Minggu, 06 November 2016

20+ Manfaat Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Delima adalah buah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang asam manis memang membuat buah ini begitu segar saat dikonsumsi. Tapi pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat delima. Padahal, kandungan yang ada di dalamnya membuat buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Delima memiliki nama latin punica granatum. Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 5 sampai 8 meter. Sebagai tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, delima banyak dijumpai di Indonesia. Selain buahnya yang bisa dimakan, tanaman delima juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias.

Tak hanya itu, buah delima juga seringkali dijadikan sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi jangan heran jika ada banyak produk kecantikan dan juga kesehatan yang menggunakan delima sebagai bahan utamanya. Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah delima. Lantas, kandungan apa saja yang ada dalam delima dan apa saja manfaat delima untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Delima


Manfaat buah ini dapat diperoleh dari berbagai cara pengolahan. Bisa dengan mengonsumsi buahnya secara langsung, atau bisa juga mengolahnya menjadi  pasta, sirup atau konsentrat delima. Sari buah delima mengandung banyak sekali nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ekstrak buah delima mengandung potasium, kalium, vitamin A, vitamin C, E dan juga asam folic. Tak hanya itu, dalam buah delima juga terkandung flavonoid yakni antioksidan kuat yang mampu mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker. Bahkan sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa antioksidan yang ada di dalam buah delima memiliki jumlah yang lebih tinggi 3 kali dibandingkan dengan teh hijau.


Berbagai Manfaat Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1.  Menghambat Perkembangan Kanker Prostat

Manfaat yang pertama adalah menghambat perkembangan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung dalam buah delima diketahui mampu memperbaiki dan mencegah kerusakan sel-sel yang menjadi pemicu kanker. Banyak peneliti yang menyarankan penderita kanker untuk mencoba pengobatan dengan tanaman bergizi seimbang seperti delima.

2.  Menyehatkan Jantung

Manfaat selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa dalam 238 ml ekstrak buah delima yang dikonsumsi selama 3 bulan bisa melancarkan aliran darah ke organ jantung. Dengan begitu, risiko terkena serangan jantung akan menurun.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah delima selama dua minggu setelah diteliti juga mampu menurunkan tekanan darah sistolik. Para peneliti menduga hal ini dikarenakan adanya kandungan punikalagin dan tanin dalam buah delima. Dimana selain mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, juga mampu menyehatkan jantung.

3.  Menyehatkan Pencernaan

Buah delima mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi. Tak heran jika manfaat dari buah delima selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Selain itu, sari buah delima juga sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit kolera dan disentri.

4.  Meredakan Osteoarthritis atau Radang Sendi

Manfaat selanjutnya adalah meredakan osteoarthritis atau radang sendi. Buah delima mengandung senyawa anti inflamasi yang sangat bermanfaat meredakan sakit untuk penderita ortheoarthritis dan atherosclerosis. Berdasarkan penelitian para ahli, antioksidan yang ada di dalam buah delima bermanfaat untuk mengurangi kadar senyawa interlekuin-1b yang menjadi penyebab peradangan pada sendi. Selain itu, senyawa ini juga bisa mencegah kerusakan yang terjadi pada tulang rawan dan meredakan gejala nyeri di persendian.

5.  Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat selanjutnya adalah mencegah penyakit yang berkaitan dengan sel saraf otak yakni alzheimer. Pasalnya, buah delima mengandung punikalagin yang berfungsi menghambat perkembangan serta pembentukan mikrologia yang menjadi penyebab terjadinya inflamasi sel otak untuk para penderita alzheimer. Tak hanya itu, senyawa anti inflamasi yang ada di dalam buah delima juga berguna untuk merawat penderita artritis dan parkinson.

6.  Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat dari buah delima selanjutnya adalah menjaga kesehatan gigi dan juga mulut. Para ahli meneliti bahwa ekstrak hidroalkohol yang terkandung dalam buah delima berfungsi untuk melawan pembentukan plak pada gigi. Kandungan ini jauh lebih efektif dan baik dibandingkan dengan chlordexidine atau air terdestilasi.  Tak hanya itu, sari buah delima juga berfungsi sebagai anti bakterial yang mampu melawan mikrorganisme tertentu yang menjadi penyebab masalah pada gigi dan mulut.

7.  Mengobati Penyakit Diabetes

Buah delima mengandung punikalagin dan asam elagat yang sangat efektif untuk menghambat glikasi bahkan mencapai 98%. Banyak pula para ahli yang meneliti bahwa minyak dari biji delima memiliki manfaat untuk meningkatkan sekresi insulin, menurunkan tekanan peroksidasi lipid dan tekanan oksidatif. Selain itu, delima juga berfungsi untuk mencegah obesitas yang seringkali dikaitkan dengan diabetes.

8.  Anti Penuaan Dini

Dalam buah delima terdapat vitamin C yang sangat berperan penting dalam menghambat proses penuaan dini. Delima mampu meminimalisir tanda-tanda atau gejala dari penuaan dini seperti kerutan halus pada wajah, flek hitam dan lain sebagainya. Tak heran jika salah satu manfaat delima untuk kecantikan adalah mencegah tanda-tanda penuaan dini yang selama ini ditakutkan semua orang terutama wanita.
9.  Menurunkan Kolesterol

Manfaat selanjutnya adalah menurunkan kolesterol. Pada penelitian yang dilakukan beberapa waktu lalu, dapat diketahui bahwa mengkonsumsi buah delima secara teratur dapat menurunkan kerusakan pada arteri yang disebabkan oleh kolesterol jahat sampai dengan 50%.

10.  Menjaga Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah yang terlalu tinggi sangat berbahaya bagi manusia. Jika dibiarkan bisa berakibat fatal seperti terkena serangan jantung, stroke bahkan kematian. Mengonsumsi delima secara teratur pada kenyataannya memang bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah agar berada dalam angka normal.

11.  Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Buah delima mengandung fruktosa yang tidak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya fruktosa yang terdapat dalam buah delima mampu membantu para penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Hanya saja, mengonsumsinya harus teratur selama beberapa minggu.

12.  Mencegah Kanker

Seperti yang sempat disinggung, buah delima mengandung flavonoid yaitu antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit kanker. Untuk bisa merasakan manfaatnya tersebut, konsumsilah buah delima secara rutin.

13.  Meringankan Sakit Perut

Delima mengandung senyawa yang dapat membantu sekresi enzim yang terdapat dalam tubuh. Disentri atau penyakit yang menyerang perut lainnya bisa diatasi dengan memakan buah delima secara rutin. Pasalnya buah delima berfungsi untuk mengurangi kadar asam berlebih pada lambung. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita maag atau penyakit pencernaan lainnya.

14.  Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Delima memiliki banyak sekali nutrisi yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa diantaranya adalah vitamin C dan flavonoid. Dengan adanya dua kandungan tersebut, Anda akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan terhindari dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

15.  Menguatkan Tulang

Delima mengandung zat besi dan juga kalsium yang tinggi. Sehingga tak heran jika manfaat dari buah tropis ini salah satunya adalah menguatkan tulang. Dengan memiliki tulang yang sehat, maka tulang akan terhindar dari kerusakan. Tak hanya itu, delima juga mengandung fosfor dan magnesium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

16.  Mencegah Anemia

Khasiat buah delima selanjutnya adalah mencegah anemia. Seperti yang diketahui, delima mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dimana zat ini sangat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan penderita anemia. Mengonsumsi delima secara teratur akan membuat sel darah merah dapat dihasilkan sesuai kebutuhan tubuh.
17.  Sumber Nutrisi

Buah delima bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi. Pasalnya ada banyak sekali kandungan nutrisi yang ada di dalam buah delima ini. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

18.  Baik Untuk Wanita Hamil

Manfaat delima juga bisa dirasakan oleh wanita hamil. Pasalnya delima mengandung asam folat yang berperan penting dalam perkembangan otak janin dalam perut sang ibu. Tak hanya itu, asam folat dalam buah delima juga mengurangi risiko bayi cacat. Karena delima mampu memberikan sistem imun yang baik untuk bayi dan ibunya.

Selain itu, buah delima juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Dimana vitamin C tersebut bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan ibunya. Tak hanya itu, vitamin C juga berfungsi untuk mengoptimalkan proses penyerapan zat besi dalam pembentukan tulang serta gigi bayi.

19.  Menghindari Dehidrasi

Buah delima mengandung kalium dan natrium yang cukup tinggi. Dimana kedua mineral tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan antara zat basa dan juga zat asam dalam jaringan tubuh agar tidak mudah mengalami dehidrasi.

20.  Menghindari Adanya Peradangan

Dalam buah delima, mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut dapat memberikan efek anti inflamasi atau peradangan.

21.  Menyembuhkan Bekas Luka

Manfaat berikutnya adalah menyembuhkan bekas luka pada kulit. Seperti yang diketahui, bekas luka memang kerap kali membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Cara menggunakan delima untuk menyembuhkan bekas luka juga sangat mudah karena Anda hanya perlu membalurkan sari buah delima pada bagian kulit yang terdapat bekas luka.

22.  Masker Alami

Manfaat yang terakhir adalah sebagai masker alami. Pasalnya sari buah delima bermanfaat untuk mencegah jerawat, melembabkan dan juga menghaluskan kulit. Melihat hal tersebut, tak heran jika delima seringkali dijadikan sebagai salah satu bahan produk kecantikan khususnya masker kulit.

Demikianlah informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah delima baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon