Senin, 07 November 2016

7 Manfaat Buah Cempedak Terpenting Bagi Tubuh

Manfaat Buah Cempedak | Cempedak bukan hanya untuk dinikmati kelezatan dan kesegaran buahnya. Cempedak (Artocarpus champedem) adalah spesies pohon dalam keluarga Moraceae, dan dalam genus yang sama seperti sukun dan nangka. Cempedak adalah buah asli Asia Tenggara, tumbuh di Indonesia hingga Semenanjung Melayu dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Walau begitu cempedak juga tumbuh di beberapa wilayah di India,semacam Andhra Pradesh, Kerala, serta Tamil Nadu.


7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Buah Cempedak

Cempedak memiliki rasa manis dan segar jika dimakan langsung, dan tetap enak sebagai bahan olahan. Bahkan kulit dan bijinya pun bisa dimakan. Selain enak dimakan, buah cempedak juga bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah cempedak. 

1.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Cempedak memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berupa radikal bebas. Selain itu vitamin C juga membantu mengurangi endapan kolesterol jahat pada pembuluh darah. Selain itu vitamin ini juga menurunkan kadar triglyceride, sejenis lemak yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

2.  Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada cempedak memungkinkannya untuk bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata.  Vitamin A dikenal sangat ampuh dalam menjaga atau merawat masalah kesehatan mata, salah satunya dengan menjaga lapisan kornea mata agar tetap sehat.

3.  Menyembuhkan Malaria

Kandungan zat Heteroflavanon C pada kulit batang pohon cempedak dikenal lebih efektif dari kina dalam merawat penyakit malaria.

4.  Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat buah cempedak adalah menjaga daya tahan tubuh. Cempedak memiliki kandungan flavonoid yang memberi antioksidan dosis tinggi bagi tubuh. Zat ini membantu tubuh menanggapi setiap serangan virus, zat karsinogen, atau alergen, secara lebih tepat. Hal ini disebabkan karena flavonoid memberi penguatan yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh kita.  

5.  Mencegah Penuaan Dini

Selain itu, flavonoid pada cempedak juga memperlihatkan sifat anti peradangan, anti mikroba dan anti kanker. Semua itu karena flavonoid bekerja melawan kerusakan sel tubuh karena radikal bebas yang bersumber dari racun-racun semacam asap rokok dan obat-obatan. Dan semua itu adalah faktor utama penyebab penuaan dini. Oleh karena itu Anda bisa makan cempedak dan berbagai sayuran atau buah lain yang mengandung flavonoid tinggi untuk mencegah penuaan dini.

6.  Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah cempedak yang lain adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Cempedak bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan potasium tinggi di dalamnya.

7.  Mencegah Sembelit

Cempedak sangat kaya serat. Oleh karena itu, cempedak bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan semacam sembelit. Memakan cempedak dengan asupan air minum yang cukup bisa meredakan sembelit dan memperlancar buang air besar. Selain itu, cempedak yang rendah kalori dan lemak bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan membantu melawan kegemukan.
Selain semua khasiat yang ada dalam list, cempedak juga masih memiliki khasiat lain, seperti mengurangi kemungkinan timbul bisul. Sementara itu akar cempedak juga bisa membantu menyembuhkan  demam, asma, diare, serta berbagai penyakit kulit. Lebih jauh lagi, cempedak juga membantu mengurangi kecemasan, serta menjadi sumber energi yang bagus.

Walau telah mengetahui berbagai manfaat buah cempedak, Anda disarankan tidak berlebihan dalam mengonsumsi cempedak. Cempdak mengandung zat ascorbic acid cukup banyak. Kandungan yang bersifat asam ini tidak baik jika dimakan secara berlebihan, karena dapat menaikkan kadar asam lambung. Bagi penderita maagh, buah ini bisa membuat gangguan perut itu kambuh kembali.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon