Senin, 17 Oktober 2016

20 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Ceri merupakan bagian dari keluarga buah yang sama dengan buah persik, plum, aprikot dan almond. Keluarga buah yang sering kita sebut sebagai buah-buahan pencuci mulut atau buah-buahan yang sering digunakan sebagai hiasan untuk koktail. Ada dua jenis utama ceri, yaitu manis dan asam. Ceri manis paling enak dimakan segar, sementara ceri asam sering digunakan dalam memasak.

Disamping rasanya yang menyegarkan, ternyata ada banyak sekali manfaat buah ceri yang bisa diperoleh bagi orang yang mengonsumsinya. Hal ini, karena ceri kaya akan antioksidan dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Untuk mengetehaui apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ceri berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Ceri


Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam buah ceri. Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah ceri diantaranya adalah vitamin A, C, antioksidan, anthocyanin dan mineral. Selain itu, buah ceri juga mengandung ellagic acid, melatonin, anthocyanin, perillyl dan bioflavonoid yang membuatnya sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.


Berbagai Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan


Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

1.  Antioksidan

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh menghalau radikal bebas atau racun yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, antioksidan memang berfungsi untuk menguatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya termasuk kanker.

2.  Anti Inflamasi

Buah ceri juga mengandung zat yang bersifat anti inflamasi. Hal inilah yang membuat buah ini mampu menurunkan demam dan mengurangi gejala peradangan.

3.  Membuat Tidur Nyenyak

Di dalam buah ceri, terkandung melatonin yang berfungsi untuk mengatur tidur manusia. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan mengoptimalkan saraf-saraf otak agar berfungsi secara optimal. Manfaat ini hampir sama dengan coklat yang membuat otak dan tubuh terasa rileks.

4.  Antiseptik

Manfaat selanjutnya adalah sebagai antiseptik. Bagian yang bisa dijadikan sebagai antiseptik adalah bagian daun buah ceri. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam daun buah ceri seperti flavonoid, saponin dan tanin yang memiliki sifat anti bakteri. Setidaknya ada banyak bakteri yang bisa dilawan oleh daun buah ceri ini seperti bakteri S. aureus, C. diphtheriae, S. epidermidis, K. Rhizophil dan P. vulgaris.

5.  Mengobati Asam Urat

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan manfaat buah ceri yang satu ini. Karena memang, banyak orang di Indonesia yang sering memanfaatkan buah ini untuk mengatasi masalah asam urat. Manfaat yang satu ini memang sudah terbukti. Bahkan buah ceri juga bisa mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat.

6.  Mengurangi Nyeri Otot

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi  nyeri otot. Dalam buah ceri, terkandung senyawa anti inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah rasa nyeri pada otot. Bahkan ada sebuah studi terkait khasiat ceri yang diuji Amerika Serikat, bahwa atlet lari yang sebelum bertanding meminum jus ceri, rasa nyeri ototnya lebih sedikit dibandingkan dengan para atlet yang tidak meminum jus buah ceri.
7.  Kram Perut

Kandungan antiseptik yang ada di dalam buah ceri juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kram perut. Selain buahnya, bagian yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut adalah bunga buah ceri.

8.  Anti Tumor

Buah ceri mengandung flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan tinggi. Kandungan flavonoid tersebutlah yang mampu menjinakan tumor.

9.  Melindungi Jantung

Manfaat selanjutnya adalah melindungi jantung. Ceri terutama daunnya mengandung senyawa yang bermanfaat melindungi miokardium. Di mana hal ini akan meminimalisir terjadinya kebocoran enzim pada miokardium.

10.  Pengeluaran Racun

Buah ceri memiliki kandungan yang dapat mengeluarkan racun. Detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dengan menggunakan buah ceri sangatlah aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

11.  Penghilang Rasa Sakit

Tak hanya menghilangkan rasa nyeri akibat asam urat, manfaat buah ceri lainnya adalah  menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Menariknya, buah ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

12.  Meningkatkan Gairah Untuk Suami Istri

Seperti yang sempat disinggung, buah ceri mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Oleh karena itu, tak mengherankan jika manfaat dari buah ceri selanjutnya adalah meningkatkan gairah baik untuk wanita maupun pria.

13.  Efektif Untuk Diuretik

Di dalam buah ceri, terkandung senyawa kalium yang sangat bermanfaat untuk mengobati diuretik yang efektif. Sekedar informasi, sistem diuretik yang dikatakan baik dapat menjaga keteraturan dari proses pembuangan urin.

14.  Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa dalam buah ceri mengandung senyawa yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta mengatasi trigliserida yang rendah. Hal inilah yang membuat buah ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan juga diabetes.

15.  Meningkatkan Energi

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan energi dalam tubuh. Buah ceri mengandung nutrisi yang lengkap dan bisa dijadikan sebagai sumber energi manusia. Tak hanya itu, jika dikonsumsi secara rutin maka buah ini dapat meningkatkan energi. Kandungan dalam buah ceri juga dapat mengubah metabolisme sehingga berat badan bisa turun secara efektif.
16.  Mengobati Penyakit Jaringan Ikat

Buah ceri mengandung kalium yang cukup tinggi. Di mana kandungan tersebut dapat mengontrol retensi air. Tak hanya itu, kandungan kalium tersebut juga bermanfaat untuk mengobati penyakit jaringan ikat dan neurodegenerative autoimun.

17.  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat selanjutnya yang penting juga untuk diketahui adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi buah ceri secara teratur baik di jus atau dikonsumsi langsung tentu saja dapat mengurangi risiko terkena stroke akibat tekanan darah yang tinggi.

18.  Meredakan Gejala Flu

Kandungan anti inflamasi dan anti bakteri dalam buah ceri juga berkhasiat untuk meredakan gejala flu yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

19.  Mengatasi Penyakit Diare

Manfaat berikutnya adalah mengatasi penyakit diare. Hal ini dikarenakan adanya kandungan anti bakteri dan antioksidan di dalam buah ceri yang dapat menghalau segala penyebab munculnya penyakit seperti bakteri, racun dan lain sebagainya.

20.  Meredakan Sakit Kepala

Mengingat bahwa buah ceri mengandung zat melatonin yang menenangkan, maka tak heran jika manfaat dari buah ini yang lainnya adalah meredakan sakit kepala.

Demikianlah ulasan terkait dengan kandungan nutrisi dan manfaat buah ceri untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda terkait dengan pengobatan alami dan aman.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon