Kamis, 13 Oktober 2016

Inilah 20 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Tanaman bit atau Beta Vulgaris merupakan salah satu tanaman yang daun maupun umbi buahnya menghasilkan banyak manfaat bagi manusia. Sayangnya, hanya beberapa atau sebagian kecil saja orang yang mengetahui manfaat dari daun maupun buah bit ini. Daun bit bagi beberapa orang dijadikan sebagai sayuran yang menyehatkan. Lalu, bagaimana dengan manfaat buahnya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat buah yang berbetuk bulat dengan warna merah keunguan ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui kandungan nutrisinya terlebih dahulu.


Kandungan Nutrisi Buah Bit


Buah yang juga disebut dengan Chukandar oleh orang Barat ini mengandung banyak nutrisi penting dalam 100 gram buahnya. Beberapa nutrisi tersebut diantara adalah sebagai berikut.

1.  Vitamin

Buah bit mengandung sekitar 10 jenis vitamin di dalamnya seperti A, C, E, K, B1, B2, B3, B5, B6 dan asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang paling banyak terdapat dalam buah ini, yaitu sekitar 109 µg setiap 100 gramnya atau setara dengan 27% persen dari totalnya. Vitamin terbanyak kedua, yaitu vitamin C (asam askorbat) diikuti vitamin B6, B2, B5, B1, B3, vitamin A, E dan vitamin K.

2.  Mineral

Mineral dalam buah bit juga cukup banyak, diantaranya adalah zinc, zat besi, magnesium, tembaga, mangan dan kalsium. Jumlah mineral yang paling banyak dari buah ini adalah mangan, diikuti zat besi,  tembaga, magnesium, zinc dan kalsium. Karena kandungan mineral tersebut, tidak heran jika ada banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk tubuh orang yang mengonsumsinya.

3.  Elektrolit

Selain vitamin dan mineral, elektrolit juga merupakan komponen penting bagi tubuh, karena tubuh sendiri membutuhkan banyak cairan elektrolit dalam metabolisme kimianya. Ada 2 jenis elektrolit penting dari buah bit yang bisa didapatkan, yaitu potasium dan sodium. Masing-masing nutrisi elektrolit tersebut, dalam 100 gram buah bit adalah 325 mg dan 78 mg.

4.  Fitonutrien

Untuk memaksimalkan kesehatan tubuh, fitonutrien juga merupakan komponen yang penting. Walaupun dalam julah kecil dalam 100 gram buah bit, fitonutrien seperti betakaroten, lutein-zeaxanthin dan betain akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

5.  Lain-lain

Selain komponen nutrisi di atas, nutrisi dasar lainnya yang juga terdapat dalam buah bit antara lain adalah serat, lemak, protein, karbohidrat dan kalori 45 cal. Diantara semua nutrisi dasar tersebut, nutrisi yang paling banyak adalah serat dan karbohidrat.


Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui


Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Pada umumnya, ada banyak sekali manfaat buah bit bagi kesehatan organ dalam maupun bagian luar tubuh seperti rambut dan kulit. Namun, karena ada beberapa zat yang mungkin tidak cocok untuk orang dengan kondisi tertentu seperti orang yang hipertensi, memiliki alergi buah bit, konsumsi sari buah ini harus dengan takaran kecil sesuai dengan rekomendasi ahli nutrisi atau dokter.

1.  Sebagai Makanan Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah bit mengandung cukup serat yang akan berguna bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, kadar kalori yang rendah di dalamnya juga akan mencegah orang yang mengonsumsinya agar tidak obesitas.

2.  Mengatasi Anemia

Manfaat selanjutnya yang juga penting untuk diketahui adalah untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Hal ini, karena adanya zat besi dalam buah bit yang sangat diperlukan dalam produksi sel darah merah. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi berlebihan juga akan menyebabkan tekanan darah rendah yang bisa memunculkan resiko terburuk seperti pingsan.

3.  Mengendalikan Kadar Gula Darah

Orang yang memiliki diabetes dimana kadar gula darahnya tinggi bisa mengkonsumsi buah bit dengan takaran yang direkomendasikan oleh dokter. Buah bit ini tidak hanya memiliki indeks glikemik medium namun juga rendah kalori dan memiliki kadar lemak dibawah 0% sehingga kadar gula darah akan tetap normal.

4.  Mencegah Pembentukan Kapur Oleh Penumpukan Kolesterol Pada Pembuluh Darah

Betacynin dan flavonoid dalam buah bit akan bermanfaat dalam mencegah pembentukan plak di pembuluh darah arteri yang biasanya disebabkan oleh penumpukan kolesterol. Antioksidan dalam buah ini juga akan berguna untuk mencegah kolesterol jahat pemicu stroke dan serangan jantung. Karena tingkat homocysteine buah bit cukup tinggi, konsumsi berlebihan juga bisa memicu penyakit yang sama.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas

5.  Mengatasi Gangguan Kulit Seperti Flek Hitam, Sunburn, Keriput dan Sebagainya

Buah bit tidak hanya akan terasa manfaatnya untuk organ dalam. Buah ini juga juga bermanfaat bagi kulit ketika terkena masalah seperti sunburn, flek hitam dan sebagainya. Sel-sel kulit mati juga bisa terangkat dengan nutrisi dari buah bit. Dengan begitu, kulit pun akan menjadi lebih sehat, halus dan terhindar dari masalah atau tanda-tanda penuaan dini.

6.  Memperkuat Sekaligus Menyehatkan Gigi dan Tulang

Manfaat buah bit yang tidak kalah penting adalah dalam menyehatkan tulang dan gigi. Kedua komponen tubuh tersebut membutuhkan asupan kalsium agar tetap sehat. Kalsium tersebut bisa didapatkan dari buah yang satu ini.

7.  Menutrisi Calon Bayi

Para wanita hamil bisa mendapatkan manfaat dari buah bit ini untuk mendukung kesehatan bayinya. Dengan asupan nutrisi seperti folat, perkembangan bayi akan lebih maksimal. Namun perlu diingat bahwa buah ini jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil maupun menyusui tidak terlalu baik untuk bayi, karena buah ini memiliki efek detoksifikasi yang kuat atau cenderung keras bagi bayi.

8.  Menyehatkan Folikel Rambut dan Mengatasi Masalah Rambut

Manfaat berikutnya adalah melancarkan sistem peredaran darah pada kulit kepala sehingga folikel rambut pun menjadi lebih sehat. Kandungan karoten dalam buah ini juga dapat meningkatkan kualitas produksi rambut agar lebih tebal dan kuat. Masalah rambut seperti ketombe, gatal dan rambut kering atau rontok, buah ini juga bisa dimanfaatkan dengan takaran konsumsi yang tepat.

9.  Sebagai Sumber Energi Bagi Calon Ibu Selama Masa Kehamilan

Karena mengandung karbohidrat, serat dan kalori, buah ini juga dianggap bagus untuk dikonsumsi oleh para calon ibu yang tengah mengandung. Calon ibu yang mengalami gangguan tidur juga akan lebih rileks dan tidak mudah stress setelah mengonsumsi sari buah bit dengan takaran yang tepat.

10.  Mencegah Konstipasi atau Sembelit

Konsumsi buah bit yang mengandung cukup serat juga akan berguna untuk menyehatkan organ dan sistem pencernaan sehingga tidak mengalami sembelit. Buah ini memiliki sifat laxative sehingga jika dikonsumsi secukupnya akan mencegah masalah sembelit. Namun, jika berlebihan buah ini juga akan justru menyebabkan masalah diare.

11.  Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan adalah mencegah kanker seperti kanker usus dan kanker hati. Untuk mendapatkan manfaat  ini, Anda bisa mengolah buah bit dengan cara dikukus, direbus, dipanggang atau dimakan langsung. Jika dimakan langsung, Anda bisa mencampurnya dengan salad berbahan sayur dan buah lainnya.

12.  Mencegah Penyakit Degenerative Pada Otak Seperti Dementia

Kandungan nutrisi dalam buah bit juga berguna untuk mencegah dan meminimalisir resiko penyakit degenerative di masa tua seperti dementia. Hal ini, karena kandungan nitrat dalam buah ini yang akan membantu penyuplaian oksigen dalam darah hingga ke jaringan saraf.

13.  Sebagai Viagra Alami

Buah bit juga bermanfaat sebagai bahan herbal untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual seseorang. Hal ini, karena kandungan nitrat dalam buah ini yang akan membantu meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Boron dalam buah ini juga membantu meningkatkan produksi hormon yang berkaitan dengan organ seksual.

14.  Memaksimalkan Kekuatan Otak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah bit tidak hanya berguna untuk mencegah penyakit pada otak. Pada orang normal, buah ini akan berguna untuk meningkatkan dan memaksimalkan kekuatan otak sehingga seseorang dapat berpikir baik ketika harus memecahkan masalah pelik.

15.  Sebagai Makanan Alami Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Manfaat buah bit lainnya adalah untuk mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit yang masih berhubungan dengan otak ini bisa dicegah dengan konsumsi buah bit secukupnya, karena kandungan asam folat dalam buah ini akan mencegah dan mengatasi gejala yang mungkin timbul.

16.  Sebagai Antioksidan Pada Enzim Tubuh

Banyaknya vitamin dalam buah ini menandakan bahwa buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh dalam memperkuat sistem imun sehingga terhindar dari bakteri dan virus pembawa penyakit.

17.  Merilekskan Saraf

Orang yang gelisah atau stress umumnya disebabkan, karena otot maupun jaringan saraf yang terlalu tegang ketika memikirkan atau merasakan sesuatu. Karena itu, agar otot dan saraf lebih rileks, mineral seperti magnesium dalam buah bit perlu untuk dikonsumsi.

18.  Meningkatkan Kesehatan dan Kemampuan Mata

Buah bit yang mengandung karoten yang penting bagi kesehatan mata. Selain menyehatkan mata, kandungan nutrisi dalam buah ini juga dapat mencegah mata dari penyakit-penyakit tertentu di masa tua. Namun, bagi mereka yang alergi dengan buah ini, mereka bisa mencari sumber karoten dari buah dan sayur lainnya seperti wortel atau lainnya.

18.  Mencegah Gangguan Kesehatan Hati

Manfaat buah bit bagi organ hati juga merupakan hal yang penting untuk diketahui. Buah ini tidak hanya bermanfaat untuk organ jantung. Organ penting seperti hati juga membutuhkan nutrisi dari buah bit. Namun, orang yang memiliki gangguan batu ginjal untuk tidak mengonsumsi secara berlebih, karena buah ini mengandung oksalat. Selain itu, betanin juga mungkin akan menyebabkan urin dan feses berwarna kemerah-merahan.

19.  Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit ringan seperti flu hingga penyakit berat seperti kanker perlu dihindari dan diusir dari tubuh. Caranya adalah dengan mengonsumsi buah bit yang kaya akan vitamin, mineral, elektrolit dan banyak nutrisi penting lainnya. Nutrisi tersebut akan sangat berguna dalam memperkuat sistem imun yang melawan radikal bebas.

20.  Mengatasi Masalah Menstruasi

Masalah menstruasi seperti pening, pegal punggung, sakit perut dan lainnya yang sering dialami oleh kaum wanita juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah bit secukupnya. Anda harus ingat, buah ini harus dikonsumsi secukupnya, karena terlepas dari menstruasi atau tidak, buah ini juga bisa memicu sakit perut.

Demikian beberapa info seputar kandungan nutrisi dan manfaat buah bit bagi kesehatan yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Selain cara pengolahan, penyimpanan dan pemilihan buah bit yang bagus juga perlu Anda ketahui lebih jauh. Sebagai contoh, agar tetap segar, Anda bisa menyimpan buah ini ke dalam plastik rapat dan memasukkannya ke dalam kulkas.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon