Selasa, 18 Oktober 2016

Inilah 15 Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Buah ini dalam bahasa inggris dikenal dengan nama starfruit karena memiliki bentuk seperti bintang ketika diiris. Saat matang, buah ini memiliki warna kuning cerah. Lalu, bagaimana dengan kandungan nutrisi dan manfaat buah belimbing? Berikut uraian lengkapnya.


Kandungan Nutrisi Buah Belimbing


Di beberapa negara, rasa dari buah ini dipengaruhi oleh kapan ia berbuah. Jika buah ini matang pada musim panas hingga musim gugur, buah belimbing yang matang akan memiliki rasa manis. Sementara itu, jika buah tersebut banyak dijual pada pertengahan musim panas hingga musim dingin, umumnya buah belimbing akan memiliki rasa asam.

Sementara itu, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda rutin mengonsumsi buah belimbing. Beberapa manfaat tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisi berikut ini.

1.  Mineral

Ada beragam mineral yang terdapat dalam buah belimbing seperti zat besi, seng, kalsium dan sebagainya. Elektrolit seperti potasium juga terkandung dalam buah yang oleh orang-orang Bengali disebut dengan Kamranga ini. Buah ini juga mengandung kolin sejumlah 7.6 mg dalam 100 gramnya.

2.  Vitamin

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dalam 100 gram buah belimbing sekitar 34.4 mg. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin lainnya seperti vitamin E, vitamin B6 dan sebagainya. Walaupun merupakan buah, ada sejumlah kecil protein dan lemak di dalam buah ini, yaitu sekitar 1.04 gram dan 0.33 gram.

3.  Kalori dan Karbohidrat

Jika Anda memakan buah belimbing dalam jumlah banyak, perut akan terasa kenyang. Mengapa demikian? Hal ini karena kandungan kalori dan karbohidrat dalam buah ini yang masing-masing adalah 6.73 gram dan 31 kcal. Buah ini juga mengandung serat, yaitu sekitar 2.8 gram.


Berbagai Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


Manfaat Belimbing Untuk Kesehatan

Bagian daun maupun akar belimbing sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan herbal. Walau begitu, buah belimbing yang bisa dikonsumsi langsung saat matang juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia baik bagian dalam maupun area luar tubuh seperti kulit dan rambut. Untuk lebih jelasanya berikut uraian lengkapnya.

1.  Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat yang pertama adalah membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Hal ini, karena kandungan mineral, vitamin dan elektrolit dari buah ini. Kandungan vitamin B9 dari buah ini juga bermanfaat untuk meminimalisir resiko penyakit berbahaya seperti stroke.

2.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah belimbing juga merupakan salah satu buah menyehatkan untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet. Anda yang ingin menurunkan berat badan, buah belimbing yang kaya akan serat, karbo, dan kalori akan mencukupi kebutuhan kalori tanpa harus memakan makanan berat seperti nasi. Dengan nutrisi tersebut, perut juga akan merasa tidak lapar hingga jam makan berikutnya.

3.  Memperkuat dan Menyeimbangkan Sistem Metabolisme Dalam Tubuh

Salah satu manfaat belimbing untuk kesehatan adalah memperkuat sekaligus menyeimbangkan sistem metabolisme pada tubuh. Kandungan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, B dan lainnya akan membuat sistem metabolisme lancar sehingga tubuh menjadi kuat. Walaupun setiap kandungan nutrisi tersebut dalam jumlah kecil, namun ada manfaat besar dari buah ini.

4.  Melancarkan Sirkulasi Nutrisi Pada Area Tubuh dan Rambut

Vitamin C dan protein yang membantu proses pembentukan kolagen juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan di area kepala. Selain itu, vitamin C juga akan membantu penyerapan nutrisi untuk kulit kepala khususnya pada folikel rambut. Dengan kulit kepala dan rambut yang sehat, masalah seperti ketombe, rambut patah dan sebagainya juga bisa dihindari.
5.  Mengatasi Gangguan Kulit Seperti Jerawat, Kulit Berminyak dan Sebagainya

Karena kandungan vitamin dan mineralnya, buah belimbing juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan alami untuk masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mengiris tipis buah belimbing dan menempelkannya ke seluruh area wajah atau menghaluskan buah tersebut kemudian membuatnya sebagai face mask.

6.  Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat belimbing selanjutnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat. Berdasarkan penelitian mengenai kandungan pektin dari buah belimbing, ketika terserap oleh tubuh zat tersebut akan mengikat sejumlah kolesterol jahat kemudian mengeluarkannya bersama sampah hasil sekresi empedu.

7.  Mengatasi Mual dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Buah belimbing juga berkhasiat untuk mengatasi mual dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, orang yang mual atau sakit perut bisa mengonsumsi setengah potong buah belimbing dan mengulangi memakan sisanya setelah 3 jam. Dengan begitu, rasa sakit akibat mual maupun peradangan di area perut bisa lebih dikurangi.

8.  Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dari buah belimbing berkhasiat dalam menutrisi sekaligus memberi warna yang lebih cerah dan "hidup" pada kulit. Untuk kulit wajah, Anda bisa menggunakan buah ini untuk pemakaian luar sedangkan untuk seluruh tubuh, Anda bisa mengonsumsi buahnya secara rutin. Anda juga bisa mengolah buah ini menjadi jus atau minuman lainnya.

9.  Melancarkan Produksi ASI

Manfaat belimbing bagi ibu yang sedang menyusui berkaitan dengan kelancaran produksi ASI untuk bayinya. Nutrisi dari buah belimbing dipercaya dapat melancarkan keluarnya ASI. Dengan asupan ASI yang lancar, bayi akan mendapatkan nutrisi dengan baik.

10.  Meminimalisir Resiko Gangguan Kesehatan Pada Ginjal

Rutin mengonsumsi buah belimbing juga dapat meminimalisir resiko terkena gangguan kesehatan yang berkaitan dengan ginjal seperti batu ginjal. Menurut penelitian, kandungan asam oksalat dari buah belimbing akan bekerja dengan kalium sehingga proses ekskresi urin pada ginjal berlangsung lancar. Oksidasi negatif yang menyebabkan kerusakan organ ginjal juga bisa diatasi dengan buah ini.

11.  Mencukupi Nutrisi yang Berguna Untuk Melebatkan Rambut

Buah belimbing juga bermanfaat dalam menambah volume rambut agar tumbuh lebih lebat. Hal ini, karena adanya kandungan vitamin B kompleks dari buah ini. Selain menambah volume, nutrisi tersebut juga akan memperbaiki kualitas rambut agar lebih kuat dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda hanya perlu membuat ramuan khusus dengan campuran bahan lainnya yang baik untuk rambut.

12.  Mengatasi Cedera Ringan atau Luka Pada Mata

Manfaat belimbing untuk kesehatan mata juga penting untuk diketahui. Kandungan agen anti inflamasi pada buah ini bermanfaat untuk mengatasi sore eyes atau sakit ringan di sekitar area mata. Anda cukup menempelkan beberapa potongan belimbing ke area mata. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A yang akan sangat berguna untuk mempertajam daya penglihatan Anda.
13.  Mengobati Eksim

Eksim merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang area kulit. Gangguan kesehatan yang bisa disebabkan karena ketidakcocokan dengan lingkungan seperti dari segi airnya ini dapat diatasi dengan belimbing ataupun belimbing wuluh. Anda hanya perlu membersihkan area yang sakit kemudian mengoleskannya dengan buah belimbing yang telah dihaluskan.

14.  Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat dan Flavonoid

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran energi. Sementara itu, flavonoid merupakan salah satu nutrisi yang sangat berguna sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan tersebut akan sangat berguna dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh pada orang yang mengonsumsi buah ini.

15.  Memerangi Virus dan Bakteri

Kandungan vitamin C dan mineral seperti seng dari buah belimbing dapat memerangi berbagai jenis virus dan bakteri berbahaya bagi tubuh seperti E. Coli, Salmonella thypus dan sebagainya. Buah ini juga bisa mempercepat penyembuhan orang yang sedang sakit flu, batuk, demam dan sebagainya. Obat batuk untuk anak-anak juga bisa diambil dari bunga belimbing.

Sementara itu, bagian daun dan akar tanaman belimbing umumnya dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ringan seperti sakit kepala, cacingan dan sebagainya. Untuk cara pemanfaatannya, Anda bisa mencari referensi dari sumber yang terpercaya.

Demikian beberapa kandungan nutrisi dan manfaat buah belimbing yang bisa diinformasikan kepada Anda. Karena buah ini mengandung asam oksalat yang tinggi, beberapa orang dengan kondisi khusus memerlukan panduan dan saran dari dokter ketika ingin mengonsumsi buah ini.

Artikel Terkait

Tambahkan komentar Anda
EmoticonEmoticon