji merah yang berikutnya adalah sebagai obat batuk. Buah ini ternyata mampu untuk menghambat bakteri yang akan masuk ke dalam paru-paru, karena jambu biji merah juga berguna sebagai disinfektan tenggorokan.

9.  Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Bagi ibu hamil, sangat baik untuk selalu mengonsumsi jambu biji. Buah yang juga mengandung banyak asam amino, kalsium dan juga zat besi ini bisa melindungi ibu dari serangan virus dan bisa menjaga kesehatan janin.

10.  Memelihara Kelenjar Tiroid

Pada jambu biji merah ternyata juga mampu untuk memelihara kelenjar tiroid. Mengapa bisa begitu? Itu karena di dalam kandungan gizi buah tersebut terdapat mineral tembaga yang mempunyai fungsi sebagai pemelihara kelenjar tiroid.

11.  Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersih, maka Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari jambu biji merah. Vitamin C yang sangat tinggi pada buah itu memang berguna untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya

12.  Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mampu mengatasi sembelit, buah ini juga mampu melancarkan sistem pencernaan Anda. Itu dikarenakan kandungan serat larut yang ada pada buah ini. Perlu diketahui bahwa setiap buah jambu biji merah terdapat 5,4 gram serat larut.

13.  Mengatasi Diabetes

Karena tingginya kandungan serat di dalam buah jambu, maka akan menurunkan resiko diabetes bagi siapa saja. Tingginya serat membantu usus menyerap makanan dengan sempurna ke dalam tubuh sehingga kadar gula yang berlebih tidak akan terjadi.

14.  Mengendalikan Tekanan Darah

Pada sebuah penelitian, jambu biji merah dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Khusus para penderita hipertensi, rajin mengonsumsi jus jambu biji merah ternyata bisa membuat aliran darah menjadi lancar sehingga tekanan darah pun stabil. Ini dikarenakan adanya senyawa kalium yang ada pada buah ini yang berfungsi sebagai pengendali tekanan darah.

15.  Melindungi Wajah Dari Sinar UV

Selain bisa mencerahkan kulit wajah, ternyata masker dari jambu biji merah juga bisa melindungi wajah dari sinar UV. Sinar ultraviolet tersebut bisa membuat wajah menjadi kusam dan banyak noda hitamnya, maka dari itu gunakan masker alami dari jambu untuk melindungi wajah Anda.


Kandungan Gizi yang Terdapat pada Jambu Biji Putih


Kandungan dan Manfaat Jambu Biji Putih Untuk Kesehatan

Selain jambu biji dengan daging buahnya yang merah ada juga yang berdaging putih atau sering disebut jambu biji putih. Kandungan gizi pada buah tersebut hampir sama dengan yang berdaging merah namun ada juga yang memiliki perbedaan. Manfaat jambu biji putih pun juga tak jauh beda, sebelum masuk ke manfaat ada baiknya jika mengetahui kandungan gizinya terlebih dahulu.

1.  Vitamin C

Sama dengan yang merah, jambu biji putih juga terdapat kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Jika tidak menemukan yang merah, Anda bisa mengonsumsi yang putih untuk mencukupi kebutuhan vitamin C Anda.

2.  Serat

Di dalam jambu biji putih juga terdapat kandungan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Serat yang ada pada buah ini juga mempunyai nilai tinggi sama dengan merah.

3.  Vitamin A

Selain vitamin C, kandungan vitamin yang ada pada jambu biji putih adalah vitamin A. Masih banyak lagi kandungan gizi yang terdapat pada buah tropis ini seperti kalsium, kalori, vitamin B1 dan lain sebagainya.


Manfaat Jambu Biji Putih yang Harus Anda Ketahui


Manfaat dari jambu biji putih kurang lebih sama dengan yang merah. Yang membedakan adalah kandungan warna dari daging buah tersebut. Jika jambu biji merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi, maka pada jambu biji putih hanya sedikit saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat jambu biji putih yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1.  Sebagai Obat Sakit Maag

Bila Anda menderita sakit maag, obat alami yang baik adalah dengan mengonsumsi jambu biji dengan daging yang berwarna putih. Anda bisa memakannya secara langsung maupun dibuat jus. Untuk hasil terbaik, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin 3x sehari.

2.  Menambah Nafsu Makan

Ketika Anda kehilangan nafsu makan dikarenakan sedang masa pemulihan sehabis sakit, Anda bisa mengonsumsi jambu biji putih. Kandungan vitamin B6 dan juga B3 dapat membantu mengembalikan selera makan Anda yang hilang. Anda bisa membuat jus atau dapat dimakan secara langsung.

3.  Melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat pada buah ini juga memiliki kadar yang tinggi sama dengan yang berwarna merah. Serat yang tinggi bisa membantu melancarkan buang air besar. Jika Anda mengalami masalah sembelit mungkin dengan mengonsumsi buah tersebut bisa menjadi solusi.

4.  Mengatasi Diabetes

Manfaat jambu biji putih yang bisa Anda peroleh selanjutnya adalah mengatasi diabetes. Membuat obat anti diabetes dengan menggunakan buah ini pun sangat gampang. Rebus jambu biji putih yang sudah dipotong sampai air mendidih, kemudian saring. Setelah itu, minum air rebusan tersebut secara rutin.

5.  Mengobati Diare

Pada jambu biji dengan daging berwarna putih juga memiliki fungsi sebagai obat diare. Kandungan serat yang banyak dan juga vitamin, serta mineral bisa membantu usus mencegah bakteri jahat penyebab diare masuk ke dalam sistem pencernaan.

6.  Menjaga Kekebalan Tubuh

Karena banyak mengandung vitamin C, manfaat jambu biji putih yang terakhir adalah bisa menjaga kekebalan tubuh. Anda bisa mencegah bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh jika asupan vitamin C cukup terpenuhi.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jambu biji merah dan putih. Semoga dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon