Minggu, 13 November 2016

Manfaat Buah Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Buah jambu air merupakan buah yang segar serta kaya akan kandungan air dan biasanya buah yang satu ini dimakan dengan cara dirujak. Tidak hanya enak dan menyegarkan, ternyata jambu air memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat buah jambu air, yaitu untuk ibu yang sedang hamil.


Kandungan Buah Jambu Air


Manfaat buah jambu air untuk ibu hamil bersumber dari kandungan-kandungan penting yang terdapat dalam buah tersebut. Zat-zat yang terkandung dalam satu buah jambu air sangat banyak, masing-masing zat tersebut juga memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Adapun kandungan-kandungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Air
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Potasium
  • Zinc
  • Asam Sitrat
  • Copper
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Protein
  • Serat
  • Energi
  • Fosfor


18 Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil


Manfaat Buah Jambu Air Untuk Ibu Hamil

Dalam masa mengandung, seorang ibu hamil wajib memenuhi asupan gizi yang sangat dibutuhkan olehnya dan juga janin yang dikandung. Salah satu buah yang bisa dijadikan opsi sumber gizi tersebut adalah buah jambu air. Siapa sangka buah berwarna merah dengan bentuk kecil ini bisa sangat berguna untuk ibu yang sedang mengandung. Berikut uraian lengkapnya:

1.  Menghindarkan Dari Dehidrasi

Ibu hamil sangat memerlukan asupan air yang banyak. Air tersebut tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk perkembangan janin di perutnya. Adanya air yang mencukupi sangat penting bagi keduanya, ibu dan calon anak. Di dalam buah jambu air terdapat banyak sekali kandungan airnya, oleh karena itu buah yang satu ini sangat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan air untuk tubuhnya. 

2.  Mengurangi Bengkak Saat Hamil

Biasanya, ketika hamil selain perutnya yang membesar, ada bagian-bagian tubuh calon ibu yang juga akan membengkak, seperti contohnya pada kakinya. Buah jambu air dapat membantu mengatasi masalah tersebut, sehingga kebengkakan yang terjadi bisa dikurangi. Cara mengaplikasikan cukup mudah, yaitu buah jambu air dihaluskan. Setelah halus, lalu dioleskan saja ke bagian tubuh yang bengkak.

3.  Membuat Proses Pencernaan Menjadi Lancar

Ibu yang sedang mengandung terkadang juga akan memiliki masalah pada proses pencernaan makanannya. Padahal, gangguan pencernaan bisa menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan janin dan calon ibu. Apabila makanan yang dimakan tidak dicerna dengan baik, bisa jadi kebutuhan gizi dan nutrisi tidak terpenuhi. Buah jambu air mengandung banyak serat yang sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan, jadi buah jambu air sangat membantu melancarkan proses pencernaan ibu hamil.

4.  Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah juga bisa menjadi sangat berbahaya untuk ibu hamil. Gejalanya yang menjadikan calon ibu menjadi cepat lemas dan sering pusing sangatlah tidak bagus untuk janin yang dikandung. Kandungan zat besi dalam buah jambu air bisa membantu dalam mencegah terjadinya anemia. Oleh karena itu, untuk menghindari bahaya tersebut ada baiknya bagi seorang ibu hamil untuk mengonsumsi jambu air agar mendapatkan manfaat yang satu ini.

5.  Mendinginkan Suhu Tubuh Calon Ibu

Pada umumnya, ibu yang sedang mengandung akan merasa lebih cepat gerah. Ibu hamil akan merasakan panas pada tubuhnya. Buah jambu air yang kaya akan kandungan airnya sangat bisa membantu ibu hamil untuk mendinginkan suhu tubuhnya.

6.  Memperkuat Tulang

Manfaat buah jambu jambu air untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu untuk memperkuat tulang. Salah satu zat yang terkandung dalam buah jambu air adalah kalsium yang sangat berguna dalam pembentukan dan penguatan tulang. Apalagi untuk calon bayi yang masih berbentuk janin di dalam kandungan. Terpenuhinya kebutuhan kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang calon bayi tersebut.

7.  Sebagai Antioksidan

Vitamin C yang terkandung dalam buah jambu air juga sangat berguna untuk ibu yang sedang mengandung. Vitamin C ini berfungsi untuk melindungi ibu hamil dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya. Selain untuk memerangi radikal bebas, vitamin C pada buah jambu air juga berfungsi dalam proses sintesi lemak.
8.  Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Manfaat buah jambu air selanjutnya, yaitu untuk mencegah masalah tulang osteoporosis. Selain kalsium, kandungan magnesium dalam buah jambu air juga sangat berguna untuk masalah penyakit tulang semacam osteoporosis yang juga bisa dialami oleh ibu yang sedang hamil. Magnesium ini berperan sebagai zat yang bisa mengurangi resiko ibu hamil terkena osteoporosis tersebut.

9.  Meningkatkan Sistem Imun

Di dalam buah jambu air terdapat kandungan vitamin A. Vitamin yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi sel darah putih. Sedangkan sel darah putih berguna dalam membunuh zat-zat asing dan sel-sel kanker yang berada di dalam tubuh. Oleh karena itu, buah jambu air sangat bagus untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh ibu hamil.

10.  Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan bagian penting dalam tubuh yang berperan sebagai penyaring darah dari zat-zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan. Dalam proses penyaringan tersebut akan sangat berbahaya jika terdapat zat sisa yang mengendap di ginjal dan tidak bisa dibuang, hal tersebut bisa menyebabkan batu ginjal. Manfaat buah jambu air untuk masalah ginjal ini berasal dari kandungan airnya, kandungan air tersebut dapat membantu untuk membersihkan ginjal dari zat-zat sisa yang bisa membahayakan ginjal.

11.  Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin C sangat terkenal baik untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan tidak berkeriput. Di dalam buah jambu air juga mengandung vitamin C. Oleh karena itu, jambu air bisa membantu ibu hamil dalam mempertahankan kesegaran dan kesehatan kulitnya.

12.  Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah jambu air juga memiliki fungsi untuk mata. Ibu hamil yang mengonsumsi buah jambu air diharapkan kesehatan matanya akan tetap terjaga. Oleh karena itu, mengonsumsi jambu air selama proses mengandung sampai melahirkan disarankan untuk ibu hamil agar terhindar dari masalah-masalah yang mungkin menyerang mata.

13.  Menjadikan Ibu Hamil Menjadi Lebih Fresh

Buah jambu air juga bisa memberikan rasa fresh pada ibu hamil. Hal ini tentu saja penting untuk ibu yang sedang mengandung, agar bumil tidak stress. Perasaan fresh akan membuat ibu hamil menjadi lebih bahagia dan semangat.

14.  Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Buah jambu air juga sangat membantu dalam menjaga kesegaran mulut. Vitamin C yang dikandung dalam buah jambu air berperan besar dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Tidak hanya itu, ibu hamil yang mengonsumsi buah jambu air juga akan terhindar dari penyakit sariawan.
15.  Memperlancar Buang Air Kecil

Serat dalam buah jambu air juga berperan dalam memperlancar buang air kecil. Manfaat buah jambu air untuk ibu hamil yang satu ini tentu saja sangat berguna bagi bumil yang jarang buang air kecil. Dengan rajin mengonsumsi jambu air, maka buang air kecil ibu hamil akan menjadi lancar. Oleh karena itu, zat-zat berbahaya dalam tubuh ibu hamil juga diharapkan ikut keluar bersama buang air kecil tersebut.

16.  Melancarkan Peredaran Darah

Ternyata vitamin C dalam buah jambu air memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya, yaitu kegunaan vitamin C dalam melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah sangat penting bagi ibu hamil. Dengan demikian, proses peredaran zat-zat baik yang ikut terkandung dalam darah juga akan beredar dengan baik ke seluruh tubuh khususnya ke janin.

17.  Mencegah Komplikasi Kardiovaskular

Manfaat selanjutnya adalah untuk mencegah komplikasi kardiovaskular, yaitu semacam serangan jantung, stroke serta jantung koroner. Di dalam buah jambu air terdapat banyak nutrisi. Telah diketahui bahwa nutrisi yang terkandung dalam jambu air sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kata lain, buah jambu air juga bisa menghindarkan ibu hamil dari ancaman berbahaya semacam serangan jantung dan lain sebagainya.

18.  Sebagai Anti Bakteri dan Anti Jamur

Beberapa ahli telah meneliti jambu air dan membuat kesimpulan salah satunya, yaitu buah jambu air berkhasiat untuk memerangi bakteri dan jamur. Mengetahui hal tersebut, tentu saja disarankan kepada para ibu yang sedang mengandung untuk mengonsumsi buah jambu air. Dengan demikian, ibu hamil dan janinnya bisa terhindar dari berbagai macam infeksi yang mengancam.

Di atas adalah beberapa contoh kebaikan yang bisa didapatkan ibu hamil dari buah jambu air. Tentu saja masih banyak khasiat lainnya. Jika sedang hamil, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah jambu air, namun perlu diingat juga mengonsumsinya jangan berlebihan.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon