Jumat, 28 Oktober 2016

20 Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Jeruk bali merupakan salah satu buah jeruk yang terkenal akan rasanya yang enak. Dibandingkan dengan jeruk biasa, buah ini memiliki kulit yang tebal. Dari segi warna, buah ini memiliki butiran-butiran sari berwarna pink hingga merah. Menurut beberapa orang, buah ini sangat juicy, manis seperti jeruk orange dan beraroma tajam seperti jeruk keprok. Bagaimana dengan kandungan nutrisi dan manfaat jeruk bali? Berikut ulasannya.


Kandungan Nutrisi Jeruk Bali


Manfaat jeruk bali yang beragam tidak bisa dilepaskan dari banyaknya nutrisi penting yang terdapat dalam buah yang mulai banyak dibududayakan di Amerika dan India ini. Berikut beberapa nutrisi penting yang terdapat dalam buah ini.

1.  Mineral

Mineral merupakan komponen penting bagi tubuh dan bisa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang salah satunya adalah jeruk bali. Beberapa mineral yang terdapat dalam jeruk bali antara lain adalah kalsium, potasium, sodium, zinc, magnesium, fosfor dan zat besi. Dari semua mineral tersebut, potasiumlah yang mendominasi, diikuti fosfor, magnesium, kalsium dan seterusnya.

2.  Vitamin

Buah jeruk bali juga kaya akan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram buah jeruk bali terdapat 8 jenis vitamin penting seperti vitamin C, A, B6 (pyridoxine), B3 (niacin), B2(riboflavin) dan B1(thiamin). Dari semua vitamin tersebut, vitamin yang paling banyak dalam 100 gram jeruk bali adalah vitamin C, diikuti vitamin A, B3, B6, B1 dan B2.

3.  Air

Karena merupakan buah berbulir seperti markisa, jeruk bali juga mengandung banyak air. Dalam 100 gram buah jeruk bali terdapat sekitar 89.10 gram air. Buah ini juga mengandung nutrisi lainnya seperti energi 38 kcal, protein 0.76 gram dan lemak lipid 0.04 gram.

4.  Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk melancarkan sistem dan kinerja organ pencernaan. Karena itu, konsumsi serat setiap hari harus selalu dijaga, salah satunya dengan mengonsumsi buah jeruk bali ini. kandungan serat sendiri dalam 100 gram buah jeruk bali adalah sekitar 1.0 gram.


Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan


Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

1.  Mengobati Flu, Batuk dan Demam

Penyakit seperti flu, batuk dan demam merupakan tanda bahwa pertahanan tubuh sedang dikalahkan oleh radikal bebas. Pada taraf yang berbahaya, radikal bebas dapat menyebabkan kanker. Karena itu, untuk kembali sehat, Anda bisa memakan buah jeruk bali yang kaya vitamin C. Anda juga bisa membuat daging buah ini menjadi jus.

2.  Mencegah dan Melawan Kanker

Terlepas dari jenisnya, kanker tetaplah merupakan penyakit berbahaya yang perlu segera ditangani agar tidak mengakibatkan resiko terburuk. Agar terhindar dari penyakit berbahaya ini, Anda tidak hanya perlu memakan buah-buahan sehat seperti jeruk bali. Anda juga bisa mengolah kulitnya yang kaya akan bioflavonoid untuk mencegah maupun menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

3.  Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya adalah menormalkan tekanan darah. Potasium dalam buah ini akan bekerja dan membantu regulasi tekanan darah di seluruh tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah ini agar tekanan darah kembali dan tetap normal.

4.  Melancarkan Kinerja Dalam Pembuluh Darah

Bagaimana kinerja dalam pembuluh darah bisa lancar? Salah satunya adalah dengan menjaga pembuluh darah tetap bersih dari elemen / zat yang tidak penting seperti kolesterol. Jika kolesterol menumpuk dan menyebabkan plak di pembuluh darah, proses peredaran darah pasti juga akan tersendat. Karena itu, nutrisi seperti mineral dan vitamin dari buah ini akan sangat berguna dalam hal ini.

5.  Mencegah Anemia

Vitamin C dalam buah jeruk bali memang memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah memaksimalkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Zat besi ini diperlukan untuk produksi sel darah merah sehingga orang tidak mengalami anemia. Jadi, ada 2 proses penyerapan ketika Anda mengonsumsi jeruk bali. Pertama adalah menyerap vitamin C dan kedua adalah menyerap zat besi.

6.  Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat jeruk bali selanjutnya adalah mempercepat penyembuhan luka. Hal ini, karena adanya vitamin C dalm buah ini. Saat kulit mengalami luka, persediaan vitamin C dalam tubuh akan bekerja bersama enzim tertentu sehingga menghasilkan kolagen yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

7.  Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting bagi tubuh. Karena itu, kesehatan dari organ ini harus selalu dijaga. Caranya adalah dengan mencukupi asupan potasium. Potasium dengan takaran normal akan membantu jantung agar tetap normal. Akan lebih aman pula jika Anda mengambil nutrisi potasium dari makanan sehat dibandingkan obat-obatan kimia yang jika berlebihan justru menyebabkan serangan jantung.

8.  Sebagai Obat Sariawan

Sariawan yang sering terjadi di area mulut merupakan dampak kurangnya asupan vitamin C. Sebagai obatnya, Anda tentu harus kembali memenuhi asupan vitamin C. Sebagai obat sariawan Anda bisa mengonsumsi buah jeruk bali seperti biasa atau mengoleskan air sarinya ke area yang terkena sariawan. Saat dioleskan, bagian tersebut mungkin akan terasa sedikit perih.

9.  Mencegah Masalah Kram Otot

Manfaat berikutnya yang juga penting untuk diketahui adalah sebagai bahan alami untuk mencegah masalah kram otot. Kram otot bisa disebabkan oleh kekurangan elektrolit atau cairan seperti magnesium, sodium dan sebagainya. Karena itu, jika Anda seorang olahragawan yang sering mengalami kram otot, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi buah ini.

10.  Menyehatkan Gusi

Salah satu manfaat dari buah jeruk bali adalah membantu meyehatkan gigi. Gusi yang sering berdarah atau terkikis merupakan tanda bahwa Anda kekurangan asupan vitamin C. Karena itu, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah ini untuk menyehatkan sekaligus memperkuat gusi.

11.  Mempercepat Regenerasi Sel Kulit Baru Di Jaringan yang Luka

Jaringan kulit yang luka membutuhkan lebih banyak asupan vitamin C agar regenerasi sel kulit baru lebih cepat tumbuh. Vitamin C dalam buah ini akan membantu enzim dalam pembentukan kolagen. Dengan begitu, lapisan kulit yang rusak bisa digantikan dengan yang baru. Sementara itu, protein dari buah ini juga akan membantu membuat kulit lebih fleksibel dan tidak kaku.

12.  Mengatasi Gangguan Pencernaan

Salah satu manfaat jeruk bali adalah mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan serat dan vitamin C dari buah ini akan membuat sistem pencernaan terkontrol. Selain itu, nutrisi buah ini juga akan membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dalam sistem pencernaan sehingga proses penyerapan dan pengangkutan nutrisi bisa maksimal.
13.  Mencegah Infeksi Bakteri Pada Sistem Eksresi Urin

Infeksi pada saluran ekskresi urin umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi ini akan mengganggu proses dan sistem urin pada tubuh. Karena itu, konsumsi jeruk bali yang kaya vitamin C akan mengusir bakteri tersebut sehingga kadar asam tinggi pada sistem saluran urin yang disebabkan oleh bakteri tersebut dapat dikendalikan. Buah ini juga bisa mengatasi pembengkakan pada wanita hamil.

14.  Sebagai Masker Wajah Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Beberapa orang sering memanfaatkan bahan herbal untuk merawat kulit wajah. Salah satu bahan tersebut adalah jeruk bali. Untuk digunakan sebagai masker, Anda cukup mengiris daging buahnya dan mengoleskannya ke seluruh area wajah. Jika ingin lebih repot, Anda bisa memeras sarinya dan mencampurnya dengan bahan lain seperti madu kemudian mengoleskannya ke wajah.

15.  Mencegah Osteoporosis

Manfaat selanjutnya yang juga penting untuk diketahui adalah mencegah osteoporosis. Tulang membutuhkan banyak mineral khususnya kalsium agar bisa tetap kuat dan sehat saat usia semakin bertambah. Untuk itu, sambil rutin berolahraga, Anda bisa mengonsumsi buah ini sebagai camilan sehatnya.

16.  Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Jeruk bali merupakan salah satu buah yang mengandung spermidine. Zat ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel dari tanda-tanda penuaan yang mudah muncul seperti keriput. Karena itu, Anda bisa rajin mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan manfaat tersebut. Selain memakan makanan sehat, kulit akan terlihat lebih muda dan terawat jika Anda membiasakan tidur cukup dan tidak stress.

17.  Sebagai Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk bali selanjutnya adalah sebagai makanan alami untuk menurunkan berat badan. Jeruk bali merupakan salah satu buah yang baik untuk menurunkan berat badan serta melangsingkan perut. Selain itu, serat buah ini juga akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

18.  Memperkuat Sistem Imun

Karena kaya vitamin C serta nutrisi lainnya, buah jeruk bali merupakan sumber nutrisi alami yang bagus untuk memperkuat sistem imun. Dengan sistem imun yang kuat, Anda tidak akan mudah sakit terutama ketika cuaca sedang benar-benar tidak bersahabat. Sistem imun yang kuat juga akan mempercepat penyembuhan dari sakit.

19.  Menyegarkan Tubuh

Apabila tubuh sedang dalam kondisi loyo dan tidak bersemangat, Anda bisa membuat minuman hangat dari sari buah jeruk bali yang dicampur dengan minuman lain seperti teh. Setelah meminumnya, badan yang loyo dan tidak bersemangat akan lebih ringan. Jika suasana sedang panas, Anda juga bisa membuat minuman jus dari buah ini.

20.  Menghaluskan Kulit

Manfaat jeruk bali yang terakhir adalah bisa membuat kulit lebih cerah dan halus. Namun, perlu diingat untuk tidak mengoleskannya pada kulit wajah yang luka, karena hal ini akan membuat kulit wajah yang luka terasa perih.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah jeruk bali. Selain dimanfaatkan untuk kesehatan, buah ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan sebuah karya seni. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon