Kamis, 03 November 2016

Berbagai Manfaat Buah Carica Bagi Tubuh

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya tentang manfaat buah carica. Carica (Carica pubescens) adalah tanaman berasal dari pegunungan Andes. Orang Barat mengenalnya sebagai Chilean papaya, orang Wonosobo dan sekitarnya menyebutnya gandul Dieng, sementara orang umumnya akan menyebutnya sebagai carica saja. Disebut pepaya (atau gandul dalam bahasa lokal) karena memang kerabat dari pepaya, walau bentuknya matangnya hanya sebesar sekepalan orang dewasa.


Berbagai Manfaat Carica


Manfaat Buah Carica

Carica banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi Dieng, daerah antara kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Begitu terkenalnya carica di daerah ini, hingga carica dianggap buah khas dari Dieng.

Carica matang berasa agak asam dan beraroma harum. Carica banyak digunakan sebagai bahan sirup dan manisan yang menjadi makanan dan minuman khas di Wonosobo. Carica tidak hanya lezat dan segar untuk dimakan, namun juga berkhasiat bagi tubuh berkat kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Berikut ini adalah manfaat buah carica:

1.  Carica Menyembuhkan Sembelit

Seperti pepaya, carica mengandung banyak enzim papain. Protein dari enzim papain dikenal bisa menguraikan serat. Oleh karena itu, carica dianjurkan untuk orang yang memiliki gangguan pencernaan. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur tak kala mendapat gangguan pencernaan seperti sembelit atau karena kadar pH lambung tinggi. Papain akan segera mempercepat penguraian makanan sekaligus membunuh bakteri berbahaya dan membersihkan usus. Sehingga buang air besar akan lancar. 
2.  Menjaga Kesehatan Mata

Tahukah Anda jika buah carica memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi daripada wortel? Vitamin A dikenal sangat membantu menjaga kesehatan mata. Konsumsi carica secara teratur bisa menghindarkan Anda dari gangguan mata semacam rabun jauh, rabun dekat, atau rabun senja.

3.  Menekan Pembentukan Batu Empedu

Sebagai manfaat buah carica yang lain, berkat kandungan enzim violaksantin dan caricaksantin, carica bisa  membantu tubuh menekan pembentukan batu empedu yang bisa mengganggu kesehatan.

4.  Mempercantik Penampilan Kulit

Tak ada perempuan, bahkan lelaki, yang ingin memiliki kulit kusam, pucat dan bersisik. Kulit bersih, segar, dan mulus adalah dambaan. Carica memiliki banyak kandungan vitamin C.  Vitamin C membantu pembentukan kolagen yang berfungsi membuat kulit kenyal dan lembut. Selain itu vitamin C juga antioksidan yang mampu menghalau semua radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, bahkan kanker. Selain itu, berkat kandungan vitamin E-nya, carica juga membantu untuk mengatasi kulit gelap dan kusam karena sinar matahari.   

5.  Menghilangkan Nyeri Punggung

Manfaat buah carica yang lain adalah bahwa Carica bisa membantu menghilangkan gangguan nyeri punggung. Hal ini berkat kandungan enzim lisosm dan glicopeptidase B yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menderita nyeri punggung, ada baiknya jika rajin mengonsumsi buah carica.

6.  Membantu Metabolisme Tubuh

Vitamin B kompleks dalam carica, dibantu mineral magnesium dan kalium membantu tubuh untuk melancarkan metabolisme. Dalam proses metabolisme, vitamin B melepaskan energi besar sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dari bakteri atau pun virus. Selain itu, karena sumber energi ini, rasa lapar juga akan lama baru terasa. Oleh karena itu, carica juga cocok sebagai bekal perjalanan atau bahkan untuk berdiet.

Simak juga: Manfaat Buah Blewah

Demikian beberapa manfaat buah carica. Selain menjadi makanan olahan seperti sirup, manisan, dodol, keripik, dan sebagainya, ternyata carica juga mengandung khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jika lain kali Anda mendapat tawaran buah carica, janganlah ditolak. Manfaatnya banyak. :D

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon