Selasa, 11 Oktober 2016

14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah duku merupakan salah satu anggota suku Meliaceae. Buah ini dibudidayakan di banyak tempat di Asia Tenggara. Jadi tidak hanya di Indonesia, buah ini juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia Tenggara. Keunggulannya adalah harganya yang relatif terjangkau dan cukup mudah dibudidayakan. Meskipun ada bagian buah yang terasa pahit, namun ternyata bagian yang pahit tersebut bisa menjadi obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kira-kira apa saja ya kandungan nutrisi dan manfaat buah duku ini? Berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Duku


Buah duku atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Lansium Paraciticum ini mengandung banyak nutrisi penting dalam daging buahnya. Oleh karena itu, tidak heran jika ada banyak manfaat dari buah yang satu ini. Beberapa nutrisi dalam 100 gram buah duku diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Buah duku didominasi oleh vitamin yang beragam seperti vitamin A, C, B1 (thiamin), B2 (riboflavin), dan sebagainya. Walaupun masing-masing vitamin tersebut dalam jumlah kecil, namun beberapa vitamin tersebut bermanfaat ketika dikonsumsi oleh tubuh.

2.  Mineral

Selain vitamin, berbagai jenis mineral juga ditemukan dalam buah ini. Beberapa diantaranya adalah kalsium, zat besi, fosfor dan masih banyak lagi.

3.  Lain-lain

Nutrisi penting lainnya yang terdapat dalam buah duku diantaranya adalah kalori, serat, protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya. Buah yang mengandung kalori 63 kkal per 100 gram ini mengandung karbohidrat 13 gram,  lemak 0.2 gram, serat 1 gram dan protein 1 gram.


Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1.  Memperkuat Sistem Imun

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber alami untuk memperkuat sistem imun. Hal ini, karena kandungan vitamin penting untuk sistem imun seperti vitamin C. Jika sistem imun kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit yang sering muncul ketika musim pancaroba seperti flu, demam, batuk dan sebagainya.

2.  Sumber Energi Alami

Manfaat berikutnya adalah mencukupi asupan energi untuk proses metabolisme dalam tubuh. Hal ini tidak lain dan tidak bukan, karena adanya kandungan kalori dan karbohidrat dalam buah ini yang memiliki peran penting terutama dalam proses pembakaran energi.

3.  Menjaga Kelembapan Alami Pada Rambut

Manfaat selanjutnya yang wajib diketahui oleh para wanita maupun pria adalah memberikan kelembapan alami pada setiap helai rambut. Seperti yang kita tahu, rambut yang terlalu kering dan kaku akan menyebabkan berbagai kerusakan rambut. Karena itulah, nutrisi yang melembabkan rambut perlu Anda dapatkan.
4.  Sebagai Obat Alami Untuk Cacingan

Manfaat berikutnya yang penting untuk diketahui para kaum ibu adalah manfaat buah duku untuk mengatasi cacingan yang sering dialami oleh anak-anak. Anda bisa memberikan anak yang cacingan beberapa butir buah duku. Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan biji buah duku untuk ditumbuk halus dan dicampur dengan air 1/4 gelas. Campuran tersebut diminum 2 kali sehari.

5.  Membantu Melancarkan Sistem dan Kinerja Organ Pencernaan

Manfaat lainnya dari buah duku adalah membantu sistem pencernaan tubuh agar tetap bekerja optimal. Manfaat ini didapatkan dari kandungan serat dari buah ini. Serat yang cukup akan mudah diserap dan diproses oleh organ pencernaan sehingga hasil feses yang sering mengandung zat berbahaya pada tubuh bisa dikeluarkan dengan lancar dan tidak menumpuk di perut.

6.  Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Manfaat buah duku untuk kecantikan yang akan sangat penting diketahui oleh para kaum remaja adalah sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat terutama yang terdapat pada wajah. Vitamin B kompleks dan vitamin C akan mengusir bakteri penyebab jerawat tanpa harus meninggalkan bekas setelahnya.

7.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang memiliki program diet dan ingin menurunkan berat badan, buah duku merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bagus untuk membatasi asupan kalori yang berlebih sehingga berat badan tidak bertambah. Selain itu, kandungan karbohidrat dari buah ini juga akan membuat orang yang berdiet akan merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga bisa menjadi snack sehat saat diet.

8.  Mempercepat Proses Penyembuhan Saat Sakit

Manfaat lainnya adalah sebagai asupan alami agar ketika sakit proses penyembuhannya lebih cepat. Hal ini, karena nutrisi dalam buah duku yang memiliki sifat antioksidan terhadap berbagai radikal bebas pembawa virus dan bakteri penyebab penyakit. Antioksidan tersebut tidak hanya memerangi penyakit namun juga membangun kekuatan tubuh yang sakit.

9.  Menutrisi Kulit Agar Tampak Muda dan Sehat

Manfaat berikutnya yang penting untuk diketahui oleh kaum wanita adalah memberi nutrisi kulit dari dalam. Kulit juga memerlukan nutrisi seperti vitamin E dan C agar dapat selalu sehat. Vitamin C dari buah ini akan menutrisi kulit sekaligus memberikan keremajaan pada kulit. Dengan begitu, kulit yang ternutrisi akan terhindar dari gangguan seperti kulit hitam karena sinar matahari dan sebagainya.

10.  Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit

Radikal bebas yang masuk ke dalam jaringan kulit akan menyebabkan proses penuaan dini berlangsung lebih cepat. Hal ini bisa dibuktikan dengan rasa gatal di kulit serta adanya kerutan, keriput, serta masalah lainnya pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi daging buah duku dan mengoleskan kulit buahnya ke area kulit yang gatal.

11.  Menjaga Kesehatan Kuku

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kuku. Daripada menggunakan obat kimia, Anda bisa merawat kuku dengan memanfaatkan buah duku. Perawatan ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menusukkan kuku ke daging buahnya.

12.  Mengatasi Demam Tinggi

Jika suatu kali anak atau anggota keluarga mengalami demam dan tidak memiliki nafsu makan, Anda bisa memberikan daging buah duku untuk mereka makan. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat demam alami dari biji buah duku yang dihaluskan dan dicampur dengan air minum.

13.  Memperkuat Gigi dan Gusi

Selain kalori dan karbohidratnya, kandungan mineral seperti kalsium dalam buah duku juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kalsium akan membuat gigi menjadi lebih kuat, sementara pada gusi, kalsium akan membantu gusi agar tidak mudah terkikis bahkan berdarah. Jadi, selain rutin gosok gigi, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk gigi dan gusi.
14.  Sebagai Obat Alami Untuk Diare

Manfaat buah duku yang terakhir adalah sebagai obat alami untuk diare. Diare bisa terjadi karena kurangnya konsumsi makanan yang kaya serat. Karena itu, orang yang mengalami diare perlu mengonsumsi makanan dan buah kaya serat seperti buah duku ini.

Buah duku memang umumnya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung. Namun, jika Anda bosan dengan cara umum ini, Anda bisa mencoba mengolah buah duku untuk diolah menjadi makanan atau minuman seperti pudding, kue, kerupuk dan sebagainya. Hanya saja, untuk mengolah buah ini, proses yang diperlukan tidak sebentar.

Demikian beberapa informasi seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah duku baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dari uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa tidak hanya daging buah duku saja yang bermanfaat, kulit maupun biji buah duku juga memiliki manfaat tersendiri yang sama pentingnya. Bagaimana menurut Anda?

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon