Minggu, 09 Oktober 2016

5 Manfaat Buah Buni, Kecil-kecil Cabe Rawit

Buah buni mungkin jarang terdengar di telinga kita. Namun, buah ini sering terdapat dalam rujak. Banyak juga beredar produk sirup dan selai buah buni. Buah buni termasuk dalam beri-berian. Bentuknya seperti anggur, ukurannya kecil dan tumbuhnya bergerombol. Di balik ukurannya yang kecil itu ternyata ada banyak sekali manfaat buah buni.

Apa Saja Manfaat Buah Buni?


Manfaat Buah Buni

Buah buni kaya akan nutrisi-nutrisi yang banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat buah buni bagi kesehatan:

1.  Mencegah Darah Tinggi

Buah buni memiliki banyak kandungan antosianin yang menyebabkan warna ungu kehitaman pada buah ini. Kadar antosianin yang tinggi bagus untuk tubuh karena menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh, yaitu LDL. LDL disebut sebagai lemak jahat karena mudah menggumpal dan menyumbat saluran darah, menyebabkan tekanan darah tinggi. Berkurangnya kadar LDL maka tekanan darah normal, risko penyakit-penyakit seperti pembuluh darah pecah hingga serangan jantung pun dapat dikurangi. Kadar LDL yang rendah juga berarti kadar kolesterol jelek yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya rendah.

2.  Bagus Untuk Saluran Pencernaan

Bagi Anda yang suka mengalami konstipasi atau sulit buang air besar (BAB), disarankan untuk mengonsumsi buah buni. Buah buni memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga manfaat buah buni sangat bagus untuk memperlancar kinerja saluran pencernaan agar BAB lebih teratur. BAB yang teratur dapat mengeluarkan semua racun dalam tubuh kita. Selain itu, pada jangka panjang dapat menurunkan risiko penyakit kanker pada bagian pencernaan, seperti kanker usus.
3.  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah buni mengandung kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin C baik bagi tubuh karena merupakan antioksidan, yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang sehari-hari memapari tubuh kita, seperti polusi udara, dan sinar UV yang terdapat pada sinar matahari.

4.  Bagus Untuk Pertumbuhan

Vitamin C berperan dalam pertumbuhan segala bagian tubuh, mulai rambut, tulang, hingga gigi. Ini disebabkan karena vitamin C mendorong peningkatan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang sangat penting dan merupakan bahan utama bagi tubuh untuk menumbuhkan kulit, otot, tulang, dan saluran darah. Selain pertumbuhan, ini juga berarti vitamin C juga berperan penting dalam proses penyembuhan tubuh karena membantu pembentukan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel lama yang rusak dan mati. Kandungan kolagen dalam tubuh juga penting bagi kesehatan kulit Anda. Vitamin C, bekerja sama dengan vitamin E, ikut berperan penting dalam memperbaharui sel-sel kulit mati dengan kulit baru yang sehat, lembab, dan bercahaya.

5.  Bersifat Anti-Inflamasi

Manfaat buah buni salah satunya adalah sifatnya yang anti-inflamasi. Ini sangat penting karena dapat meningkatkan pertahanan tubuh kita pada alergi. Beberapa alergi sangat merugikan kita seperti alergi kulit berupa gatal-gatal, jerawat, dan bisul. Selain itu sifat anti-inflamasi dapat membantu sel darah putih dalam darah kita dalam perannya memerangi benda-benda asing yang merugikan tubuh seperti virus, juga mempercepat proses penyembuhan kerusakan dalam tubuh yang disebabkan oleh benda-benda asing tadi.

Dengan begitu banyaknya khasiat buah buni, pasti Anda penasaran dengan cara pengolahannya. Selain dapat dijadikan rujak, selai, sirup seperti yang disebutkan pada awal artikel, buah buni dapat dikonsumsi dengan cara lain, seperti ditumbuk, atau diseduh. Ampas hasil seduhan buah buni dapat pula digunakan lagi menjadi obat yang dioleskan pada luka.

Selain itu manfaat buah buni dapat kita perkuat dengan dikonsumsi bersama bahan-bahan lain. Salah satu contohnya adalah dicampur dengan akar rimpang kunyit serta asam kandis, untuk mengobati kekurangan darah.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon