Senin, 24 Oktober 2016

Manfaat Buah Durian dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Durian adalah buah tropis yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan juga aromanya yang harum adalah daya tarik dari buah ini. Selain itu, ada banyak sekali manfaat buah durian yang bisa diperoleh dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Daging buahnya memiliki tekstur yang lembut, harum dan juga lezat.

Saking enaknya, buah ini dikenal dengan nama King of Fruit pada berbagai negara. Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif mengekspor buah durian berkualitas terbaik ke mancanegara. Untuk bisa menghasilkan buah, waktu yang diperlukan untuk pohon durian adalah 4 sampai dengan lima tahun setelah penanaman. Termasuk buah musiman membuat durian begitu diburu ketika sudah memasuki masa panen.


Kandungan Nutrisi Buah Durian


Selain memiliki cita rasa yang menggiurkan, buah durian mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah karbohidrat, protein, vitamin B,C, lemak tak jenuh, magnesium,     fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6 serta antioksidan. Selain itu, daging buah durian juga mengandung mineral yang melimpah diantaranya adalah asam amino triptofan, potasium, asam pantotenat, asam folat, riboflavin, thiamin dan niacin. Melihat banyaknya kandunganya tersebut, tak heran jika ada banyak sekali manfaat buah durian.

Meskipun demikian, mengonsumsi buah durian secara tidak benar bisa menyebabkan efek samping. Karena ada beberapa kandungan yang terkandung sehingga mampu menimbulkan efek samping. Sebelum membahas mengenai efek sampingnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah durian bagi kesehatan tubuh manusia.


17 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

1.  Menyehatkan Tulang dan Persendian

Manfaat yang pertama adalah menyehatkan tulang dan juga persendian. Pasalnya, buah durian mengandung kalsium dan potasium yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan persendian seperti ruas jari, lutut dan juga kesehatan tulang.

2.  Menstabilkan Darah

Manfaat selanjutnya adalah mengatur kestabilan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mangan yang tinggi dalam buah durian. Walaupun begitu, mengonsumsi buah ini dalam dosis yang tinggi tidak baik untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

3.  Menjaga Kesehatan Tiroid

Manfaat dari daging durian selanjutnya adalah menjaga kesehatan tiroid. Hal ini sangat wajar mengingat durian mengandung tembaga yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tiroid.

4.  Mencegah Migrain

Bagi Anda yang seringkali migrain bisa mencoba untuk mengonsumsi buah durian dalam dosis yang tidak berlebihan. Pasalnya, durian mengandung vitamin B2 dan juga senyawa iboflavin yang sangat bermanaat untuk mencegah sakit kepala sebelah atau migrain.

5.  Menjaga Nafsu Makan

Untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, Anda bisa mencoba memberi mereka buah durian matang. Hal ini dikarenakan buah ini bayak mengandung vitamin B1 yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga nafsu makan.

6.  Mengatasi Depresi

Pernah mendengar bahwa buah durian mampu mengatasi stress atau depresi? Informasi tersebut tidaklah salah karena di dalam buah ini memang terkandung piridoksin dan vitamin B6 yang dapat menenangkan saraf-saraf tubuh. Apalagi, rasanya yang enak dan juga lembut akan membuat siapa saja yang memakannya merasa nyaman.

7.  Menjaga Kesehatan Gigi dan Juga Mulut

Buah durian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan posfor di dalam buah ini. Tak hanya itu, kandungan kalium yang ada pada buah durian juga menguatkan gigi.
8.  Mengatasi Penyakit Anemia

Manfaat buah durian selanjutnya adalah mengatasi penyakit anemia. Buah ini mengandung vitamin B9 dan asam folat yang tinggi. Dimana kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menghasilkan sel darah merah yang dibutuhkan oleh penderita anemia. Dengan begitu, kekurangan darah pada penderita anemia bisa diatasi.

9.  Melancarkan Pencernaan

Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Daging durian juga bisa mengatasi masalah sembelit atau buang air besar yang tidak lancar.

10.  Menjaga Kesehatan Kulit

Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut tentunya menjadikan buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah durian juga membuat buah ini mampu mencegah proses penuaan dini.

11.  Sumber Energi

Dalam 100 g daging durian, setidaknya terkandung 147. Jumlah kalori tersebut tentu terbilang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan jenis lainnya. Durian mengandung gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang sangat mudah dicerna dalam tubuh sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi terbaik. Kandungan potasium yang terdapat dalam buah ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh.

12.  Mengatasi Insomnia

Buah durian juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia atau sulit tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa asam amino dan triptofan yang bermanfaat untuk merangsang rasa kantuk manusia secara alami. Kandungan triptofan yang masuk ke dalam otak akan diubah bentuknya menjadi serotonin sehingga menimbulkan efek bahagia dan rileks. Bahkan banyak penelitian yang menjelaskan bahwa triptofan sangat efektif untuk mengatasi insomia, stress, masalah kecemasan dan depresi.

13.  Menyehatkan Sistem Kardiovaskular

Durian mengandung lemak mono yang bersifat tak jenuh dan sangat sehat untuk jantung. Kandungan ini bahkan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Apalagi, durian juga mengandung serat pangan yang tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat mengurangi serta mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sebelum berbentuk plak di bagian arteri.

14.  Mencegah Kanker

Manfaat dari buah durian selanjutnya adalah mencegah risiko kanker pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini yang berperan sebagai senyawa antioksidan. Senyawa antioksidan ini berfungsi untuk mengurangi tekanan oksidatif dalam tubuh yang mampu merusak DNA sebagai penyebab penyakit kanker. Tak hanya itu, vitamin C dalam buah durian juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

15.  Menurunkan Berat Badan

Durian juga bisa membantu Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, buah ini mengandung serat pangan yang tinggi, kaya vitamin serta mineral, bersifat non kolesterol dan memiliki kandungan air yang tinggi. Sama halnya dengan alpukat yang memiliki lemak sehat, Anda juga bisa menjadikan durian sebagai sumber energi dalam menjalani aktivitas sehingga mengonsumsi karbohidrat seperti nasi bisa dikurangi. Meskipun demikian, mengonsumsi buah durian secara berlebihan tetap tidak dianjurkan.
16.  Afrodisiak Alami

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli kepada tikus percobaan yang diberikan ekstrak durian selama beberapa waktu, terlihat perbedaan bahwa ternyata durian mampu meningkakan libido dan juga sperma. Para peneliti berpendapat bahwa hal ini dikarenakan adanya kandungan sterol, konsentrasi glikosit, flavanoid, dan saponin yang tinggi di dalam buah ini. Sebelum dilakukan penelitian tersebut, masyarakat tradisional bahkan sudah mempercayai bahwa durian bisa dijadikan sebagai afrodisiak alami.

17.  Meredakan Batuk

Selain dagingnya, bagian dari buah durian yang bermanfaat bagi kesehatan adalah kulitnya. Berdasakan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ekstrak dari kulit durian mengandung senyawa yang bersifat analgesik dan antibiotik. Dimana kandungan tersebut berfungsi sebagai obat pereda nyeri herbal dan meredakan batuk.


5 Efek Samping Buah Durian yang Perlu Anda Ketahui


Buah durian memiliki rasa yang sangat nikmat dan mengandung nutrisi yang tinggi. Tapi pada kenyataannya, ada banyak penelitian yang menyebutkan efek samping dalam mengonsumsi buah durian. Terutama pada penderita penyakit tertentu, dimana mereka sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian, karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa efek samping buah durian yang perlu Anda ketahui.

1.  Menyebabkan Keguguran

Bagi Anda yang sedang hamil, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah durian. Terutama untuk ibu hamil yang usia kandungannya masih sangat muda. Karena bisa mengakibatkan keguguran pada janin. Setidaknya ada banyak alasan mengapa buah durian tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Salah satunya adalah karena efek panas yang dimiliki durian. Dimana janin tidak akan sanggup untuk menahan efek panas tersebut. Selain itu, efek panas tersebut mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi seperti pada buah nanas, tape dan juga nangka. Jadi untuk wanita hamil sebaiknya menghindari makanan seperti durian, nanas, tape dan juga nangka.

2.  Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Efek samping selanjutnya adalah meningkatkan kadar gula dalam darah lebih cepat dibandingkan dengan gula pasir. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah durian. Bagi yang normal sekalipun, tidak boleh mengonsumsi buah ini secara berlebihan, karena akan memicu risiko terkena diabetes. Hal tersebut wajar mengingat buah durian memang mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi.

3.  Membahayakan Jantung

Efek samping yang juga akan muncul ketika Anda memakannya bersama dengan alkohol. Apalagi buah durian juga memberikan efek panas yang mengandung alkohol sehingga sangat berbahaya jika dikombinasikan dengan minuman alkohol. Selain itu, kandungan kolesterol dan alkohol yang ada dalam buah durian juga membahayakan kesehatan jantung.

Sekedar informasi, alkohol dalam buah durian yang dipadukan dengan minuman beralkohol akan menghasilkan belerang atau sulfur. Jika sulfur tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dalam jumlah yang banyak maka akan menyebabkan kematian. Pasalnya sulfur adalah zat yang sangat tidak diperbolehkan masuk ke dalam tubuh manusia.

4.  Hipertensi

Sama halnya dengan penderita penyakit jantung, orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi juga diusahakan untuk tidak mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Pasalnya penderita hipertensi biasanya berkaitan dengan komplikasi penyakit jantung. Dalam buah durian, terkandung alkohol yang bisa menaikkan tekanan darah.

Tekanan darah yang semakin tinggi akan memicu jantung berdetak lebih cepat sehingga mengakibatkan terjadinya serangan jantung. Jika serangan jantung dan hipertensi datang secara bersamaan, maka efek terburuk yang bisa terjadi adalah kematian. Sehingga tak heran jika penderita hipertensi sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian.

5.  Mengganggu Kesehatan Ginjal

Efek samping buah durian yang terakhir adalah mengganggu kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan methanol, ethyl metacrylate dan ethanol dalam buah ini yang sifatnya tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah durian dan efek sampingnya untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon