Kamis, 27 Oktober 2016

Inilah 33 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jeruk nipis adalah salah satu varian jeruk yang cukup populer di masyarakat. Rasa jeruk nipis yang asam seringkali dijadikan oleh para ibu rumah tangga sebagai sentuhan rasa asam pada masakan. Meskipun demikian, masih sedikit orang yang memahami manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Padahal, jeruk nipis memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Sama seperti varian jeruk lainnya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam secangkir air jeruk nipis, setidaknya ada 73 mg vitamin C yang artinya sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh terkait dengan vitamin C harian.

Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung magnesium, kalsium, fosfor, kalium, vitamin B dan vitamin A. Di dalam jeruk nipis terdapat pula flavonoid dan asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Berbagai Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan


Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

1.  Diabetes

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari American Diabetes Association, air jeruk nipis merupakan salah satu makanan terbaik untuk para penderita diabetes. Pasalnya dalam jeruk nipis terdapat serat larut yang sangat baik untuk membantu  mengatur proses penyerapan tubuh dari glukosa atau gula menuju aliran darah. Selain itu, jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengurangi terjadinya kondisi gula darah yang melonjak tinggi.

2.  Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Tak hanya baik untuk penderita diabetes, jeruk nipis juga sangat baik untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat larut di dalam jeruk nipis yang menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Kondisi tersebut menyebabkan keberadaan kolesterol jahat (LDL) menghilang. Dengan begitu, peradangan yang terjadi pada pembuluh darah akan berkurang sehingga mencegah risiko penyakit jantung stroke dan serangan jantung mendadak.

3.  Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Seperti yang sempat disinggung, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid. Perlu diketahui bahwa flavonoid berperan sebagai antioksidan yang kuat. Kandungan antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda agar terlindungi dari radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Bahkan, adapula penelitian yang menjelaskan bahwa flavonoid yang ada di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit saraf degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

4.  Mengobati Radang Sendi

Manfaat selanjutnya adalah mengobati penyakit radang sendi. Penyebab dari radang sendi biasanya adalah adanya asam urat berlebih yang menumpuk pada tubuh. Asam urat merupakan salah satu limbah tubuh yang dibuang melalui urin. Jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi radang sendi, karena memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi.

Sekedar informasi asam sitrat dalam jeruk nipis berperan sebagai pelarut asam urat. Tak hanya itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah limbah yang dieliminasi melalui urin. Jeruk nipis juga mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan.

5.  Melancarkan Pencernaan

Jeruk nipis memiliki keasaman alami yang berfungsi untuk memecah molekul makanan dari makro menjadi mikro. Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya juga berguna untuk merangsang sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih optimal. Selain itu, kandungan flavonoid ini juga bisa merangsang gerak peristaltik dan meningkatkan sekresi empedu, asam dan cairan pencernaan. Hal tersebutlah yang mendasari mengapa jeruk nipis sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

6.  Anti Kanker

Manfaat berikutnya adalah anti kanker. Manfaat ini sangat wajar mengingat jeruk nipis mengandung flavonoid yang tinggi. Dimana flavonoid ini berperan dalam mencegah kerusakan sel dan membunuh sel-sel abnormal pemicu kanker.

7.  Mengobati Asam Urat

Jeruk nipis adalah buah yang bisa dijadikan sebagai sumber utama antioksidan dan juga pendetoks, karena mengandung flavonoid dan vitamin C. Dimana kedua nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk mendetokfikasi tubuh serta menangkal radikal bebas. Kedua kandungan tersebut mampu menghilangkan racun atau limbah dalam tubuh seperti asam urat jika dikonsumsi secara teratur.

8.  Mengatasi Gangguan Pernapasan

Manfaat selanjutnya adalah mengatasi gangguan pernafasan. Ekstrak jeruk nipis yang dibuat menjadi minyak flavonoid seringkali digunakan sebagai obat-obatan herbal anti kongestif seperti alat penguap, inhaler  dan balm. Hal ini dikarenakan adanya kaempferol. Dengan begitu, cukup dengan menghirup aromanya maka sesak nafas atau mual bisa diminimalisir.

9.  Menurunkan Demam

Air jeruk nipis sudah banyak dikenal masyarakat sebagai obat alternatif menurunkan demam. Dengan memberikan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat, demam akan segera turun. Pasalnya, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memang bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh.

10.  Mengatasi Masalah Gangguan Kemih

Manfaat jeruk nipis yang kesepuluh adalah mengatasi masalah gangguan kemih. Jeruk nipis mengandung kalium yang terbilang cukup tinggi. Kalium sangat efektif untuk menghilangkan endapan atau senyawa yang bersifat racun dan tersimpan dalam kandung kemih serta ginjal. Disamping itu, jeruk nipis juga mengandung disinfektan yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi kandung kemih. Jeruk nipis juga mampu membersihkan penyumbatan urin yang berada dari endapan kalsium yang ada di dalam saluran kemih.

11.  Menghilangkan Kurap dan Panu

Jeruk nipis mengandung senyawa antibakteri dan jamur sehingga sangat bagus untuk menghilangkan masalah kulit seperti kurap dan panu. Cara penerapannya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu menggosokkan perasan jeruk nipis pada bagian kulit yang terkena panu dan kurap.

12.  Melancarkan Siklus Haid

Masalah yang seringkali dialami para wanita adalah siklus haid yang tidak lancar. Mengonsumsi perasan jeruk nipis secara teratur bisa membantu Anda untuk melancarkan siklus haid.

13.  Obat Batuk

Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat batuk. Jeruk nipis mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Tak hanya itu, jeruk nipis juga berguna untuk menghilangkan lendir dalam tenggorokkan. Sehingga tak heran jika buah ini seringkali dijadikan sebagai obat herbal yang sangat efektif mengobati batuk.

14.  Meringankan Sakit Kepala atau Vertigo

Sakit kepala yang mencekam memang sangat menyakitkan. Tidak perlu khawatir karena jeruk nipis mampu mengobati sakit kepala mendadak atau sakit kepala parah seperti vertigo. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan daun jeruk nipis kemudian ditambahkan dengan sesendok perasan jeruk nipis, lalu tempelkan pada dahi, pelipis dan tengkuk sebanyak 2 kali sehari. Dengan begitu, sakit kepala Anda akan segera menghilang.

15.  Anti Penuaan

Jeruk nipis mengandung antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga mampu menangkal radikal bebas serta paparan sinar UV yang menjadi salah satu penyebab kanker kulit.

16.  Pembersih Alami

Manfaat berikutnya adalah sebagai pembersih alami. Kandungan dalam jeruk nipis mampu membantu membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh dari racun. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih segar dan sehat.

17.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis memberikan perlindungan pada tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya. Mengonsumsi air jeruk nipis hangat secara teratur akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda semakin fit.

18.  Mengatasi Masalah Sembelit

Jeruk nipis memiliki kandungan yang mampu mengatur dan merangsang gerakan usus dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara teratur, maka masalah sembelit dan penyakit pencernaan lainnya bisa segera teratasi.

19.  Suara Serak

Untuk para penyanyi, menggunakan perasan jeruk nipis dan air hangat untuk mengatasi suara yang serak bukan lagi menjadi rahasia. Pasalnya air jeruk memang berguna untuk menghilangkan lendir penyebab suara serak dan parau dari tenggorokan.

20.  Menambah Nafsu Makan

Setiap orang tua tentunya ingin melihat anaknya makan dengan lahap. Nafsu makan anak yang seringkali naik turun memang sangat mengkhawatirkan para orang tua. Menggunakan sesendok air jeruk nipis yang ditambahkan dengan sedikit gula, bisa menjadi ramuan alami untuk meningkatkan nafsu makan anak.

21.  Difteri

Manfaat buah jeruk nipis selanjutnya adalah mengatasi penyakit difteri. Bagi Anda yang belum tahu, difteri adalah penyakit infeksi yang menyerang bagian selaput lendir hidung dan tenggorokan. Cukup dengan menggunakan perasan jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat serta madu, maka penyakit difteri ini bisa segera diatasi.

22.  Mengobati Ambeien

Bagian dari tanaman jeruk nipis yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati ambeien secara alami adalah bagian akarnya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencuci akar jeruk nipis, lalu direbus menggunakan satu liter air bersih. Minum air rebusan secara teratur.

23.  Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Kandungan flavonoid dan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada mata dan menjaganya agar tetap sehat. Vitamin C mampu menjaga mata dari penuaan dan juga kerusakan. Sementara kandungan flavonoid berfungsi untuk menjaga mata dari infeksi dan iritasi.

26.  Amandel

Bagian dari jeruk nipis yang berguna untuk mengobati amandel secara alami adalah bagian kulitnya. Cara pengaplikasian obat herbal ini juga sangat mudah. Pertama, Anda cuci kulit jeruk nipis lalu potong-potong sesuai selera. Rebus kulit jeruk nipis menggunakan 2 gelas air dan masak hingga airnya berkurang kira-kira tersisa 3/4 gelas, lalu saring. Gunakan air untuk kumur-kumur dan diminum untuk hasil yang maksimal.

27.  Anyang-Anyangan

Manfaat berikutnya adalah mengobati anyang-anyangan. Penyakit ini seringkali dialami oleh anak yang mengonsumsi air minum belum matang atau masih mentah. Cara mengatasinya, peras jeruk nipis dan seduh menggunakan air panas kemudian diminum.

28.  Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa mengonsumsi jeruk nipis secara teratur dapat membantu melancarkan program diet. Hal tersebut tak mengherankan mengingat jeruk nipis memang mengandung serat serta vitamin C yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat membantu proses penurunan berat badan.

29.  Menghilangkan Bau Badan

Jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri sehingga sangat ampuh mengatasi masalah bau badan yang disebabkan oleh bakteri pada kulit. Cara penggunaannya juga sangat mudah karena cukup dengan membalurkan irisan jeruk nipis pada area ketiak secara teratur sehabis mandi. Dengan begitu, bau badan akan menghilang.

30.  Menyeimbangkan pH

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah menyeimbangkan pH tubuh. Sebagian besar makanan yang dikonsumsi manusia memiliki sifat asam sehingga diperlukan buah-buahan yang mampu menetralkan sifat asam tersebut. Salah satunya adalah jeruk nipis. Air jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh manusia.

31.  Menguatkan Pembuluh Darah

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan pembuluh darah. Dengan memiliki pembuluh darah yang kuat maka sistem peredaran darah juga akan semakin lancar.

32.  Mengobati Sakit Gigi

Kandungan antibakteri yang ada di dalam jeruk nipis ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Karena seperti yang diketahui, sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang karena bertumpuknya bakteri dalam gigi. Gunakan perasan jeruk nipis untuk berkumur secara teratur maka sakit gigi bisa segera terobati.

33.  Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat jeruk nipis yang terakhir adalah menjaga kesehatan ginjal. Selain air putih, air jeruk nipis juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Pasalnya jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengikatan mineral yang membuat kinerja ginjal berat. Maka dari itu, Anda yang menderita penyakit ginjal atau ingin memiliki ginjal yang sehat, bisa mengonsumsi jeruk nipis secara teratur.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Dengan adanya informasi di atas, semoga menambah wawasan Anda terkait dengan dunia kesehatan.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon