Senin, 14 November 2016

21 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Kurma adalah buah yang mempunyai aroma serta rasa manis yang khas. Buah tersebut sangat identik sebagai menu berbuka puasa, yang dapat dimakan langsung ataupun disajikan dalam bentuk manisan. Kandungan gula alami dipercaya mampu mengembalikan energi tubuh dan kebugaran, terutama setelah berpuasa. Manfaat buah kurma tersebut merupakan suatu kelebihan untuk kesehatan tubuh.

Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera, merupakan buah yang berasal dari tanaman jenis palma (Arecaceae) dan termasuk dalam genus Phoenix. Tanaman tersebut berasal dari Timur Tengah, dengan tinggi 15-25 m, dengan diameter buahnya sebesar 2-3 cm dan panjang 3-7 m. Buah kurma dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kurma basah, semi kering dan kering. Kini, buah kurma dapat ditemui di beberapa wilayah, sehingga Anda dapat mengonsumsinya dan memperoleh manfaat buah kurma bagi kesehatan secara mudah.


Paket Sejuta Kebaikan Kandungan Buah Kurma


Kandungan Buah Kurma

Kurma mempunyai daging buah bertekstur lembut, padat, dan terasa manis di lidah saat dikonsumsi. Selain kenikmatan saat memakannya, buah tersebut menyimpan sejuta kebaikan yang menyatu di dalamnya. Terdapat beragam nutrisi dalam buah kurma yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, sehingga kurma mampu memberikan suplai gizi yang memadai yang dapat diuraikan sebagai berikut.

1.  Sumber Energi Kurma

Gula alami yang ada dalam kurma adalah glukosa dan fruktosa, yang mampu menjadi sumber energi instan bagi tubuh. Jika suplai energi dapat terpenuhi, maka dapat menormalkan kadar gula di dalam darah. Adapun keistimewaan gula alami kurma tersebut, yaitu dapat habis diserap dalam waktu 40-45 menit. Dengan demikian, kurma cocok sebagai makanan pengganjal saat lapar.

2.  Sumber Mineral yang Optimal

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam kurma adalah mineral. Kebutuhan mineral di dalam tubuh bermanfaat untuk menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur tekanan darah agar tetap stabil, memelihara kerja syaraf dan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Kurma yang mengandung mineral cukup banyak, seperti kalium, magnesium, fosfor, sodium, mampu menyediakan kebutuhan tubuh akan mineral.

3.  Sumber Vitamin Lengkap

Manfaat buah kurma dapat dirasakan melalui khasiat yang dihasilkan dari beragam vitamin yang tersimpan di dalamnya. Vitamin buah kurma terdiri dari vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin) dan vitamin B5 (asam pantotenat), yang memadai untuk kebutuhan tubuh. Konsumsi buah kurma yang manis tersebut dapat menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh.

4.  Sumber Serat Alami

Tekstur buahnya yang halus dan padat, mempunyai kandungan serat halus yang cukup memadai. Setelah adanya penelitian mengenai manfaat kurma bagi kesehatan, maka The American Cancer Society menyarankan untuk mengonsumsi 20-30 gram setiap harinya. Serat pangan yang terkandung dalam kurma tersebut bermanfaat untuk kelancaran pencernaan.

5.  Sumber Fitokimia Untuk Tubuh

Kandungan nutrisi buah kurma berikutnya adalah salisilat alami dalam dosis yang rendah. berdasarkan hal tersebut, para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi kurma secara teratur. Selain itu, sumber fitokimia dalam kurma adalah adanya kandungan beberapa hormon yang dinamakan potuchin, yang mampu mencegah pendarahan rahim, serta terkandungnya senyawa polifenol, sterol, tanin, dan karoten, sebagai zat antioksidan.


Manfaat Buah Kurma, Beragam Khasiat Dalam Satu Buah


Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Buah mengandung beragam zat yang baik bagi kesehatan, sehingga konsumsi buah harus optimal dan berlangsung rutin dan berkelanjutan. Asupan nutrisi yang baik bagi tubuh dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah kurma. Kurma merupakan jenis buah yang mengandung beragam gizi yang memadai dan berkhasiat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan.

1.  Sebagai Antioksidan

Zat antioksidan sangat berperan penting bagi tubuh, yaitu melindungi tubuh dari adanya radikal bebas yang berpotensi menimbulkan kanker. Kesehatan jangka panjang mampu terjaga secara alami dengan mengonsumsi buah kurma secara teratur. Kebutuhan akan antioksidan tersebut mudah dipenuhi, karena kini buah kurma dapat diperoleh di pasar dan pusat perbelanjaan.

2.  Sebagai Penyedia Suplai Energi

Beragam aktivitas sehari-hari dapat mengurangi energi yang ada dalam tubuh. Agar kondisi tubuh kembali prima, dibutuhkan suplai energi untuk menggantikan jumlah energi yang hilang. Kandungan energi pada kurma basah lebih efektif dibandingkan dengan kurma semi kering atau kurma kering, sehingga Anda dapat memperoleh energi secara efektif dengan mengonsumsi kurma basah. Konsumsi kurma basah sebanyak 100 gram dapat memenuhi kebutuhan energi sebanyak 12-15%.

3.  Mencegah Anemia

Manfaat buah kurma selanjutnya adalah dapat mencegah anemia atau kekurangan darah. Kandungan sel darah merah yang cukup di dalam tubuh, mampu melancarkan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan zat besi dan kalsium, yang merangsang pembentukan sel darah merah.

4.  Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang stabil akan menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Kurma mempunyai manfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Dengan demikian, penderita hipotensi ataupun hipertensi dapat mengonsumsinya untuk menstabilkan tekanan darahnya.

5.  Mencegah Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah sangat berisiko bagi kelancaran sistem dalam tubuh. Oleh karenanya, manfaat buah kurma bagi kesehatan yang dapat mencegah penggumpalan darah sangat penting untuk diperhatikan. Buah kurma mampu menjaga kelancaran peredaran sel darah di seluruh tubuh.

6.  Bebas Kandungan Lemak Jenuh

Kadar kolesterol yang tinggi sangat buruk bagi kesehatan, di mana mampu memicu timbulnya penyakit diabetes. Kurma aman untuk dikonsumsi, karena bebas kandungan lemak jenuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir terkena kolesterol tinggi, jika mengonsumsi kurma.

7.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting, yang berperan utama dalam peredaran darah. Denyut jantung sering tidak terkontrol dengan baik, karena diakibatkan oleh beragam faktor. Buah kurma bermanfaat untuk mengaktifkan kerja otot-otot jantung dengan stabil, mengontrol denyut jantung agar teratur serta mengatur tekanan darah.

8.  Melancarkan Pencernaan

Buah kurma mampu melancarkan pencernaan dengan serat larut dan tak larut. Saluran pencernaan dapat dibersihkan dengan serat larut. Sedangkan perkembangan prebiotik yang melancarkan proses buang air besar dapat ditingkatkan dengan serat tak larut. Dengan demikian, manfaat buah kurma bagi kesehatan sangat besar salah satunya untuk pencernaan.

9.  Menjaga Kesehatan Usus

Kebersihan usus sangat penting untuk diperhatikan. Mengonsumsi kurma sangat membantu menjaga kebersihan usus, di mana berkhasiat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin dan berguna untuk membersihkan usus dengan optimal.

10.  Mencegah Reumatik

Reumatik adalah penyakit dengan rasa nyeri pada persendian, tulang dan otot. Rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh konsumsi mineral yang kurang memadai. Mengonsumsi 15 buah kurma setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan terhadap mineral, berupa kalium, kalsium, sulfur, magnesium, dan boron.

11.  Menurunkan Risiko Stroke

Risiko stroke dapat diatasi dengan mengonsumsi kalium yang cukup. Pemenuhan kalium tersebut dapat dipenuhi melalui buah kurma. Manfaat buah kurma sangat baik untuk menurunkan timbulnya stroke, di mana mempunyai kandungan kalium yang memadai.

12.  Aman Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Rasa manis kurma berasal dari gula alami berupa glukosa dan fruktosa. Glukosa membutuhkan insulin dalam penyerapannya, sedangkan fruktosa tidak membutuhkan insulin untuk menyerap ke dalam sel, sehingga kadar insulin tidak terlalu banyak untuk mencerna kurma. Dengan demikian, kurma aman bagi penderita diabetes.

13.  Mencegah Insomnia

Insomnia atau sulit tidur seringkali dirasakan, terutama oleh orang-orang yang sibuk. Kurangnya tidur tersebut berdampak buruk bagi kesehatan, di mana sistem metabolisme tidak teratur. Kurma dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan mencegah gejala insomnia melalui vitamin B3.

14.  Meningkatkan Kinerja Otak

Kinerja otak sangat penting, di mana otak adalah pusat syaraf dan menjadi poin penting untuk berpikir dan menjalankan seluruh aktivitas. Salah satu manfaat buah kurma adalah dapat meningkatkan kinerja otak dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, di mana mampu melancarkan distribusi oksigen ke otak. Selain itu, melancarkan keseimbangan tubuh dapat terkondisi dengan baik.

15.  Membantu Perkembangan Otot

Manfaat buah kurma bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu perkembangan otot. Kurma segar mengandung protein yang memadai, sehingga memicu regenerasi sel dengan lebih optimal. Selain itu, lysine yang ada di dalamnya berfungsi sebagai stimulan bagi otot dalam berkembang.

16.  Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah suatu penyakit yang ditimbulkan oleh gigitan nyamuk dan mampu menurunkan sistem imun tubuh secara drastis. Penurunan jumlah trombosit dalam darah penderita demam berdarah sangat banyak dan dapat membahayakan nyawa. Permasalahan serius tersebut dapat diatasi dengan pemberian sari kurma, di mana kurma bermanfaat dalam menaikkan kadar trombosit.

17.  Menurunkan Risiko Alzheimer

Buah kurma berkhasiat menurunkan risiko Alzheimer dengan peran polifenol yang terkandung di dalamnya. Penyakit Alzheimer ini berupa penurunan kinerja otak untuk merekam memori. Di samping itu, memori sangat berharga bagi setiap manusia dan kurma dapat memberikan peran untuk mencegahnya.

18.  Mengatasi Masalah Kulit

Masalah kulit seperti jerawat, gatal-gatal, dapat diatasi dengan mengonsumsi kurma. Manfaat buah kurma dapat mengatasi kelebihan minyak pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya dan bertambah parahnya jerawat atau alergi berupa gatal-gatal. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan peran asam salisilat di dalam kurma.
19.  Menyembuhkan Sakit Kepala dan Sakit Perut

Sakit kepala dan sakit perut sering mengganggu jalannya aktivitas keseharian. Sakit kepala menyeluruh ataupun migran dapat diredakan secara alami dengan mengonsumsi kurma. Rasa nyeri pada perut juga dapat dihilangkan dengan buah kurma.

20.  Menghangatkan Tubuh

Buah kurma merupakan suplai energi berupa kadar gula alami. Suplai yang memadai tersebut mampu sebagai sumber energi sementara. Dengan asupan energi tersebut, proses pembakaran terjadi di dalam tubuh, sehingga dapat menghangatkan tubuh.

21.  Melancarkan Proses Persalinan dan ASI

Proses persalinan dapat berjalan lancar, jika rutin mengonsumsi kurma sebelum persalinan. Manfaat buah kurma adalah mencegah pendarahan rahim, sehingga melancarkan proses persalinan. Selain itu, hormon oksitonin di dalamnya dapat memudahkan persalinan dan ASI.

Setiap buah mempunyai nutrisi dan manfaat yang berbeda satu sama lain. Buah kurma merupakan salah satu buah yang menyimpan sejuta kebaikan melalui kandungan nutrisinya yang beragam, seperti yang telah dipaparkan di atas. Manfaat buah kurma bagi kesehatan merupakan paket lengkap yang membantu menjaga tubuh tetap prima.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon