Minggu, 23 Oktober 2016

Manfaat Buah Bintaro dan Bahayanya yang Harus Anda Ketahui

Bagi sebagian orang, buah bintaro mungkin masih terdengar asing. Namun perlu Anda ketahui, buah bintaro ini tidak untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena buah bintaro mengandung racun pada getah dan pohonnya. Buah bintaro akan mengandung minyak yang semakin banyak jika buah tersebut dalam keadaan semakin kering. Minyak tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif jika diolah dengan cara yang tepat. Selain itu, manfaat buah bintaro lainnya juga terbilang cukup banyak. Ingin tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari buah yang berwarna hijau ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.


Manfaat Buah Bintaro dan Bahayanya


Manfaat Buah Bintaro

Manfaat buah bintaro diantaranya yaitu dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif, pengusir tikus, racun untuk anak panah, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, selain manfaat tersebut Anda juga perlu berhati-hati terhadap buah yang satu ini karena memiliki racun yang berbahaya.

1.  Bahan Bakar Alternatif

Manfaat buah bintaro yang pertama yaitu dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Menurut sebuah penelitian, buah bintaro menghasilkan minyak yang dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif. Minyak yang dihasilkan oleh buah yang satu ini juga memiliki kelebihan dibanding dengan jenis bahan bakar lainnya. Hal ini disebabkan karena buah bintaro memiliki bau, residu, dan asap yang terbilang aman.

2.  Sebagai Pengusir Tikus

Jika di rumah Anda terdapat tikus yang berkeliaran, Anda dapat juga memanfaatkan buah bintaro ini untuk mengusirnya. Hal ini dikarenakan buah tersebut memiliki kandungan berupa racun yang bernama cerberin. Racun tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada syaraf pusat otak tikus. Oleh karena itu, buah bintaro ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk mengusir tikus secara alami dan tidak memerlukan biaya.

Untuk mengusir tikus dengan buah bintaro Anda dapat melakukannya dengan meletakkan buah beracun tersebut pada sudut ruangan atau tempat yang sering dilewati oleh tikus. Hal ini bertujuan agar tikus dapat menjauh dari area tersebut karena tikus memiliki penciuman yang kuat, sehingga ketika hewan pengerat tersebut mencium adanya bau bintaro maka tikus dapat segera menjauhi tempat dimana terdapat buah beracun tersebut. Dengan begitu, kini Anda tidak perlu merasa takut lagi dengan gangguan tikus.

3.  Racun Untuk Anak Panah

Selain sebagai pengusir tikus dan bahan bakar alternatif, manfaat buah bintaro lainnya adalah untuk membunuh hewan buruan dengan menggunakan anak panah yang sudah diberikan racun dari buah bintaro tersebut.

4.  Bahan Pembuatan Deodoran

Mungkin manfaat dari buah bintaro yang satu ini belum begitu familiar. Namun pada kenyataannya, buah beracun tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan deodoran. Hal tersebut juga dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan.
Selain buahnya, bagian lainnya seperti kayu dari tanaman bintaro ternyata juga dapat mengeluarkan racun ketika dibakar. Asap yang dikeluarkan dari pembakaran kayu bintaro tersebut akan menyebarkan racun tersebut. Berbagai manfaat dari buah bintaro tersebut hanya sebagian kecilnya, karena masih banyak manfaat buah bintaro bagi kehidupan. Meski memiliki banyak manfaat, akan tetapi Anda juga harus berhati-hati terhadap buah yang satu ini. Karena bagian-bagian dari tanaman bintaro memiliki banyak racun berbahaya, seperti getah, buah, dan daunnya. Jika getah bintaro yang beracun tersebut, terkena luka, maka akan menyebabkan kelumpuhan. Bahaya yang ditimbulkan dari buah ini juga dapat menyebabkan kematian karena terdapat racun yang bernama Carberin.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon