Selasa, 22 November 2016

Inilah 17 Manfaat Buah Kiwi yang Wajib Anda Ketahui

Buah kiwi merupakan buah dari kelompok gooseberry, yang mana buah ini memiliki kulit coklat keemasan dan berambut dengan daging buah berwarna kehijauan. Buah yang pada mulanya berasal dari dataran Cina ini memiliki tekstur lembut ketika dirasakan oleh lidah. Berikut ini ada beberapa info penting seputar kandungan dan manfaat buah kiwi yang penting untuk diketahui.

Kandungan Buah Kiwi


Kandungan Buah Kiwi

Sebelum melangkah ke pembahasan mengenai manfaat buah kiwi, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada pada buah yang memiliki nama sama dengan unggas New Zealand ini. Berikut ini adalah nutrisi yang paling banyak terkandung dalam buah kiwi.

1.  Karbohidrat Kompleks

Meskipun tidak sebanyak padi-padian, buah kiwi juga mengandung karbohidrat kompleks. Buah kiwi hijau yang mentah mengandung lebih banyak karbo dibandingkan buah kiwi kuning keemasan mentah, yaitu sekitar 14.66 g. Sebaliknya, buah kiwi keemasan mentah mengandung lebih banyak gula yaitu 10.98 g per 100 g kiwi.

2.  Vitamin A

Selain pepaya, buah yang kaya akan vitamin A adalah kiwi. Terkait vitamin A, buah kiwi hijau memiliki kandungan vitamin A lebih banyak dibandingkan buah kiwi emas, yaitu 122 µg. Buah kiwi kuning keemasan hanya memiliki 114 µg vitamin A.

3.  Vitamin C

Selain vitamin A, buah kiwi juga mengandung vitamin C. Vitamin C lebih banyak terkandung dalam buah kiwi kuning keemasan. Pada 100 g buah kiwi hijau, vitamin C yang terkandung hanya sekitar 92.7 mg. Sedangkan, buah kiwi kuning emas memiliki kandungan vitamin C lebih banyak, yaitu sekitar 105.4 mg.


17 Manfaat Buah Kiwi yang Penting Untuk Diketahui


Manfaat Buah Kiwi

1.  Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang pertama adalah untuk melancarkan peredaran darah. Buah yang kaya akan kalium ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengalami gangguan tekanan darah tidak stabil. Kalium dalam buah kiwi dapat membantu melancarkan peredaran darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

2.  Menjaga Keseimbangan Natrium Dalam Tubuh

Senyawa natrium yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan serangan jantung. Senyawa tersebut dapat diseimbangkan dengan senyawa kalium. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan kadar senyawa tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah kiwi.

3.  Membantu Pertumbuhan Janin Secara Optimal

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan ibu yang sedang hamil adalah membantu pertumbuhan janin secara optimal. Nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh janin agar tumbuh optimal. Selain itu, asam amino dalam kiwi juga berperan aktif untuk perkembangan saraf bayi, sementara kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

4.  Membantu Produksi ASI

Manfaat buah kiwi untuk ibu yang sedang menyusui juga penting untuk diketahui. Kandungan mineral alami dalam buah kiwi seperti asam folat, asam laktasif dan sebagainya sangat baik untuk memicu keluarnya ASI dengan lancar. Selain itu, nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan kualitas ASI yang diberikan pada bayi.

5.  Menghambat Degenerasi Kulit

Salah satu manfaat buah kiwi untuk kecantikan wanita adalah terkait dengan masalah kulit. Masalah degenerasi kulit akibat radiasi sinar matahari langsung dapat dicegah dan diperlambat dengan mengonsumsi buah kiwi. Vitamin C dan E dalam kiwi bisa menjadi antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas penyebab degenerasi kulit.

6.  Sebagai Masker Untuk Menjaga Keremajaan Kulit

Manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui adalah menjaga keremajaan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan buah kiwi sebagai masker dengan campuran perasan buah lemon. Anda bisa mengaplikasikan masker ini setiap selesai mandi selama 30 menit. Dengan pemakaian teratur, keriput dan kerutan pada wajah bisa tersamarkan.
7.  Mengoptimalkan Proses Detoksifikasi

Manfaat buah kiwi yang juga perlu Anda ketahui adalah membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi. Serat fuzzy yang terdapat dalam buah kiwi dapat membantu kinerja organ hati yang melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun bersamaan dengan limbah pencernaan, yaitu feses.

8.  Mencukupi Asupan Nutrisi pada Anak yang Sulit Makan

Salah satu manfaat buah kiwi untuk anak-anak yang sulit makan adalah mencukupi asupan nutrisi mereka. Anda dapat memberikan mereka buah kiwi yang kaya akan kalsium, vitamin, mineral dan sebagainya saat si kecil tidak mau makan. Buah ini akan menjadi makanan lezat yang sulit mereka tolak.

9.  Menjaga Keseimbangan Alkali Tubuh

Manfaat buah kiwi lainnya adalah menjaga keseimbangan alkali. Ketidakseimbangan alkali dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan dalam proses metabolisme. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi buah yang bersifat "basa" ini.

10.  Menurunkan Resiko Terpapar Residu Pestisida

Faktanya, ada alasan mengapa orang-orang mengambil manfaat dari buah kiwi. Hal ini dikarenakan buah kiwi merupakan buah yang tergolong dalam kelompok buah yang aman dari residu pestisida. Apabila Anda sedang mencari referensi buah-buahan organik, Anda bisa memasukkan buah ini ke dalam list Anda.

11.  Membantu Mencegah Degenerasi Macula

Orang-orang yang beresiko mengalami degenerasi macula dapat menjadikan buah kiwi sebagai makanan mereka. Dengan mengonsumsi buah kiwi sebanyak 3 porsi, oksidasi negatif yang merupakan penyebab degenerasi macula pada organ mata dapat dikurangi hingga 36%. Hal ini karena buah kiwi mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang mampu melawan oksidasi negatif tersebut.

12.  Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Dengan mengonsumsi buah kiwi secara rutin dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Buah yang mengandung indeks glikemik rendah ini mengandung serat yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Kadar glikemik indeks dalam buah ini adalah 4, yang artinya hal ini tidak membuat resiko diabetes semakin tinggi.

13.  Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kiwi bagi mereka yang mempunyai obesitas adalah sebagai buah diet penurun berat badan. Disamping olahraga rutin, bisa juga dengan mengonsumsi buah kiwi karena buah ini mengandung serat dan rendah kalori. Terlebih lagi, daging buah yang lembut ini juga rendah lemak sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

14.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang juga tidak boleh Anda abaikan adalah khasiat buah kiwi untuk membantu meningkatkan sistem imun. Buah kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang berperan penting untuk memperkuat sistem imun. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah sakit.

15.  Sebagai Zat Anti Kanker

Manfaat lainnya dari buah kiwi adalah sebagai zat anti kanker. Buah kiwi merupakan buah yang kaya akan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas penyebab penyakit berbahaya seperti kanker. Zat dalam buah kiwi juga dapat melindungi sel DNA dari oksidasi negatif.
16.  Melancarkan Metabolisme Pencernaan

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan organ pencernaan juga penting diketahui. Buah kiwi mengandung serat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses pencernaan. Dengan mengonsumsi cukup serat dalam kiwi, masalah pencernaan seperti sembelit dan diare bisa diatasi.

17.  Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Satu lagi manfaat dari buah kiwi adalah mengatasi masalah pembekuan darah pada organ. Organ yang mengalami pembekuan darah dapat menyebabkan pemiliknya terkena stroke dan gangguan jantung. Anda yang mengonsumsi 2-3 butir buah kiwi dapat meminimalisir resiko pembekuan darah hingga 18%.

Anda bisa mengonsumsi buah kiwi dalam berbagai cara. Pertama, Anda bisa memakannya langsung dalam bentuk buah segar. Anda juga bisa menjadikannya sebagai campuran salad buah bersama buah beri-berian lain seperti blueberi, stroberi, anggur, dan sebagainya. Anda juga bisa mencampur kiwi sebagai campuran hidangan penutup, smoothies, daging dan makanan olahan lainnya.

Dengan konsumsi secukupnya, manfaat sebagaimana yang telah disebutkan di atas bisa Anda dapatkan. Sebaliknya, konsumsi yang berlebihan justru bisa memicu masalah kesehatan lain seperti batu ginjal. Hal ini karena kiwi mengandung oksalat yang bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, ada beberapa efek samping lainnya seperti alergi, mual, muntah, diare dan sebagainya.

Demikian beberapa manfaat buah kiwi yang perlu Anda ketahui dan pahami. Dengan memiliki referensi lebih banyak seputar kandungan, manfaat, hingga cara mengonsumsinya, Anda bisa lebih berhati-hati ketika menggunakan bahan alami sebagai obat, karena Anda sudah tahu bahwa sesuatu dapat menjadi obat saat dikonsumsi seperlunya. Sebaliknya, sesuatu tersebut dapat menjadi racun, saat Anda berlebihan memanfaatkannya.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon