Kamis, 10 November 2016

Cara Membuat Manisan Buah: Mangga, Pepaya dan Kolang Kaling

Membuat manisan merupakan cara alami untuk mengawetkan buah. Selain buah bisa bertahan lebih lama, manisan juga akan menghasilkan variasi rasa yang beragam dari rasa asli buah. Oleh karena itu banyak orang yang menyukai menyantap manisan buah walaupun mengandung kadar gula yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri, berikut beberapa cara membuat manisan buah mangga, pepaya dan kolang kaling.

Manisan Buah Mangga Basah


Buah mangga cukup mudah ditemukan di seluruh kota di Indonesia. Tak hanya untuk dikonsumsi biasa, banyak orang yang menjadikan buah ini sebagai manisan. Meskipun sudah banyak yang membuat manisan mangga ini, ternyata tidak sedikit pula yang tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat manisan buah mangga basah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram mangga muda
  • 100 ml air
  • 175 gram gula pasir
  • 4 buah cabe merah keriting
  • Pewarna makanan kuning

Cara membuat:

  1. Pertama, yaitu kupas dan iris tipis-tipis mangga lalu cuci hingga bersih. Kemudian iris serong cabe keriting yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Rebus semua bahan pendukung yaitu cabe, gula pasir dan pewarna makanan ke dalam 100 ml air hingga mendidih. Tambahkan juga sedikit garam untuk menambah cita rasa. Setelah mendidih, angkat rebusan dan diamkan hingga hangat.
  3. Jika air telah hangat, masukan irisan mangga ke dalamnya. Diamkan beberapa jam hingga air menjadi dingin, lalu masukan campuran tersebut ke dalam lemari es.

Cara membuat manisan buah mangga basah ini mudah sekali bukan untuk dipraktikan? Tunggu dulu, masih ada satu resep lagi untuk membuat manisan dari buah mangga. Simak ulasan ini sampai habis ya!

Manisan Buah Mangga Kering


Manisan Buah Mangga

Cara membuat manisan buah mangga sebenarnya tidaklah sulit. Tentu saja ini tidak berlaku bagi orang yang belum pernah sama sekali membuatnya, apalagi jika yang dibuat adalah manisan buah mangga kering. Dikatakan demikian karena dalam pembuatannya memang sedikit lebih rumit dibandingkan manisan mangga basah. Namun jangan khawatir, berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat manisan mangga kering.

Bahan-bahan:

  • 1 kg  buah mangga
  • 1.5 kg gula pasir
  • 3 liter air matang
  • 30 gram citrus acid
  • 3.5 gram sodium benzoat
  • 1.5 gram anti-oksidan

Bahan perendam:

  • 2 kg gula pasir
  • 3 liter air matang
  • 5 gram sodium benzoat
  • 25 gram citrus acid

Cara membuat:

  1. Pertama, kupas terlebih dahulu mangga dan potong sesuai selera, cuci hingga bersih dan tiriskan.
  2. Rebus air hingga mendidih, setelah mendidih matikan api dan masukan anti-oksidan, aduk hingga rata.
  3. Masukan irisan mangga dan rendam selama kurang lebih 5 menit, angkat lalu tiriskan.
  4. Selanjutnya, yaitu campur dan rebus bahan perendam hingga mendidih. Tunggu larutan dingin, lalu masukan mangga yang telah ditiriskan tadi ke dalamnya dan diamkan selama 12 jam. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
  5. Campur bekas air rendaman dengan 500 gram gula dari bahan utama dan panaskan dengan suhu sekitar 70 hingga 80°C selama 10 menit. Diamkan kembali hingga larutan dingin, lalu masukan mangga ke dalamnya selama 12 jam dan tiriskan.
  6. Masukan mangga dalam oven selama 4 jam dengan suhu 60°C. Campur mangga dengan sisa gula yang ada, aduk rata dan masukan dalam oven lagi selama 3 jam. Setelah selesai dipanggang, tiriskan dan dinginkan mangga lalu simpan dalam toples atau wadah tertutup.

Cara membuat manisan buah mangga kering ini memang sedikit lebih rumit. Namun dengan membuatnya menjadi kering, manisan akan lebih tahan lama. Masih belum puas dengan resep manisan mangga? Tenang, berikutnya akan dijelaskan cara membuat manisan buah pepaya.

Manisan Buah Pepaya Basah


Rasa buah pepaya tidak kalah enak dari buah mangga. Tingginya serat yang ada dalam buah ini ternyata menjadi obat mujarab jika Anda mengalami sembelit maupun susah BAB. Tidak hanya dimakan dengan cara biasa, buah pepaya ini juga cocok untuk dijadikan manisan. Berikut akan dijelaskan mengenai cara membuat manisan buah pepaya basah.

Bahan-bahan:

  • 1.5 kg gula pasir
  • 2 buah pepaya yang masih mengkal
  • Larutan garam
  • Larutan kapur sirih

Cara membuat:

  1. Buat terlebih dahulu larutan garam dan kapur sirih. Untuk larutan garam Anda bisa membuatnya dari 8 gram (sekitar setengah sendok teh) dan dicampur dengan 2 liter air. Sedangkan untuk larutan kapur, campur 6 sendok teh kapur sirih dengan 2 liter air.
  2. Kupas dan potong pepaya, cuci hingga bersih. Kemudian rendam dalam larutan garam hingga layu dan tiriskan. Rendam pepaya tersebut dalam larutan kapur sirih selama satu malam, setelah itu cuci hingga pepaya bersih dari sisa larutan kapur.
  3. Campur pepaya dengan 400 gram gula pasir, diamkan selama 4 jam hingga mengeluarkan air. Tiriskan pepaya dan masak air bekas tersebut dengan 300 gram gula hingga mengental.
  4. Setelah larutan gula dingin, siramkan pada pepaya, taruh dalam toples / wadah tertutup dan biarkan semalaman hingga keluar airnya lagi. Tiriskan dan ulangi lagi langkah nomor 4 hingga air yang keluar dari proses perendaman tersebut habis.

Itulah cara membuat manisan buah pepaya basah yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Jika menurut Anda cara membuat manisan basah ini sulit, berikut ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi manisan kering.

Manisan Buah Pepaya Kering


Manisan Buah Pepaya

Sebenarnya cara membuat manisan buah pepaya kering ini tidak jauh berbeda dari manisan basah. Namun untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut telah dirangkum cara singkat membuat manisan kering dari buah pepaya.

Bahan-bahan:

  • 2 buah pepaya yang masih mengkal
  • 1.5 kg gula pasir
  • 4 sendok makan garam
  • 500 ml air
  • Larutan kapur sirih

Cara membuat:

  1. Buat terlebih dahulu larutan kapur sirih. Caranya, yaitu campurkan 2 sendok makan kapur sirih ke dalam 4 liter air.
  2. Selanjutnya kupas dan potong pepaya, lalu cuci hingga bersih. Taburi pepaya dengan garam dan remas-remas hingga layu. Kemudian rendam pepaya dengan larutan air kapur sirih selama 3 hingga 4 jam dan tiriskan.
  3. Taburi pepaya dengan 500 gram gula pasir, aduk rata dan diamkan selama 2 jam hingga airnya keluar. Rebus 500 ml air dengan sisa gula yang ada hingga mendidih, lalu matikan api. Masukan pepaya dalam larutan tersebut dan biarkan selama satu malam, lalu tiriskan.
  4. Rebus bekas airnya hingga mengental, matikan api dan rendam lagi pepaya selama satu malam. Ulangi sekali lagi proses tersebut, kemudian jemur pepaya di bawah sinar matahari selama 3 hari.

Demikian cara membuat manisan buah pepaya versi kering. Selanjutnya masih ada satu lagi resep membuat manisan, yaitu kolang kaling. Penasaran? Berikut ulasan lengkap cara membuat manisan kolang kaling.

Manisan Kolang Kaling


Manisan Kolang Kaling

Tidak seperti manisan lain yang bisa disantap langsung, manisan kolang kaling kerapkali dimanfaatkan sebagai bahan campuran es buah, campur dan semacamnya. Bukannya tidak enak, hanya saja jika disantap langsung rasanya kurang memberikan kesan di lidah. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat manisan kolang kaling, berikut informasi resep lengkapnya.

Bahan-bahan:

  • 1 kg kolang kaling
  • 1 liter air
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 4 lembar daun pandan
  • Air cucian beras
  • 200 gram gula pasir
  • Pewarna hijau
  • Setengah botol sirup rasa melon (opsional)

Cara membuat:

  1. Cara membuat manisan kolang kaling yang pertama, yaitu mencuci bersih kolang kaling terlebih dahulu, kemudian direndam dengan air cucian beras selama 4 jam. Setelah itu cuci lagi kolang kaling hingga bersih dan tiriskan.
  2. Rebus kolang kaling dan campur dengan daun pandan, daun jeruk selama 20 menit. Tambahkan pewarna, aduk dan pastikan warna tercampur merata, angkat lalu tiriskan. Taburi kolang kaling dengan gula pasir, aduk merata hingga butiran gula larut.
  3. Agar warna terlihat semakin menyatu, Anda bisa tambahkan sirup rasa melon secukupnya. Untuk warna dan rasa sirup ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  4. Taruh kolang kaling di wadah terbuka dan diamkan selama satu malam, setelah itu simpan dalam lemari es.

Mudah sekali bukan cara membuat manisan kolang kaling ini? Untuk bahan yang dipaparkan tersebut hanya sebagai referensi saja, jadi Anda bisa mengubah komposisi sesuai dengan selera. Namun sayangnya terkadang manisan ini tidak bisa tahan lama walaupun telah disimpan dalam lemari es. Tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat manisan kolang kaling tahan lebih lama.

Tips Agar Manisan Kolang Kaling Tahan Lebih Lama


Pada dasarnya buah yang dijadikan manisan akan lebih awet daripada yang tidak. Meskipun demikian cara pengawetan ini tidak bisa bertahan lama karena prosesnya yang menggunakan bahan-bahan alami. Tak terkecuali juga bagi kolang kaling, yang mana memiliki teksur basah dan kenyal.

Kondisi awal kolang kaling inilah yang akan menjadi penentu ketahanan manisan kolang kaling yang Anda buat. Untuk itu Anda harus jeli dalam memilih kolang kaling yang akan dijadikan manisan. Berikut beberapa tips agar manisan kolang kaling tahan lebih lama.

  • Tips pertama, buat manisan dari buah kolang kaling yang masih segar. Kolang kaling yang masih segar ditandai dengan warnanya yang kekuningan, tidak berlendir dan kenyal. Ketika membuat manisan, Anda bisa merendamnya dengan larutan natrium benzoate 0.1% agar semakin awet.
  • Tips selanjutnya, yaitu Anda bisa merendamnya dengan larutan gula yang kemudian dikemas dalam kemasan kaleng. Selain itu Anda juga bisa mengolahnya menjadi manisan kolang kaling kering dan yang terpenting selalu taruh dalam lemari es.

Demikian cara membuat manisan kolang kaling, pepaya dan mangga, dari versi basah hingga keringnya. Cara yang dipaparkan di atas bisa Anda modifikasi sesuai dengan selera dan kebutuhan. Sebagai saran, jangan terlalu banyak menambahkan gula atau jika berkenan gunakan gula rendah kalori agar kesehatan Anda tidak terganggu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon