Sabtu, 19 November 2016

Manfaat dan Bahaya Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Kelengkeng merupakan buah tropis yang memiliki nama latin Dimocarpus longan. Buah yang juga disebut dengan nama lengkeng ini berasal dari kawasan Asia Selatan. Berikut ini ada beberapa uraian mengenai segala hal yang berkaitan dengan buah kelengkeng termasuk manfaat buah kelengkeng beserta bahayanya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.


Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng


Meskipun ada beberapa hal seputar bahaya kelengkeng untuk ibu hamil yang harus diketahui, namun kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kelengkeng pun harus diketahui dengan baik, karena buah magis ini pun kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini beberapa nutrisi yang terdapat dalam buah kelengkeng.

1.  Energi 60 kcal per 100 gram Kelengkeng

Dalam 100 gram sajian daging buah kelengkeng, ada sekitar 60 kcal energi yang dapat menjadi asupan untuk tubuh. Energi dalam buah kelengkeng tersebut dapat menjadi suplai makanan sehat untuk diet. Inilah salah satu nutrisi yang menjadikan banyaknya manfaat buah kelengkeng bagi tubuh.

2.  Vitamin C

Buah yang dalam bahasa Cina disebut dengan lóngyǎn yang artinya bola mata naga ini juga kaya akan vitamin C. Dalam sajian 100 gram buah kelengkeng, terdapat 84 mg vitamin C yang baik untuk tubuh. Delapan puluh empat milligram vitamin C tersebut sama dengan 101% dari semua nutrisi 100 gram kelengkeng.

3.  Potasium

Buah yang satu keluarga dengan buah leci ini juga mengandung potasium, yaitu sejenis mineral yang berfungsi untuk meningkatkan stamina dan kesehatan organ. Dalam 100 gram kelengkeng, terdapat sekitar 266 mg mineral potasium. Akan berbahaya jika tubuh kelebihan potasium, maka Anda bisa mengonsumsi kelengkeng secukupnya, misalnya beberapa butir saja.


Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil


Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil dan Janin

1.  Membantu Menambah Stamina Untuk Ibu Hamil

Manfaat yang pertama adalah sebagai asupan nutrisi untuk menambah stamina atau energi. Adanya kandungan glukosa dan sukrosa dalam daging buah kelengkeng dapat menjadi asupan nutrisi untuk membantu mengembalikan stamina pada ibu hamil. Sebagaimana yang kita tahu, ibu hamil sering terlihat lemas dan tidak bersemangat. Hal ini dikarenakan adanya penurunan stamina.

2.  Mengatasi Keluhan Tidur pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan tidur mereka. Dengan mengonsumsi beberapa butir buah kelengkeng di waktu malam, ibu yang sedang hamil bisa lebih tenang saat tidur. Para wanita hamil juga bisa mengambil nutrisi buah kelengkeng dalam bentuk tonik.

3.  Membantu Mengatasi Gejala Morning Sickness

Satu dari sekian banyak manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil adalah membantu mengatasi masalah pencernaan akibat morning sickness. Sebagian besar wanita hamil yang mengalami mual dan muntah dapat memakan beberapa butir buah kelengkeng segar atau beku. Nutrisi dalam daging buah kelengkeng seperti lemak dan protein nabati akan membantu metabolisme pencernaan yang terganggu akibat morning sickness.

4.  Sebagai Asupan Vitamin Bagi Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi untuk dirinya, namun juga janinnya. Salah satu nutrisi penting yang diperlukan adalah vitamin. Sebagaimana yang kita tahu, buah kelengkeng kaya akan vitamin C, B1, B2 dan B3.

5.  Meningkatkan Sistem Imun bagi Ibu dan Janinnya

Manfaat lainnya yang perlu juga diketahui adalah membantu menjaga sistem imun bagi ibu dan janinnya. Wanita yang sedang hamil harus sehat agar janin yang dikandungnya juga sehat. Daging buah kelengkeng bisa dikonsumsi saat pagi dan malam agar vitamin A dan C pada buah kelengkeng dapat diserap tubuh dan membantu memperkuat sistem imun.
6.  Sebagai Solusi Atas Keluhan Susah Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Rahim yang membesar pada ibu hamil umumnya akan mendesak kandung kemih yang posisinya didekat rahim. Karenanya tidak heran jika tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh kesulitan saat buang air kecil. Dengan konsumsi beberapa butir buah kelengkeng, rasa tidak nyaman dan kesakitan saat buang air kecil dapat dihilangkan.

7.  Sebagai Solusi Alami Mengatasi Cacingan Selama Masa Kehamilan

Khasiat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang juga penting untuk diketahui adalah sebagai solusi alami untuk mengatasi masalah cacingan selama masa kehamilan. Obat-obatan kimia umumnya dibatasi penggunaannya untuk ibu hamil, karena dapat membahayakan janin dalam rahimnya. Daging buah kekelengkeng mengandung asam tartic yang memiliki khasiat sama seperti obat cacing.

8.  Melancarkan Sirkulasi Darah

Buah kekelengkeng mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh calon ibu di saat-saat kehamilan. Wanita hamil yang mengalami masalah anemia atau kurang darah bisa disebabkan karena suplai mineral dalam proses sirkulasi darah kurang tercukupi.

9.  Membantu Melancarkan Kerja Organ

Selain dapat mengatasi masalah insomnia, manfaat buah kelengkeng untuk wanita hamil lainnya adalah membantu kelancaran kerja organ seperti jantung dan limpa. Mineral seperti potasium yang terdapat dalam daging buah kelengkeng dapat membantu meringankan kerja jantung dan limpa sekaligus meminimalisir resiko penyakit kardio dan stroke.

10.  Menenangkan Saraf yang Tegang

Wanita hamil juga sering mengalami tegang saraf, karena pikiran tertentu. Agar lebih rileks, wanita yang sedang hamil disarankan mengonsumsi kelengkeng di pagi hari atau malam hari. Hal ini karena daging buah kelengkeng mengandung zat yang dapat menenangkan dan merilekskan fungsi saraf.

11.  Pendamping Diet Sehat

Nutrisi seperti karbohidrat kompleks merupakan pilihan tepat bagi wanita hamil yang ingin menjaga pola makan saat hamil. Buah yang ternyata rendah lemak ini juga baik untuk mereka yang beresiko terkena diabetes di masa kehamilan.

12.  Menjaga Kesehatan Kulit

Daging buah kekelengkeng mengandung nutrisi yang baik untuk meminimalisir kerusakan seperti stretch mark pada kulit secara alami. Meski demikian, Anda juga bisa tetap melakukan perawatan luar seperti dengan mengolesi kulit menggunakan minyak zaitun, dan sebagainya.
13.  Meningkatkan Nafsu Makan

Selain mengatasi masalah pencernaan, manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Banyak wanita hamil yang menjadi tidak nafsu makan, karena masalah morning sickness hingga diare.

14.  Mencegah Demam dan Flu

Wanita hamil yang terkena demam atau flu juga bisa mempengaruhi kesehatan janinnya. Oleh karena itu, agar terhindar dari flu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C. Salah satunya adalah dari daging buah kelengkeng.

15.  Meningkatkan Kesehatan Usus

Manfaat yang terakhir adalah membantu kesehatan organ pencernaan itu sendiri. Buah kelengkeng mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan organ pencernaan pada wanita hamil seperti usus. Dengan usus yang sehat, nutrisi makanan pun bisa terserap dengan baik.


Bahayanya Kelengkeng Untuk Ibu Hamil


Bahaya Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil dan Janin

1.  Menghambat Proses Persalinan

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat menghambat proses persalinan. Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi buah kelengkeng secara berlebihan, apalagi saat menginjak usia kehamilan 7-9 bulan. Hal ini karena sifat panas yang ditimbulkan dari buah kelengkeng dapat menyebabkan janin bayi bergerak aktif. Apabila posisi janin tidak sesuai dengan yang diharapkan dalam prosedur persalinan, maka hal ini akan menyulitkan.

2. Merusak Pertumbuhan Janin

Selain mengganggu persalinan, bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil lainnya adalah mengganggu pertumbuhan janin. Buah kelengkeng yang tercemar bakteri radikal bebas ataupun racun pestisida dapat menyebabkan iritasi pada janin, sehingga pertumbuhan dan perkembangan janin terganggu.

3.  Meningkatkan Resiko Keguguran

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil yang penting diketahui adalah meningkatnya resiko keguguran. Buah kelengkeng memiliki sifat panas yang sama dengan buah nangka dan nanas. Apabila wanita hamil yang memasuki trimester 3 bulan kehamilan mengonsumsi kelengkeng secara berlebihan, janin dalam rahim bisa luruh alias keguguran.

4.  Menyebabkan Komplikasi

Bahayanya buah kelengkeng untuk ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan adalah menyebabkan komplikasi baik pada ibu maupun janinnya. Komplikasi yang terjadi bisa berupa nyeri perut, flek, bercak darah dan sebagainya. Durian, kopi dan softdrink juga memiliki sifat panas yang sama dengan kelengkeng.

5.  Kegemukan

Karena mengandung banyak gula dan karbohidrat kompleks, jika dikonsumsi secara berlebihan buah kelengkeng juga bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas. Padahal, kegemukan kurang baik dampaknya pada wanita hamil karena dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan penyakit serius lain. Jadi, wanita hamil direkomendasikan makan kelengkeng secukupnya saja.

Demikian beberapa hal seputar manfaat buah kelengkeng untuk ibu hamil sekaligus bahayanya yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui lebih jauh bagaimana seharusnya mengonsumsi buah kelengkeng, Anda dapat terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Jadi bijaklah dalam mengonsumsi buah yang satu ini.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon